(Tips) 9 Khasiat Buah Maja Untuk Pengobatan Dan Kecantikan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 06, 2017
(hidup-sehat.serhamo.net) - Hampir semua orang mengaitkan buah maja dengan sebuah kerajaan usang yang berjulukan Majapahit. Faktanya buah ini memang banyak terdapat di sana. Sebenarnya tidak semua buah maja mempunyai rasa pahit, ada varietas yang mempunyai rasa anggun dan aromanya harum. Bagaimana pun, ada khasiat dari tumbuhan ini yang berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Apa saja? Simak baik-baik, yuk.

9 Khasiat Buah Maja Untuk Pengobatan dan Kecantikan
Kini, tumbuhan maja (Aegle marmelos) tidak hanya tumbuh di daerah tertentu. Anda pun dapat menanamnya di pekarangan atau halaman rumah. Tanaman ini dapat mengikuti keadaan dengan suhu yang sangat panas mencapai 49 derajat celcius, hingga suhu acuh taacuh sekitar minus 7 derajat celcius.

Aroma buah maja mirip dengan nanas atau jeruk. Ya, harum dan elok. Banyak orang mengolahnya menjadi selai yang yummy. Dalam bahasa Inggris, maja disebut dengan golden apple atau stone apple.

Buah yang masih tergolong ke dalam keluarga rutaceae ini mengandung aneka macam jenis vitamin termasuk vitamin C, karoten, riboflavin, thiamin, dan niasin. Maja juga dilengkapi dengan nutrisi gizi lainnya seolah-olah protein, karbohidrat, dan lemak. Tidak hanya itu, buah ini diperkaya juga dengan kumarin, limonene, steroid, marmelosina, alkkaloida, dan minyak alami.


9 Khasiat Buah Maja Untuk Pengobatan Dan Kecantikan


Beberapa kandungan dari buah ini bahu-membahu telah memperlihatkan adanya manfaat kesehatan darinya. Nah, inilah khasiat buah maja untuk pengobatan dan kecantikan kulit:

1. Meredakan pembengkakan pada lambung

Seduh akar maja dengan segelas air hangat, minum teh herbal ini untuk mengobati lambung yang bengkak.

2. Pereda diare dan disentri


Buah yang kaya serat ini ternyata efektif untuk meredakan diare. Cukup dengan mengkonsumsi buahnya secara pribadi atau diminum sebagai jus buah.

3. Menenangkan jantung berdebar

Deg-degan yang bukan disebabkan oleh cemas maupun perubahan suasana hati, dapat menjadi menunjukan adanya gangguan kesehatan yang cukup serius. Nah, obati gejala ini dengan minum air dari rebusan akar maja.

4. Membantu untuk menyembuhkan luka

Tanaman maja memiliki sifat antibiotik, yang sanggup melawan jerawat pada luka di kulit. Caranya, ambil akar, buah, atau daun maja. Tumbuk hingga lembut, balurkan pada luka untuk mencegah bengkak.

5. Mengatasi sembelit

Faktor penyebab masalah sembelit yang paling utama yaitu kurangnya asupan serat, serta acuan makan yang tidak sehat. Salah satu cara untuk mengatasi gangguan pencernaan ini dengan mengkonsumsi buah maja secara rutin setiap hari.

6. Sebagai obat gatal pada kulit

Anda mampu mengkonsumsi buah maja untuk mengatasi kulit gatal, dengan makan buahnya dalam keadaan segar atau dalam bentuk makanan olahan. Untuk obat luar, lumatkan daunnya kemudian campur dengan sirih dan kapur sirih. Gosokkan pasta ini pada kulit yang terasa gatal.

7. Penurun demam

Akar maja dapat dipakai untuk mengobati demam pada anak dan orang tua. Seduh akar ini bersama segelas air panas, lalu tunggu airnya menjadi dingin. Minum dengan segera, untuk mengatasi demam.


Manfaat buah maja untuk kecantikan kulit


8. Membantu regenerasi sel

Berbagai nutrisi gizi dalam buah maja sangat berperan dalam meregenerasi sel tubuh, serta memperbaiki kerusakan jaringan kulit yang disebabkan oleh dampak radikal bebas.

9. Melembutkan kulit

Vitamin C yang terdapat di dalam buah maja memegang peranan dalam pembentukan kolagen kulit. Nah, kolagen ini berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit sehingga membuatnya tetap lembut dan bersinar. Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan berpengaruh, yang sanggup mencegah kerusakan kulit oleh paparan sinar UV dan polutan lainnya.

Nah, itulah 9 khasiat buah maja untuk pengobatan dan kecantikan kulit. Kini, anda tidak hanya mengenalnya sebagai buah yang mempunyai pahit saja tapi juga kaya akan khasiat untuk pengobatan. Menarik: 13 manfaat buah Alkesa yang menakjubkan

Tampilkan Komentar