11 Makanan Yang Mampu Memperbaiki Mood Anda (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 11, 2017
Makanan yang sanggup meningkatkan mood merupakan pembahasan yang menyenangkan. Suasana hati sangat kuat pada kesehatan badan secara menyeluruh. Dengan mood yang baik, semua pekerjaan akan dilakukan dengan penuh semangat dan besar hati. Namun saat suasana hati buruk, semua acara terasa membosankan. Apalagi kita sedang berlomba dengan deadline kerja, semuanya terasa sebagai beban berat.

makanan-sehat
Nah, pertanyaan yang sering muncul dalam fikiran kita, adakah makanan yang dapat memperbaiki mood? Ya, ada beberapa jenis makanan yang ternyata sanggup menciptakan suasana hati menjadi lebih baik. Makanan tidak hanya berkhasiat untuk pembentukan energi badan, tetapi juga sanggup mengubah mood seseorang.

Banyak orang mempunyai pola makan yang buruk. Dampaknya bukan hanya rentan terhadap banyak sekali serangan penyakit, kuliner seolah-olah ini juga memiliki imbas buruk terhadap kesehatan otak dan suasana hati. Jadi, anda sebaiknya teliti dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.


11 Makanan Yang Mampu Memperbaiki Mood Anda


Beberapa jenis makanan mampu mengakibatkan mood nyata. Nutrisi dalam makanan tertentu ternyata dampaktif untuk menenangkan suasana hati dan menciptakan emosi lebih stabil. Berikut daftar kuliner yang mampu meningkatkan suasana hati:

1. Buah Apel

Pektin dalam buah apel memiliki kegunaan untuk menciptakan suasana hati menjadi lebih stabil. Antioksidan dalam apel berguna untuk mendukung neurotransmitter di dalam otak.

2. Yogurt


Makanan olahan susu ini mengandung protein, kalsium, dan probiotik bakteri baik. Semua nutrisi ini berguna untuk mencegah mood buruk, depresi, dan kecemasan.

3. Bayam

Bayam dilengkapi dengan folat dan vitamin B6 yang membantu otak untuk menghasilkan neurotransmiter yang dapat meningkatkan mood. Di samping itu, bayam juga kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan konsentrasi, serta mengurangi kelelahan.

4. Kentang

Kentang diperkaya dengan folat yang memiliki kegunaan untuk mengontrol kadar gula darah sehingga juga baik untuk menjaga suasana hati.

5. Biji Chia

Biji chia dikenal oleh orang indian kuno sebagai kuliner penambah energi. Biji chia mengandung tripofan, yaitu salah satu asam musim esensial yang sanggup mengakibatkan mood aktual dan meningkatkan konsentrasi.

6. Omega-3

Makanan yang mengandung omega-3 bermanfaat untuk mencegah depresi dan stres. Jadi, penuhi kebutuhan omega 3 setiap hari, agar tubuh dan fikiran tetap sehat. Baca: 15 Makanan Yang Mengandung Omega 3 Terbaik.

7. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan terutama almond dan mete mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Vitamin ini larut dalam air, yang menjaga keseimbangan tubuh dan mendukung kesehatan sel-sel saraf khususnya saraf pengatur suasana hati. Kacang-kacangan juga diperkaya dengan selenium, yang baik untuk memperbaiki mood.

8. Cokelat

Molekul psikoaktif yang ada dalam cokelat sanggup membuat suasana hati menjadi lebih nyaman. Cokelat ternyata efektif dalam menunjang produksi hormon endorfin dan serotonin oleh badan kita. Kedua hormon ini memiliki kegunaan untuk meredakan depresi, kelelahan dan kemarahan.

Cokelat juga mampu memacu kegiatan otak dan mengontrol detak jantung. Cokelat ialah makanan yummy yang cocok untuk menenangkan emosi yang tidak stabil. Pilihlah cokelat hitam yang memiliki gula dengan kadar rendah. Tetapi hati-hati, makan cokelat dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kegemukan, lho.

9. Buah Berry

Buah dengan rasa asam bagus ini mengandung vitamin C yang berlimpah, sehingga mengakibatkan kesegaran sehabis dikonsumsi. Sensasi segar yang ditimbulkan oleh buah ini sanggup memberikan respon bagi otak untuk menciptakan mood menyenangkan, serta meredakan rasa sakit kepala akhir kelelahan.

10. Ikan

Ikan sarat dengan asam lemak esensial, yaitu omega 3 dalam jumlah tinggi. Omega 3 juga berkhasiat untuk meredakan depresi dan memperbaiki mood yang kurang baik.

11. Semangka

Semangka sarat dengan vitamin dan air  yang melimpah. Mood jelek dapat dipicu oleh kekurangan cairan tubuh sehingga tubuh merasa panas dan lelah. Dengan kandungan air yang tinggi, semangka sanggup mengatasi kehilangan cairan tubuh dengan cepat. Simak juga: 12 Manfaat Biji Semangka Bagi Kesehatan Yang Jarang Diungkap.

Hindari mengkonsumsi kuliner anggun secara berlebihan, yang mampu menyebabkan kadar gula darah melonjak. Kadar gula darah yang tidak stabil akan merusak mood anda.

Nah, itulah 11 Makanan yang Mampu Memperbaiki Suasana Hati. Makanan apa yang paling anda sukai?

Tampilkan Komentar