7 Cara Mengobati Cantengan Di Kuku Secara Alami (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 13, 2017
Cara mengobati cantengan bahwasanya sangatlah praktis, dengan metode alami ataupun cara medis. Meskipun bukan termasuk penyakit berbahaya, tapi kuku cantengan sangat membuat tidak nyaman kadang terasa berdenyut dan nyeri. Mengobati cantengan tidak sama dengan luka lainnya. Kuku yang menusuk ke dalam daging harus menerima perawatan khusus.

7 Cara Mengobati Cantengan di Kuku Secara Alami
Cantengan atau paronychia merupakan peradangan pada area sekitar kuku, yang disertai dengan nyeri, warna merah dan kadang bernanah. Tidak jarang penyakit centangan pada jempol kaki menimbulkan bau yang tidak sedap, balasan infeksi basil yang menyebabkan keluarnya abses.

Penyebab Cantengan

  • Ujung sepatu yang terlalu sempit. Menggunakan sepatu yang terlalu sempit mampu menyebabkan kuku menembus daging, yang pada jadinya menyebabkan infeksi.
  • Luka balasan mengorek kuku kaki. Membersihkan kotoran pada kuku dengan mengoreknya, mampu berisiko melukai jempol kaki penggalan dalam. Hal ini biasanya akibat alat yang dipakai cukup tajam.
  • Menggigit kuku. Kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang ini, ternyata juga berisiko terkena cantengan.
  • Terjadi kesalahan saat memotong kuku. Memotong kuku hingga melampaui batas pertumbuhan, sehingga terjadi infeksi basil yang berakhir dengan cantengan.
  • Tidak merawat kuku dengan baik. Kotoran yang tertimbun dalam kuku kaki merupakan sarang bagi kuman, sehingga rentan mengalami cantengan.

7 Cara Mengobati Cantengan di Kuku Secara Alami


Banyak cara untuk mengobati penyakit cantengan secara alami. Khusus untuk cantengan parah yang mengakibatkan kuku menancap daging, maka kuku harus dicabut atau dipotong ujungnya oleh dokter atau perawat. Sedangkan cara alami ini mampu mengobati cantengan yang belum terlalu parah:

1. Gunakan Daun Pacar Air


Daun pacar air sering dijadikan sebagai bahan kutek bagi perempuan. Daun ini ternyata juga efektif untuk mengobati cantengan. Cara membuat, ambil daun pacar air, 1 sdt air jeruk nipis, dan sedikit gula merah. Haluskan semua materi, kemudian balurkan pada jempol yang sakit. Balut dengan kain bersih dan biarkan selama 4 jam sebelum diganti dengan ramuan gres.

2. Gunakan Garam dapur dan Air Hangat

Cara menyembuhkan cantengan yang paling praktis ialah menggunakan air hangat. Caranya, rendam kaki anda ke dalam bejana berisi air hangat dan garam dapur dan biarkan selama 15 menit. Perawatan ini khusus untuk cantengan yang belum parah, dimana kuku belum terlalu menembus daging. Lakukan metode pengobatan ini tiga kali dalam sehari.

3. Gunakan Jahe

Jahe juga dapat digunakan sebagai obat alami bagi cantengan. Cara menciptakan, campur jahe yang telah diparut dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan pada jempol yang mengalami cantengan, kemudian gunakan kain perban untuk membalutnya. Ganti perban setelah empat jam.

4. Gunakan Daun Tempuh Wiyah

Cara mengobati cantengan mampu juga memakai daun tempuh wiyah. Caranya, tumbuk daun dan kulit pohon tempuh wiyah. Gerus bersama gula pasir secukupnya, tempelkan pada area kuku yang bermasalah. Balut dengan kain kasa, biarkan sampai mengering.

5. Gunakan Daun Binahong

Obat alternatif lainnya untuk mengatasi cantengan yaitu daun binahong. Pertama, tumbuk daun binahong hingga lembut dan mengeluarkan gel. Oleskan gel ini pada area kuku yang bermasalah.

6. Gunakan Bawang Merah

Manfaat bawang merah terlalu banyak untuk disebutkan, termasuk untuk mengatasi cantengan secara alami. Caranya, lumatkan bawang putih hingga lembut dan campur dengan minyak kelapa, lalu oleskan secara merata pada jempol yang bermasalah. Balut dengan kain kasa, biarkan selama 60 menit. Lakukan perawatan alami ini dua kali dalam sehari.

7. Daun Ginje

Ginje (Thevetia peruviana) merupakan tumbuhan obat yang berasal dari Meksiko. Tanaman semak ini juga efektif untuk menyembuhkan cantengan pada jempol kaki. Caranya, tumbuk daun ginje yang masih segar kemudian lumatkan bersama madu. Oleskan pada jempol kaki yag abuh akhir cantengan.


Cara Mencegah Cantengan



  • Untuk mencegah perkara kesehatan ini, potong kuku anda dengan rapi dan benar. Pola potongan sebaiknya mengikuti bentuk ujung jari kaki dan tangan.
  • Jaga kebersihan kuku anda. Bersihkan dengan hati-hati, setiap hari.
  • Hindari memakai sepatu yang terlalu sempit. Terutama pada potongan ujung sepatu.

Itulah penyebab dan 7 cara mengobati cantengan secara alami. Pilih saja salah satu bahan alami yang paling praktis untuk didapatkan. Simak juga 9 Cara Alami Mengobati Tumit Retak Dengan Praktis. Bagi anda yang sedang mengalami cantengan, semoga segera sembuh.

Tampilkan Komentar