(Tips) Manfaat Takokak Untuk Mengobati Mata Minus Dan 14 Penyakit Lainnya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 15, 2017
Sobat (hidup-sehat.serhamo.net), tahukah anda bahwa mata minus ternyata dapat diobati dengan cara tradisional? Ya, salah satunya memakai buah takokak. Secara empiris buah yang rasanya pahit dan bentuknya mirip terong ini, ternyata sanggup menyembuhkan mata minus yang cukup parah sekalipun. Nah, apa saja manfaat takokak atau cepoka lainnya?

Manfaat Takokak Untuk Mengobati Mata Minus Dan 14 Penyakit Lainnya
Untuk mengobati gangguan mata seolah-olah mata minus, cukup dengan makan 7 buah cepoka setiap hari selama beberapa bulan. Anda mampu mengecek perubahan yang terjadi ke dokter spesialis mata. Hindari kebiasaan buruk lainnya yang dapat memicu kerusakan pada mata, seolah-olah baca buku dalam posisi tidur, nonton tv terlalu dekat, dsb. Baca juga: 6 Cara Alami Mengobati Katarak Dan Mata Minus.

Takokak disebut juga dengan cepoka, pokak, cokawana, turkey berry, dll. Nama ilmiah dari tanaman ini ialah solanum torvum, masih tergolong keluarga solanaceae. Ciri-ciri tanaman takokak yang praktis dikenali yaitu batang pohonnya berukuran kecil, berduri dan banyak rambut. Bunga cepoka mempunyai 5 kelopak berwarna putih, buahnya mempunyai garis tengah 1 cm saja.

Buahnya mengandung vitamin A, klorogenin, torvogenin, solasonin, dan sisalogenone. Daunnya mengandung panikolugenin dan neo-klorogenin, sedangkan akarnya menyimpan jurubine. Pokak memiliki dampak farmakologis seperti analgetik, antitusif, dan anti-koagulan.


Manfaat Takokak Untuk Mengobati Mata Minus Dan 14 Penyakit Lainnya


Bukan hanya sebagai obat mata minus, buah pokak ternyata pengaruhtif untuk melawan berbagai jenis penyakit. Berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang dapat diobati dengan buah pokak:

1. Tulang keropos (Osteoporosis)


Untuk menguatkan tulang, buatlah ramuan tradisional dari materi alami. Ambil buah takokak dan kacang kedelai, masing-masing sebanyak 100 gram. Anda dapat memasak kedua bahan sesuai selera anda, seperti sup atau lainnya.

2. Bisul dan koreng pada kulit

Tak perlu risau dengan penyakit kulit seakan-akan bengkak dan korengan. Petik 3 helai daun pokak, tumbuk atau giling hingga lembut. Terapkan pada jerawat di kulit. Ulangi cara ini, 3 kali dalam sehari.

3. Batuk kronis

Jengkel dengan batuk yang badung? Ada cara mudah untuk meredakannya. Jemur akar cepoka, ambil 12 gram saja. Akar ini kemudian direbus dengan 750 ml air, hingga berkurang separuhnya. Minum segelas airnya, ketika pagi dan malam.

4. Mastitis

Meredakan peradangan pada kepingan badan tersebut mampu dilakukan dengan cara tradisional. Pertama, jemur 3 helai daun cokawana hingga kering. Tumbuk lalu campur dengan sedikit cuka beras putih, oleskan pada bagian badan yang benjol.

5. Sakit lambung

Untuk meredakan radang lambung, keringkan akar takokak lalu ambil 10 gram. Panaskan 4 gelas air menggunakan api kecil, masukkan akar tadi dan juga daun pegagan dengan takaran sama. Tunggu hingga airnya menyusut 2 gelas, biarkan acuh taacuh. Minum segelas airnya di pagi dan menjelang malam.

6. Penyakit ambeien

Salah satu obat wasir dapat dibentuk sendiri di rumah. Siapkan 30 gram buah terong meranti, 30 gram daun ilahi, dan 10 gram temu hitam. Panaskan 600 ml air dengan api kecil, masukkan semua bahan. Tunggu hingga tersisa 300 ml air saja, minum ketika airnya masih hangat. Lakukan pengobatan ini di pagi dan malam hari.

7. Memar

Terbentur benda keras dapat menyebabkan memar dan bengkak. Atasi dengan cara simpel. Jemur akar takokak hingga kering, ambil 15 gram. Rebus dengan 800 ml air sampai menyisakan 400 ml. Minum dikala pagi dan sore hari, dengan takaran satu gelas.

8. Asam urat tinggi

Untuk menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi, siapkan 100 gram buah nanas dan takokak. Tambahkan rebon (sejenis udang kecil), kemudian ditumis hingga matang. Masakan ini dapat dikonsumsi setiap hari.

9. Sakit pinggang

Pinggang terasa kaku tentu saja membuat anda menjadi tidak nyaman, serta mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi kondisi medis ini, siapkan beberapa bahan alami. Ambil buah cepoka dan akar sawi langit, masing-masing 30 gram. Siapkan juga jahe dan temulawak, dengan takaran 20 gram. Semuanya direbus dalam 800 ml air, hingga airnya tertinggal 400 ml. Minum 3 kali sehari.

10. Flu

Cara meredakan gejala flu, mampu menggunakan materi alami. Siapkan 15 gram jahe dan 30 gram buah terong meranti. Panaskan 400 ml air di atas api kecil, masukkan kedua bahan ke dalamnya. Biarkan airnya menyusut 200 ml, angkat. Minum di pagi dan petang hari.

11. Keracunan kuliner

Untuk menetralkan racun yang berasal dari kuliner tertentu, siapkan 20 gram daun tuhan dan 30 gram buah cepoka. Keduanya direbus dengan 600 ml air, sampai airnya menyusut 300 ml. Minum dengan rutin, dua kali dalam sehari.

12. Jantung berdebar (tachycardia)

Untuk menormalkan denyut jantung, cobalah obat rumahan. Sediakan 10 gram kunyit dan 6 helai daun pokak. Masukkan kedua materi ke dalam air mendidih selama beberapa ketika, lalu angkat. Campur dengan madu murni, minum 2 kali dalam sehari.

13. Penyakit liver

Obati penyakit liver dengan bahan alami. Panaskan 2 gelas air di atas kompor, masukkan 60 gram tanaman takokak. Angkat sehabis airnya tersisa satu gelas. Minum airnya yang masih hangat setiap hari, sampai sembuh.

14. Melancarkan sirkulasi darah

Caranya, panaskan 600 ml air dengan api kecil. Masukkan 20 gram daun ilahi dan 30 gram buah cokowana ke dalamnya. Setelah airnya berkurang setengah cuilan, angkat. Saring kemudian minum sekali dalam sehari.

Perhatian

Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit glukoma, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan dari tanaman takokak.
Hindari dosis berlebihan, untuk mencegah keracunan.

Nah, itulah manfaat buah takokak untuk mengobati mata minus dan penyakit lainnya. Anda dapat menanam tanaman ini di kebun. Ketika tanaman mulai berbuah, mampu dipetik untuk diolah menjadi sup atau dimakan secara langsung sebagai lalapan.

Tampilkan Komentar