9 Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan Alami (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 02, 2017
Manfaat daun beluntas untuk kesehatan, ternyata menjadi perhatian bagi banyak orang. Beluntas (Pluchea indica) ialah tanaman liar yang biasa hidup liar sebagai semak-semak, tanpa memerlukan budidaya. Beluntas mampu tumbuh dengan baik dan bertahan hingga bertahun-tahun. Sebagian orang mengabaikan beluntas, lantaran belum mengetahui manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Tidak sedikit penyakit yang dapat diobati dengan memakai daun beluntas. Mulai dari penyakit ringan seperti demam dan perut kembung, hingga penyakit berat seolah-olah rematik mampu ditangani dengan ramuan herbal yang terbuat dari daun beluntas.

Kemampuan beluntas sebagai obat alami disebabkan oleh beberapa nutrisi penting di dalamnya, yang sangat memiliki kegunaan untuk mengobati aneka macam masalah kesehatan.

Fakta Nutrisi Daun Beluntas

Daun beluntas mempunyai senyawa penting seakan-akan natrium, alkaloid, natrium, tannin, minyak atsiri, flavonoid, magnesium, kalsium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung tannin dan flavonoid.


9 Manfaat Daun Beluntas Untuk Pengobatan Alami


1. Mengatasi Rematik

Nutrisi dalam daun beluntas ternyata sanggup meredakan nyeri akhir rematik, yang biasanya dialami oleh orang bau tanah. Cukup dengan minum segelas air rebusan daun beluntas dengan rutin, maka tanda-tanda rematik akan hilang. Baca juga: 8 Cara Tradisional Untuk Mengobati Rematik.

2. Meredakan Nyeri Pinggang

Banyak orang tersiksa balasan nyeri pinggang. Untuk mengatasi masalah ini, perbanyak makan daun beluntas sebagai lalapan atau minum ramuan herbal yang didapatkan dengan merebusnya.

3. Mengobati Perut Kembung


Daun beluntas juga pengaruhtif dalam mengatasi perut kembung. Untuk mendapatkan manfaat ini, minum air hasil rebusan daun beluntas. Cukup praktis, bukan?

4. Mengobati TBC kelenjar leher

Sediakan ekstrak daun dan batang beluntas, tambahkan rumput bahari dan ekstrak gelatin dari kulit sapi. Ketiga materi dikukus hingga lunak, lalu makan ramuan ini dengan rutin setiap hari.

5. Mengatasi Keracunan Makanan

Daun beluntas memiliki sifat anti basil. Penelitian oleh Davis Stout, menunjukkan bahwa daun beluntas sanggup melawan basil pathogen yang mampu mengakibatkan keracunan makanan, seakan-akan bakteri Escheria coli, Bacillus cereus, dan Staphylocossus eureus.

6. Meredakan Nyeri Haid

Daun beluntas juga mampu mengatasi nyeri haid yang membuat perempuan merasa tidak nyaman. Cara memakai daun beluntas sebagai pereda nyeri tidaklah sulit. Rebus 20 lembar daun beluntas bersama segelas air. Tambahkan asam jawa dan sedikit garam. Minum ramuan ini secara teratur.

7. Menghilangkan Bau Badan dan Bau Mulut

Dengan mengkonsumsi daun beluntas sebagai tumisan atau lalapan, mampu menghilangkan bau lisan dan bau badan yang tidak sedap. Bukan hanya melenyapkan basi tubuh, daun beluntas yang dikonsumsi dengan rutin akan membuat aroma tubuh menjadi harum. Pelajari: 10 Penyebab Bau Badan Yang Menyengat.

8. Mengobati Demam

Untuk meredakan demam, gunakan daun beluntas. Caranya dengan merebus 15 gram daun beluntas hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya dikala hangat.

9. Mengobati Keputihan

Keputihan merupakan perkara umum yang diderita oleh banyak perempuan. Namun keputihan yang berlarut-larut akan berdampak jelek bagi kesehatan. Daun beluntas efektif untuk meredakan keputihan dengan cepat dan aman.

Cara membuat: sediakan 11 lembar daun beluntas segar, sebatang temu kunci, sepotong kayu rapet, sepotong kunyit, dan sepotong temulawak. Semua bahan dicuci dengan air mengalir. Iris ketiga rimpang, rubus semua materi bersama 2 mangkuk air. Biarkan mendidih sampai airnya tersisa 1/3 mangkuk saja. Minum ramuan ini dengan rutin selama 2 ahad berturut-turut.


Efek farmakologi Pada Daun Beluntas


Daun beluntas memiliki pengaruhtifitas sebagai anti kejang (antispasme), mematikan bakteri (antiseptik), mengobati tukak lambung, melawan imbas phenobarbital, dan sebagai aromatikum.

Nah, itulah 9 manfaat daun beluntas sebagai obat alami untuk mengatasi aneka macam gangguan kesehatan. Beluntas sangat mudah untuk tumbuh. Jadi, cobalah untuk menanamnya sebagai tanaman pagar yang memiliki banyak manfaat.

Tampilkan Komentar