(Tips) 7 Manfaat Kembang Coklat Untuk Pengobatan Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 22, 2017
Anda mungkin menyangka bahwa kembang coklat mempunyai warna yang sama dengan namanya. Padahal, warna bunga dari tanaman ini adalah putih, tak jauh beda dari melati. Meskipun tumbuhan ini berukuran kecil, namun sarat dengan manfaat kesehatan. Ya, setidaknya kembang coklat turut berkontribusi di dunia pengobatan.

7 Manfaat Kembang Coklat Untuk Pengobatan Alami
Kembang coklat mampu dipakai untuk mengatasi aneka macam masalah kesehatan, seperti epilepsi, hepatitis, serta melancarkan siklus menstruasi. Banyak lagi khasiat dari bunga kecil ini. Nama lain dari kembang coklat adalah bawang sebrang, dalam bahasa Inggris disebut rain lily.

Mungkin di kawasan lain, tumbuhan ini disebut merakan, jambul merak, atau kembang patra kembala. Zephyranthes candida merupakan nama ilmiah dari tanaman ini, masih tergolong ke dalam famili amaryllidaceae.

Penyebaran bunga ini dimulai dari Brazil dan Chili, sehingga sekarang anda mampu menemukannya di banyak sekali penjuru dunia. Tidak jauh dari keluarga bakung-bakungan lainnnya, kembang coklat memiliki daun yang berbentuk pipih, panjang, dan melengkung. Permukaan daunnya licin dan mengkilap. Tinggi tanaman hanya mencapai sekitar 30 cm saja.

Bunganya yang berwarna putih, dengan bentuk ibarat corong yang tengadah. Bunga ini mempunyai putik berwarna kuning, yang menambah keindahannya. Bentuk bijinya pipih dengan warna hitam, sedangkan umbi yang terbentuk biasanya berwarna putih dan mengandung cairan licin.

Kembang coklat berbagai nutrisi dan zat penting seolah-olah asam gallic, lycorine, tannin, tazettin, resin, haemanthidine, nerenine, asam beuzoic, dan zat merah. Daunnya mengandung saponin, alkalloida, tannin, kalsium oksalat, dan glukosida. Sifat tanaman ini termasuk netral, dan agak cantik. Salah satu dampak farmakologis di dalamnya yaitu sebagai antipiretik.


7 Manfaat Kembang Coklat Untuk Pengobatan Alami


Berbagai zat kimia yang ada di dalamnya, membuat anggota bakung-bakungan ini mampu dipakai untuk melawan beberapa jenis penyakit. Nah, inilah khasiat kembang coklat untuk pengobatan:

1. Meredakan sulit tidur

Ketika jam tidur telah datang tapi anda belum dapat memejamkan mata, pecahkan kasus eksklusif yang sedang melanda. Ada juga cara alami untuk mengatasi sulit tidur, salah satunya dengan kembang coklat. Ambil 10 gram daunnya, basuh dengan air bersih yang mengalir. Panaskan 500 ml air di atas kompor, masukkan bahan ke dalamnya. Biarkan sampai air mendidih selama 17 menit, angkat. Minum di pagi juga malam hari.

2. Sebagai obat sakit kepala (pusing)


Jika anda menderita pusing yang disebabkan oleh kondisi medis, cobalah mengkonsumsi ramuan tradisional. Cara membuatnya, rebus 15 gram bawang sebrang bersama 450 ml air. Tunggu airnya mendidih selama ¼ jam, biarkan dingin. Minum dengan segera, untuk meredakan sakit kepala.

3. Sebagai obat ayanan (Epilepsi)

Untuk mencegah penyakit ayan agar tidak kambuh lagi, anda mampu memakai materi alami. Caranya, panaskan dua gelas air memakai api kecil, masukkan 10 gram kembang coklat dan sedikit gula watu. Biarkan mendidih selama beberapa dikala, angkat. Berikan minuman ini kepada penderita epilepsi setiap hari.

4. Meningkatkan fungsi hati pada penderita hepatitis tahap awal

Kembang coklat ternyata juga efektif dalam mengatasi gangguan fungsi hati. Cara menggunakannya tidaklah sulit. Cukup dengan minum air rebusan dari 10 gram tanaman ini. Lakukan secara rutin hingga tanda-tanda berkurang dan hilang.

5. Melancarkan siklus haid

Untuk mengatasi terlambat haid, tumbuk kulit tanaman kembang coklat. Seduh dengan air panas, minum layaknya minuman teh.

6. Menurunkan demam

Bunga kecil ini ternyata sanggup untuk mengurangi panas badan yang tinggi pada anak. Caranya, tumbuk bunganya lalu tempelkan pada kening belahan tepi.

7. Mengatasi kejang pada anak

Bawang sebrang juga dapat digunakan sebagai obat luar pada anak yang mengalami kejang. Di samping itu, tidak masalah jika air rebusannya diminum oleh penderita.

Nah, itulah 7 manfaat kembang coklat untuk pengobatan secara alami. Menarik: 17 Manfaat Bunga Melati Untuk Kecantikan yang Menakjubkan. Mungkin anda pernah melihat tanaman yang satu ini? Jika anda punya pengalaman dengan kembang coklat, silahkan menuliskannya di kolom komentar.

Tampilkan Komentar