(Tips) 18 Manfaat Daun Lidah Mertua Yang Menakjubkan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 04, 2017
Mungkin anda bertanya, kenapa sebuah tanaman mampu disebut lidah mertua? Tanaman ini memang mempunyai daun yang menyerupai dengan pedang tajam, jadi wajar kalau banyak orang menyebutnya dengan pedang-pedangan. Lantas, kenapa disebut sebagai lidah mertua? Mungkin saja perkataan mertua sering dianggap tajam oleh menantunya. Padahal, tajamnya ucapan mereka mungkin saja bertujuan untuk menyampaikan motivasi yang baik.

18 Manfaat Daun Lidah Mertua Yang Menakjubkan
Namun kini bentuk daun lidah mertua tidak selalu menyerupai pedang. Beberapa varietas baru justru bentuk daunnya sangat unik dan mini. Nama ilmiah dari lidah mertua ialah sansivieria. Tumbuhan ini sanggup beradaptasi di aneka macam jenis lingkungan, bahkan dengan sedikit paparan sinar matahari.

Tanaman pengecap mertua masih mampu hidup, meskipun tidak memperoleh air selama seminggu. Namun, untuk menjaga keindahan warnanya maka anda sebaiknya menyiramnya dengan air setidaknya seminggu sekali.


18 Manfaat Daun Lidah Mertua Yang Menakjubkan


Daun pengecap mertua mengandung senyawa organik seakan-akan asam amino dan gula. Senyawa kimia yang terdapat dalam sansevieria seperti kardenolin, abamagenin, saponin, dan poliffenol. Tumbuhan asal Afrika ini juga mengandung pregnan glikosida, yang mampu menguraikan zat beracun menjadi tidak berbahaya. Nah, inilah manfaat sansivieria yang menakjubkan:

1. Mengontrol kadar gula darah

Air rebusan daun sansiviera ternyata efektif untuk mencegah lonjakan kadar gula dalam darah.

2. Menyerap polutan

Tanaman sansevieria mampu menyerap 107 polutan, seakan-akan formal dehida, karbondioksida, kloroform, benzene, dan tri kotilen. Polutan tersebut diserap oleh pengecap mertua, lalu dikeluarkan dalam bentuk oksigen. Sebagaimana kita tahu, polutan dapat memicu kanker.

3. Mencegah sick building syndrome


Kondisi dimana ruangan penuh dengan nikotin, karbon dioksida, dan imbas AC tentunya sangat merugikan kesehatan. Taruh bunga sanseviera di dalam ruangan, untuk menyerap zat-zat berbahaya.

4. Menyerap radiasi

Radiasi yang ditimbulkan oleh gadget maupun alat elektronik lainnya dapat diserap oleh daun sansevieria. Tanaman ini baik ditaruh di pot, di ruangan tempat nonton tv. Bukan hanya menyejukkan ruangan, tapi juga dapat menyerap radiasi peralatan elektronik termasuk komputer.dan telepon seluler.

5. Meredakan sakit kepala

Untuk mengobati sakit kepala, gunakan daun lidah mertua yang dibakar.

6. Menetralkan racun nikotin

Sanseviera mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah tinggi. Bahkan sanggup menetralisir asap tembakau yang mengandung nikotin.

7. Mencegah wasir

Daun lidah mertua kaya akan serat yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Sehingga masalah sembelit dan wasir mampu dicegah.

8. Mengusir kedaluwarsa tak sedap

Di Perancis dan China, ekstrak bunga pengecap mertua digunakan sebagai bahan parfum untuk mengharumkan ruangan di kamar mandi dan dapur.

9. Mengobati luka

Daun pengecap mertua memiliki sifat antiseptic, yang mampu membunuh kuman yang mungkin saja masuk pada luka di kulit.

10. Meredakan stres

Bunga sanseviera sering juga digunakan sebagai aroma terapi, yang sanggup menenangkan suasana hati. Untuk mengatasi stres, cobalah hirup bau amis ketika bunganya mekar.


Manfaat Lidah Mertua Untuk Kecantikan Rambut


11. Menghaluskan dan menyuburkan rambut

Sanseviera mampu dipakai sebagai penyubur rambut dan kondisioner alami bagi rambut anda. Caranya, tumbuk dan peras daunnya untuk mengambil sarinya. Terapkan pada rambut anda selama semalaman. Cuci rambut anda pada keesokan harinya.


Manfaat Daun Lidah Mertua Lainnya


12. Meredakan diare
13. Sebagai antibiotic alami
14. Mengobati gigitan ular beracun
15. Mengatasi flu
16. Mengobati radang susukan nafas
17. Mengobati radang lambung
18. Mengatasi radang usus

Orang Jepang memakai tanaman pengecap mertua sebagai bahan anyaman. Hal ini disebabkan tekstur daunnya yang kuat dan lembut.

Nah, itulah 18 manfaat daun lidah mertua yang menakjubkan. Anda dapat menanamnya dengan metode stek, atau memilah tunas-tunas baru dari tumbuhan ini. Pilih tanah yang gembur sebagai media tanam, lalu taruh di bawah sinar matahari. Jika anda ingin mendapatkan sansiviera mini, potong daunnya dan tunggu hingga mengeluarkan akar dengan tunas kecil. Pastinya, tanaman hias ini cocok untuk ditaruh di ruangan kantor anda. Simak juga: 25 manfaat daun meniran untuk kesehatan dan kecantikan

Tampilkan Komentar