12 Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Cepat (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 03, 2017
(hidup-sehat.serhamo.net) - Cara mengobati Gusi abuh dapat menggunakan obat tradisional, atau dengan obat-obatan kimia. Penderita gusi abuh tentu merasa sangat tidak nyaman dan tersiksa. Dalam keadaan tertidur pun rasa nyeri datang-tiba muncul, apalagi penderita dalam keadaan terjaga. Sebelum membahas tentang cara alami untuk mengatasi gusi bengkak, anda harus mengerti apa penyebab perkara ini.

gusi-bengkak
Gusi benjol adalah gangguan yang bekerjasama dengan kesehatan mulut dan gigi. Penderita akan merasakan gusi berdenyut dan sangat menyakitkan, akibat peradangan. Bahkan rasa sakit dapat menjalar hingga kepala. Gusi benjol harus segera ditangani dengan tepat, untuk mencegah sakit gigi.

Faktor Penyebab Gusi Bengkak

Defisiensi vitamin C dan asam folat

Kekurangan vitamin C akan melemahkan sistem kekebalan badan, sehingga rentan terhadap infeksi kuman. Salah satu balasannya yaitu gusi benjol. Demikian pula ketika tubuh mengalami kekurangan asam folat, maka lebih berisiko mengalami gingivitis.

Makanan cantik

Makanan manis seolah-olah gula dan cokelat sering meninggalkan sisa yang lengket di ekspresi dan gigi. Hal ini akan meningkatkan risiko nanah pada gusi, akibat basil.

Radang gusi (gingivitis)

Gusi mampu mengalami iritasi maupun peradangan sehingga terjadi pembengkakan. Radang gusi dapat dialami oleh seseorang, akhir tidak menjaga kebersihan lisan. Plak yang menumpuk pada lapisan gigi mampu berubah menjadi karang, yang berpeluang untuk sajiansuk-nusuk gusi. Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ngilu.

Penggunaan behel dan gigi palsu

Pemasangan kawat gigi yang kurang pas juga dapat menyebabkan gusi membengkak. Begitu juga dengan tambalan gigi yang tidak sempurna, akan membuat sisa makanan dan basil menempel pada rongga dan sela-sela gigi.

Perubahan hormon saat kehamilan

Pada periode kehamilan, hormon badan mengalami perubahan sehingga memacu fatwa darah termasuk pada gusi. Kondisi ini sering berakibat iritasi pada gusi, yang pada akhirnya menyebabkan gusi abuh. Perubahan hormonal pada ibu hamil rentan dengan serangan basil yang menimbulkan bisul gusi.


12 Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Cepat


Cara alami untuk mengobati gusi bengkak sering menjadi pilihan bagi banyak orang, karena tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Berikut beberapa materi alami yang mampu meredakan gusi bengkak:

1. Gunakan madu

Anti inflamasi dalam madu sanggup meredakan peradangan dan mengurangi nyeri akhir gusi abuh. Anti inflamatori dalam madu dapat mencegah dan mengobati peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, madu juga memiliki anti bakteri yang mampu mencegah bisul pada gusi. Cara menggunakannya dengan mengoleskan madu alami pada gusi yang abuh, sebanyak 3 kali dalam sehari.


2. Jus lemon

Obat kumur untuk mengatasi gusi benjol mampu dibentuk dengan mencampur perasan lemon dan air hangat. Berkumur dengan jus ini setiap pagi dan sore hari, untuk menyembuhkan gusi bengkak secara cepat.

3. Larutan garam

Untuk meredakan gusi benjol, gunakan garam. Caranya, tuangkan 1 sdt garam dapur ke dalam gelas berisi air hangat. Gunakan larutan garam untuk berkumur. Lakukan pengobatan mudah ini sebanyak 3 kali dalam sehari, untuk menyembuhkan gusi abuh dengan cepat.

4. Air jeruk nipis

Jeruk nipis juga mampu untuk mengatasi gusi abuh dengan cepat. Caranya, peras jeruk nipis matang lalu tuangkan ke dalam segelas air hangat. Aduk sampai merata, kemudian berkumur dengan larutan jeruk nipis ini.

5. Minyak cengkih

Gunakan minyak cengkih yang asli, untuk mengobati gusi bengkak dengan cepat. Caranya sederhana, cukup oleskan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak. Lakukan perawatan ini di pagi dan malam hari.

6. Bawang merah

Bawang merah mengandung peptida yang memiliki kegunaan untuk hidanganrunkan kadar gula darah. Selain itu, bawang merah juga memiliki flavon-glikosida yang mampu untuk membunuh kuman, sehingga melawan abses dan mencegah peradangan.

Cara penggunaan cukup dengan mengoleskan bawang merah yang telah ditumbuk, pada gusi yang sakit.

7. Memijat gusi

Untuk meredakan rasa sakit balasan gusi bengkak, gunakan jari telunjuk untuk memijatnya dengan gerakan melingkar dan berulang-ulang. Cuci tangan anda, sebelum melaksanakan metode pengobatan ini.

8. Hindari stres

Kesehatan lisan dan gusi dapat dipengaruhi oleh stres. Jadi, tenangkan pikiran anda. Sehingga kesehatan verbal dapat dijaga dengan baik.

9. Perbanyak minum air

Air putih dapat membilas kuman di ekspresi, sehingga membantu untuk mengatasi gusi yang abuh akhir jerawat.

10. Ubah hidangan diet anda

Perbanyak makan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini berguna untuk membuat badan lebih kebal terhadap infeksi oleh basil di verbal.

11. Obat kumur dari baking soda

Obat kumur mampu dibuat sendiri dengan menambahkan baking soda dalam air hangat. Berkumur dengannya untuk mencegah penyebaran bakteri di mulut. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari, untuk mempercepat proses penyembuhan.

12. Mengunyah kulit andong

Untuk meredakan pembengkakan pada gusi, tempelkan kulit andong yang telah dikunyah hingga lumat pada area yang sakit.

Nah, itulah 12 Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan cepat. Simak juga 11 Cara Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami. Kesehatan gusi tidak lepas dari upaya untuk menjaga kebersihan lisan dan gigi. Kaprikornus, pastikan diri anda untuk menjalani gaya hidup sehat dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh badan.

Tampilkan Komentar