(Tips) 12 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 12, 2017
Tahukah anda perihal manfaat kenikir untuk kesehatan? Banyak orang mengetahui daun kenikir hanyalah nikmat dikala disantap bersama pecel atau sebagai urap saja. Tapi sedikit orang yang mengenal sayur ini sebagai bahan alami yang sanggup mengatasi penyakit berat seperti kanker. Dari segi kecantikan, kenikir berguna untuk mencegah penuaan dini terkait nutrisi di dalamnya. Nah, apa saja khasiat dari lalapan ini? Simak bersama yuk.

12 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa
Nama ilmiah dari kenikir adalah Cosmos caudatus, tergolong keluarga Asteraceae. Tinggi tanaman tropik ini mampu mencapai sekitar 1 meter, dengan bunga berwarna kuning atau ungu.

Apa saja kandungan kenikir?

Senyawa penting yang terdapat dalam daunnya seperti saponin, minyak atsiri, poliffenol, terpenoid, dan flavonoida. Kenikir juga mengandung nutrisi gizi dan non gizi seakan-akan kalsium, protein, magnesium, karbohidrat, dan, lemak.

Studi ilmiah menemukan antioksidan dalam kenikir setara dengan antioksidan yang berasal dari 2400 mg vitamin C. Sifat ini bersumber dari 20 jenis senyawa dari golongan proantosianidin. Antioksidan ini juga berasal dari 4 jenis senyawa quercetin, yang tidak kalah dibandingkan dengan vitamin E (Tokoferol).


12 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa


Setelah mengetahui kandungan daun kenikir, tidak heran kalau sayur ini sanggup untuk mengatasi berbagai jenis penyakit ringan dan berat. Nah, inilah khasiat kenikir yang luar biasa:

1. Menghilangkan busuk ekspresi

Daun kenikir juga dilengkapi dengan koniferil yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab busuk mulut. Kunyah daunnya sampai lembut, lalu berkumur dengan air higienis.

2. Sebagai obat penyakit maag

Tokoferol dan senyawa lainnya dalam daun kenikir berguna untuk menetralkan asam lambung. Dengan mengkonsumsi sayur ini sebagai lalapan atau direbus sebelumnya, dapat menguatkan otot sphingter lambung. Kaprikornus, lambung anda lebih terlindungi dengannya. LEbih lengkap: 6 Cara mengobati naiknya asam lambung

3. Mencegah Infeksi


Sebuah studi memperlihatkan bahwa ekstrak kenikir sanggup membunuh jamur dan kuman penyebab penyakit pada terusan cerna.

4. Melawan kanker

Antioksidan dan senyawa penting seolah-olah terpenoid, saponin, dan flavonoid yang tersimpan dalam daun kenikir efektif untuk melawan kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah oleh senyawa ini termasuk kanker lambung, kanker hati, dan lainnya.

5. Sebagai obat mastitis

Peradangan mampu dikurangi oleh anti-inflamasi dan terpenoid yang terdapat dalam daun ini. Untuk meredakan abuh pada kepingan badan tersebut, layukan daun kenikir dengan api kecil. Tempelkan pada penggalan tubuh yang terasa nyeri, dikala daun masih hangat

6. Menguatkan tulang

Daun kenikir mengandung magnesium dan kalsium yang berlimpah, dimana keduanya diperlukan untuk pertumbuhan tulang yang sehat.

7. Membersihkan toksin dalam badan

Antioksidan terutama dari vitamin E yang tersedia di dalam kenikir berguna untuk menetralkan racun dalam darah.

8. Mengatasi gondongan

Radang tonsil mampu diobati dengan cara tradisional. Lumatkan daun kenikir, campur dengan cuka. Balurkan pada leher yang bengkak. Lakukan pengobatan ini, 3 kali sehari.

9. Meningkatkan kekebalan badan

Vitamin E dan A dalam daun kenikir berguna untuk mendongkrak imunitas badan. Selain itu, protein dalam sayur ini diperlukan dalam pembentukan fagosit untuk sistem kekebalan.

10. Menambah nafsu makan

Jika anda kehilangan nafsu makan, cobalah makan daun kenikir sebagai lalapan segar. Quercetin di dalamnya sanggup meningkatkan selera makan yang hilang, khususnya pada belum dewasa.

11. Mengobati lemah jantung

Antioksidan dan zat flavonoid yang ada dalam kenikir bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, serta melancarkan sirkulasi darah. Zat ini juga berperan dalam menguatkan pembuluh darah dan otot jantung.


Manfaat Daun Kenikir Untuk Kecantikan


12. Mencegah penuaan dini

Beberapa jenis vitamin dan antioksidan dalam kenikir juga bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas, yang mampu memicu penuaan dini. Dengan rutin makan sayur kenikir, dapat mencegah keriput muncul di kulit anda lebih awal. Sehingga anda akan terlihat abadi muda. Menarik untuk dipelajari: 10 Cara mengatasi penuaan dini

Nah, itulah 12 manfaat daun kenikir yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Kini, anda lebih mengenal sayur ini sebagai salah satu kuliner sehat dan bergizi.

Tampilkan Komentar