(Tips) 12 Manfaat Biji Kemukus Sebagai Obat Tradisional

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 01, 2017
Tanaman kemukus memang kurang familiar di pendengaran kita. Tanaman merambat yang daunnya sekilas mirip dengan sirih ini, sering digunakan sebagai bumbu kuliner. Disebabkan sifatnya yang hangat, tidak jauh berbeda dengan cengkih. Bukan sekedar sebagai rempah penguat kuliner saja, tetapi kemukus kaya akan manfaat kesehatan terutama karena minyak atsiri yang melimpah di dalamnya. Nah, apa saja khasiat tanaman ini?

12 Manfaat Tanaman Kemukus Sebagai Obat Tradisional
Nama ilmiah dari kemukus adalah Piper cubeba masih tergolong keluarga piperaceae, dalam bahasa inggris disebut cubeb pepper, tailed pepper, atau java pepper. Nama lain dari kemukus seakan-akan lada jawa, temukus, kamokos, kemekuh, rinu, dan pamukusu. Tanaman ini semenjak usang dijual sebagai rempah-rempah oleh orang timur tengah ke Eropa.

Buah kemukus berukuran kecil berwarna hijau agak kemerahan dengan bentuk menyerupai ekor. Bentuk buah ini ibarat dengan merica (lada) tapi punya ekor, jadi banyak orang menyebutnya merica buntut.

Kandungan Tanaman Kemukus

Selain minyak atsiri yang berlimpah di dalamnya, tanaman kemukus juga mengandung sineol, zat sesquiterpan hidrat, cubebin, asam cubeba, minyak terbang, turpineol, kadinen, pati, damar-damaran, gom, dan minyak tetap. Bunga dan buah kemukus juga mengandung flavonoida dan saponin.


12 Manfaat Biji Kemukus Sebagai Obat Tradisional


Berbagai zat kimia dalam tanaman kemukus membuatnya berkhasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Nah, inilah penyakit yang mampu diobati memakai penggalan tanaman kemukus.

1. Influenza pada bayi


Biji tanaman ini efektif sebagai obat pilek bagi bayi. Tumbuk seiiris kencur dan 9 biji kemukus sampai lumat, campur dengan sedikit air. Balurkan pasta ini pada badan bayi.

2. Letih dan lelah

Untuk meningkatkan energi badan, sediakan beberapa materi alami. Ambil 5 biji cengkih, 5 biji kemukus, 1 jari batang serai, 4 lembar daun jeruk nipis, ½ jari rimpang jahe, secuil kayu manis, ½ belahan buah pala, dan sedikit gula aren. Potong-potong semua bahan, kemudian rebus bersama 5 gelas air. Tunggu sampai airnya berkurang 2 gelas. Saring dan minum ketika air masih hangat, 3 kali dalam sehari.

3. Asma dan sesak nafas

Penderita asma mampu ditolong dengan materi alami ini. Seduh 15 gram debu biji kemukus, bersama satu gelas air panas. Saring dan tambahkan 1 sdm madu murni, aduk. Minum dengan segera, untuk meredakan sesak nafas.

4. Keputihan

Anda dapat meracik obat tradisional untuk mengatasi keputihan dengan cepat. Siapkan materi-bahan yang diharapkan seperti 12 biji kemukus, 2 rimpang kunci kuning, 5 biji cengkih, 2 potong kayu mesoyi berukuran 2,5 x 2 cm, dan 2 potong kayu bunga lawang. Jemur semua materi hingga kering, tumbuk sampai lembut. Obat ini untuk 3 kali pemakaian.

Sebelum dikonsumsi, buatlah campuran dari bahan lain. Tumbuk dan peras 2 buah jeruk nipis dan 3 tanaman tapak gajah. Campur abu pertama dengan racikan kedua ini, bersama segelas air hangat. Selama pengobatan, penderita dianjurkan untuk istirahat selama 3 hari.


Manfaat buah kemukus lainnya


5. Menghilangkan bau lisan.
6. Mengatasi demam dan meriang.
7. Sebagai antiseptik yang mempu mengatasi peradangan, serta melawan kuman penyebab bisul kanal kemih.
8. Meredakan sakit kepala
9. Sebagai ekspektoran yang mampu meredakan bronkitis kronis.
10. Sebagai obat sakit tenggorokan.
11. Mencegah pikun.
12. Mengatasi sembelit.

Perhatian

Gunakan tanaman kemukus sesuai takaran masuk akal. Konsumsi secara berlebihan mampu menyebabkan keracunan, iritasi pada ginjal, akses kemih, dan usus. Sering juga menimbulkan mual dan diare.

Nah, itulah 12 manfaat kumukus sebagai obat tradisional dan cara membuat ramuan dengannya. Kini, anda makin sehat dengan tanaman kemukus. Menarik: Manfaat takokak untuk mengobati mata minus

Tampilkan Komentar