11 Cara Menebalkan Rambut Dengan Bahan Tradisional (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 05, 2017
(hidup-sehat.serhamo.net) - Rambut tebal dan bersinar menjadi harapan bagi semua wanita. Namun, tidak semua perempuan terlahir dengan rambut lebat. Masalah yang banyak dialami oleh wanita yaitu rambut menipis, bahkan mulai rontok. Hal ini disebabkan oleh penggunaan produk berbahan kimia yang tidak cocok dengan jenis rambut. Meskipun, faktor genetik juga mampu mempengaruhi kondisi ini. Makara, apa solusi terbaik untuk mengatasi perkara ini?

Setiap wanita mempunyai tipe rambut yang tidak sama, satu dengan lainnya. Ada yang ikal dan hitam berkilau, sebagian lainnya mempunyai rambut lurus dan agak pirang tapi tipis.

Faktor penyebab rambut tipis dan pucat

Rambut yang tidak tebal disebabkan oleh beberapa faktor seolah-olah penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, mengkonsumsi materi penyedap rasa secara berlebihan, atau sindrom ovarium polikistik. Sindrom ini merupakan kelainan pada rambut, dimana kesuburan terjadi di area tubuh yang lain bukan di kepala.

Penyebab penipisan pada rambut lainnya adalah kasus hormonal, yang mampu dipicu oleh kehamilan dan terapi hormon. Faktor genetik adalah penyebab utama bagi rambut tipis . Penipisan juga mampu diakibatkan oleh faktor penuaan, dimana produksi estrogen menurun. Kekurangan hormon ini akan menimbulkan pertumbuhan rambut menjadi lebih lambat.


11 Cara Menebalkan Rambut Dengan Bahan Tradisional


1. Gunakan Masker Seledri

Haluskan daun seledri, lalu tambahkan sedikit air. Terapkan masker seledri pada rambut dan kulit kepala sambil memijat dengan lembut. Biarkan selama 60 menit, sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

2. Gunakan minyak zaitun sebagai penebal rambut


Vitamin E dan mineral dalam minyak zaitun berguna untuk melebatkan rambut secara alami. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut secara merata, sebelum tidur malam.

3. Gunakan Madu

Madu juga mampu digunakan sebagai penyubur alami bagi rambut. Aplikasikan masker madu pada rambut anda, biarkan selama15 menit. Jangan lupa untuk keramas menggunakan sampo.

4. Gunakan Minyak Kemiri

Kemiri ternyata dampaktif untuk mengatasi penipisan pada rambut. Caranya, tumbuk kemiri lalu rebus hingga mengeluarkan minyak. Minyak alami ini mengapung di permukaan air. Balurkan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala secara merata.

5. Gunakan putih telur untuk menebalkan rambut tipis

Selain mencegah kerontokan, nutrisi dalam putih telur sanggup menyuburkan rambut. Pertama, putih telur dikocok sebentar lalu terapkan pada rambut sebagai masker alami. Biarkan selama semalam, basuh keesokan harinya dengan sampo untuk menghilangkan busuk busuk.

6. Perbanyak makan sayur dan buah

Penebalan rambut secara alami membutuhkan nutrisi yang harus dikonsumsi. Beberapa jenis kuliner seolah-olah buah dan sayur baik untuk menutrisi rambut. Untuk lebih detail, silahkan baca 14 Makanan Yang Menyehatkan Rambut.

7. Gunakan Teh Hijau

Senyawa catechin dalam teh hijau mampu menekan produksi hormon dihydrostestosterone, penyebab rambut menipis dan rontok. Minum teh hijau dengan rutin untuk membuat rambut lebih lebat dan sehat.

8. Gunakan Santan Kelapa

Usapkan santan kelapa secara merata pada kulit kepala dan rambut anda, lakukan pemijatan lembut. Biarkan selama 30 menit biar nutrisi meresap ke dalam folikel dan akar rambut. Bilas dengan sampo dan air yang mengalir, sehabis perawatan. Cara ini dampaktif untuk menyebabkan rambut lebih tebal dan berkilau sepanjang hari.

9. Gunakan lidah buaya sebagai penebal rambut

Oleskan gel aloe vera pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Tunggu sampai mongering, lalu bilas dengan air bersih dan sampo yang biasa digunakan.

10. Memijat kulit kepala

Rambut menipis umumnya diakibatkan oleh kekurangan nutrisi, atau nutrisi tidak diserap oleh rambut dengan baik. Lakukan pemijatan pada kulit kepala untuk melancarkan aliran darah, sehingga nutrisi yang diharapkan oleh folikel rambut akan tercukupi.

11. Hindari Stres

Efek jelek stres bagi kesehatan tidak diragukan lagi. Begitu juga untuk rambut, stres berdampak jelek. Rambut tidak ternutrisi dengan baik akhir sirkulasi darah yang tidak lancar, saat anda mengalami stres. Jadi, hindari stres untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Nah itulah 11 Cara Menebalkan Rambut Dengan Bahan Tradisional. Simak juga 7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami. Keindahan dan kesuburan rambut memperlihatkan kesehatan pada tubuh seseorang, secara keseluruhan. Kaprikornus, gaya hidup sehat tidak dapat ditinggalkan. Olahraga teratur adala serpihan dari contoh hidup sehat. Jika anda mempunyai pengalaman terkait kasus ini, silahkan mengisi kolom komentar.

Tampilkan Komentar