7 Manfaat Asam Folat Bagi Tubuh Yang Paling Penting (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 07, 2017
Manfaat asam folat bagi badan cukup signifikan. Asam folat adalah salah satu vitamin essensial yang diperlukan untuk sajiannjang banyak sekali fungsi organ penting di dalam tubuh. Organ dalam yang memerlukan asupan vitamin ini seolah-olah ginjal, usus, hati, dan otak. Kebutuhan asam folat ini harus dicukupi melalui asupan beberapa jenis kuliner. Kekurangan vitamin dapat menimbulkan aneka macam masalah kesehatan.

asam-folat
Penyebab Defisiensi Asam Folat

Setiap orang mempunyai risiko mengalami kekurangan asam folat. Namun, banyak orang tidak mengetahui kondisi ini terjadi dalam tubuh mereka. Defisiensi asam folat tidak hanya disebabkan oleh asupan yang terlalu sedikit, namun beberapa faktor mampu memicu gangguan ini. Penyebab kekurangan asam folat seakan-akan berikut ini:

Penyakit Tertentu

Defisiensi asam folat juga dapat disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak mampu untuk menyerap vitamin ini dari kuliner. Kondisi ini dipicu oleh sejumlah penyakit yang mengganggu metabolisme dan akses pencernaan, sehingga terjadi kekurangan folat. Beberapa jenis penyakit yang mampu mengganggu proses penyerapan asam folat seolah-olah penyakit chorn dan penyakit celiac.

Diet yang salah

Asam folat merupakan vitamin yang larut dalam air. Sehingga badan harus menyerapnya dari makanan yang dikonsumsi. Asam folat yang berlebih di dalam tubuh akan dibuang bersama urin. Metode diet yang salah seakan-akan hidangan harian yang sedikit mengandung buah dan sayuran. Pola makan yang salah ini mampu menyebabkan kekurangan asam folat.


7 Manfaat Asam Folat Bagi Tubuh Yang Paling Penting


Keberadaan asam folat dalam tubuh akan mencegah aneka macam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Beberapa manfaat asam folat bagi kesehatan antara lain seolah-olah berikut ini:

1. Menyehatkan bagi jantung


Kemampuan asam folat untuk mengurangi kadar homocistein dalam darah, bermanfaat untuk menekan risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Anemia

Asam folat bermanfaat untuk mencegah dan menangani sejumlah kasus kesehatan akibat jumlah folat yang terlalu sedikit di dalam darah. Kadar folat yang tidak memadai mampu menimbulkan anemia.

3. Menjaga fungsi ginjal dan hati

Adanya asam folat dalam tubuh akan mencegah berbagai gangguan pada organ penting, seolah-olah hepatitis, gagal ginjal, dan gangguan aditif terhadap minuman yang tidak menyehatkan.

4. Menyehatkan bagi Usus

Asam folat membantu fungsi usus dalam proses absorpsi nutrisi dari makanan untuk badan.

5. Baik untuk Ibu hamil dan janin

Asam folat sangat diperlukan oleh perempuan hamil dan janinnya. Asam folat bermanfaat untuk mencegah risiko cacat tulang belakang dan otak pada janin. Sedangkan asam folat bagi wanita hamil berkhasiat untuk mencegah cacat lahir.

6. Mencegah Penyakit Degenerasi

Asam folat sangat bermanfaat untuk mencegah banyak sekali gangguan otak balasan faktor usia, seolah-olah Alzheimer. Vitamin ini juga efektif dalam mencegah masalah akibat penuaan seolah-olah katarak, nyeri saraf, oesteoporosis, insomnia dan depresi.

7. Mencegah Beberapa jenis Kanker

Asam folat ternyata juga pengaruhtif dalam mencegah kanker leher rahim dan kanker usus besar.

Dampak Kekurangan Asam Folat

Kekurangan asam folat dapat menimbulkan dampak buruk bagi badan. Kadar folat yang kurang memadai dalam tubuh, dapat menyebabkan produksi sel darah merah kurang dari semestinya. Kondisi ini sering disebut dengan anemia.

Penyakit anemia akan mengganggu distribusi oksigen ke semua organ badan, sehingga mengakibatkan gangguan fungsi tubuh. Anemia sering ditandai dengan kelelahan, keletihan, lesu, diare, kulit nampak pucat, mual, emosi yang tidak stabil, dan kurang bersemangat.

Itulah 7 manfaat asam folat bagi tubuh kita. Cukupi kebutuhan asam folat harian, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini.  Dengan asupan vitamin yang memadai, maka fungsi organ akan berjalan dengan baik dan kinerjanya menjadi optimal. Simak juga 13 Manfaat Omega 3 Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan. Salah satu kunci hidup sehat  ialah mengkonsumsi nutrisi dan gizi yang seimbang dan olahraga teratur, sehingga tubuh menjadi lebih sehat, bugar, dan abadi muda.

Tampilkan Komentar