(Tips) 11 Manfaat Gambir Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wajah

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 07, 2017
hidup-sehat.serhamo.net - Gambir merupakan ekstrak dari getah tumbuhan yang berjulukan Uncaria gambir. Tanaman ini biasanya tumbuh secara merambat, dengan banyak duri pada batangnya. Adanya antioksidan dalam bahan alami ini menciptakannya punya khasiat untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Gambir juga berguna untuk merawat kecantikan kulit, sebagai obat bengkak dan penghilang flek hitam.

11 Manfaat Gambir Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wajah
Cara membuat gambir dengan menyeduh ranting dan daun uncaria gambir, bersama air panas. Setelah dibiarkan selama beberapa saat, maka terbentuklah endapan keras berwarna kuning. Endapan ini pada jadinya bermetamorfosis coklat kekuningan atau hitam. Kristal gambir mampu dipotong-potong atau dihaluskan sebagai abu, jika bahan ini akan dipakai.

Ciri-ciri tumbuhan gambir yang paling khas ialah daunnya yang terlihat sangat lebat. Bunganya berwarna merah muda atau pink, sangat indah sebagai tumbuhan hias. Sekilas, tumbuhan ini menyerupai dengan dengan cengkih. Bedanya pohon cengkih tidak memiliki duri.

Kandungan tumbuhan gambir

Gambir mengandung zat penting yang memiliki sifat antioksidan, seolah-olah katekin, flavonoida, gambir tanin, okso tannin, dihidro tannin, dan zat penyamak.


11 Manfaat Gambir Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Wajah


Di balik rasanya yang sangat pahit dan kelat, gambir kaya akan manfaat kesehatan dan kecantikan. Nah, inilah khasiat dari getah tanaman gambir untuk pengobatan:

1. Sebagai obat sakit kepala

Sakit kepala sebelah seakan-akan migrain tentu sangat menyiksa. Atasi dengan mengkonsumsi sedikit gambir dengar rutin, hingga penyakit sembuh. Selengkapnya: 12 cara alami mengobati migrain

2. Mengeringkan luka bakar


Kulit melepuh dan hitam yang disebabkan terbakar oleh benda panas, mampu diminimalisir bekasnya memakai daun gambir. Tumbuk daunnya hingga lumat, terapkan pada luka biar cepat sembuh dan mengurangi bekasnya.

3. Menguatkan gigi

Untuk mencegah gigi keropos, kunyah secuil gambir dan daun sirih lalu buang ampasnya. Dengan rutin melaksanakan cara ini, maka gigi menjadi kuat dan tidak praktis keropos.

4. Menghentikan diare

Daun gambir dan rantingnya dapat dipakai sebagai obat diare. Jemur daun ini di bawah sinar matahari hingga kering, kemudian seduh bersama secangkir air panas. Minum airnya untuk melawan basil penyebab diare di usus besar.

5. Mengatasi bunyi serak atau parau

Untuk menjernihkan suara yang parau, seduh secuil kristal gambir dan daun sirih bersama ½ gelas air panas. Berkumur dengan airnya di pagi dan sore hari.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun gambir mengandung katekin, yaitu senyawa kimia yang mempunyai sifat antioksidan alami. Antioksidan ini efektif untuk memerangi radikal bebas, penyebab aneka macam jenis penyakit.

7. Sebagai obat maag

Gejala penyakit maag seakan-akan nyeri pada lambung, perih, dan perut terasa melilit. Atur acuan makan anda, dan hindari kuliner yang sangat pedas. Untuk mengobati penyakit maag secara tradisional, anda mampu memakai ekstrak gambir. Campur debu gambir dengan madu murni dan air, minum setiap hari selama seminggu.

8. Melancarkan pencernaan

Manfaat getah gambir untuk pencernaan yaitu memudahkan atau menstimulasi pengeluaran getah empedu, sehingga sistem metabolisme perut dan usus menjadi lancar.

9. Mengobati sariawan dan bibir kering

Gambir juga memiliki kegunaan untuk mengatasi masalah lisan seolah-olah bibir kering dan sariawan. Cukup dengan menerapkan gambir pada bibir atau kepingan mulut yang terluka.


Manfaat Gambir Untuk Kecantikan Kulit


10. Menghilangkan flek hitam dan keriput

Noda hitam dan keriput di wajah merupakan tanda penuaan kulit. Masker gambir sangat efektif untuk mengatasi tanda penuaan di kulit anda. Dengan menggunakan masker ini secara teratur, kulit akan menjadi lebih kencang dan segar.

11. Menghilangkan bekas bisul

Untuk mengurangi noda bekas bisul di wajah, gunakan masker gambir. Larutkan bubuk gambir ke dalam segelas air hangat. Biarkan hingga mengental, terapkan krim ini pada seluruh kulit wajah. Biarkan selama beberapa menit, bilas memakai air higienis dan sabun biasa.

Nah, itulah 11 manfaat gambir untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kini, anda makin sehat dan manis memakai bahan alami ini. Menarik: 18 manfaat daun lidah mertua yang menakjubkan

Tampilkan Komentar