10 Manfaat Biji Chia Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juli 12, 2017
Biji chia sekarang mulai populer di seluruh pelosok dunia, disebabkan keuntungannya bagi kesehatan yang cukup menakjubkan. Di balik ukurannya yang kecil dan sekilas mirip dengan selasih, biji chia menjadi makanan super yang mampu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Chia mempunyai rasa yang enak, praktis disajikan, dan kaya akan nutrisi yang diharapkan oleh tubuh.

chia
Chia (Salvia Hispanica) umumnya berbentuk lonjong dengan warna yang cukup bervariasi seolah-olah hitam, cokelat, putih, dan debu-abu. Biji chia mempunyai sifat hydrophilic, yang sangat mampu untuk menyerap cairan. Sehingga biji ini akan bermetamorfosis seakan-akan gel bila direndam dalam air dalam durasi usang.

Biji ini merupakan kuliner sehat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat kuno dari Meksiko. Walaupun ukurannya mungil, chia sarat dengan vitamin dan mineral penting yang memiliki kegunaan untuk kesehatan tubuh. Biji chia mengandung jumlah tinggi dari omega-3, dan rendah kalori.


10 Manfaat Biji Chia Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa


Chia sangat cocok bagi pelaku diet yang ingin menerima tubuh langsing secara alami. Berikut ini beberapa manfaat biji chia yang luar biasa:

1. Mengontrol Tekanan Darah

Chia diperkaya dengan asam lemak omega 3, yang sanggup mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan, biji chia mempunyai omega-3 yang lebih tinggi daripada ikan salmon. Baca juga: Daftar Makanan Penurun Hipertensi

2. Menyehatkan Jantung

Makan biji chia dengan rutin bermanfaat untuk sajianrunkan kadar kolesterol buruk dalam darah. Sehingga menjaga kesehatan jantung anda.

3. Mencegah Dislipidemia


Dislipidemia merupakan kondisi dimana kadar lemak berlebihan dalam tubuh. Penelitan yang dimuat dalam "British Journal of Nutrition" mengumumkan bahwa biji chia efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

4. Menguatkan Tulang Dan Gigi

Hanya dengan seporsi biji chia telah menyediakan 20 persen kebutuhan kalsium harian. Kalsium ialah mineral yang baik untuk menguatkan tulang dan gigi, sehingga mencegah risiko osteoporosis. Manfaat ini dikuatkan dengan kandungan fosfor, magnesium, dan mangan di dalamnya.

5. Menyehatkan Otak

Tidak diragukan lagi, omega-3 yang terdapat di dalam biji chia memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan otak. Makanan ini cocok bagi vegetarian, untuk memenuhi asupan omega-3 harian.

6. Membantu Mengobati Diabetes

Biji super ini ternyata dapat menghambat proses konversi karbohidrat menjadi gula sederhana, sehingga mengontrol kadar insulin dalam darah.

7. Melawan Radikal Bebas

Biji chia juga memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh anda dari radikal bebas, penyebab penuaan dini dan kanker.


manfaat-biji
8. Melancarkan Pencernaan

Biji chia kaya akan serat, tentu saja hal ini baik untuk melancarkan terusan cerna. Selain itu, serat juga berkhasiat untuk membantu dalam mengurangi peradangan dan kadar kolesterol dalam darah.

9. Mencegah Dehidrasi

Biji chia akan mengembang dalam perut, dikala dikonsumsi. Makanan ini akan berubah menjadi semacam gel, yang mampu menghidrasi tubuh.

10. Menurunkan Berat Badan

Biji chia sanggup mencegah nafsu makan berlebihan. Makanan sehat ini menekan perembesan kalori oleh tubuh anda, dan mengakibatkan kenyang lebih lama. Bagi pelaku diet, makanan ini baik untuk ditambahkan ke sajian harian. Simak: 7 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Yang Aman

Biji chia cocok disantap bersama roti panggang atau mentega. Chia juga dapat dicampur dengan smoothie, sehingga menghasilkan minuman lezat dan sehat. Anda juga dapat menikmati kuliner sehat ini, dengan merendamnya bersama air kelapa hingga mengembang.

Itulah 10 Manfaat biji chia bagi kesehatan yang menakjubkan. Di balik bentuknya yang mungil, ternyata biji ini memberikan kontribusi besar dalam dunia kesehatan. Pernahkah anda melihatnya? Tidak salah bila anda mengisi dapur anda dengan aneka macam kuliner sehat.

ilustrasi foto via foto via organicauthority.com, dailyburn.com

Tampilkan Komentar