(Tips) 6 Manfaat Daun Ceguk Atau Wudani Untuk Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 30, 2017
Ceguk merupakan salah satu tanaman obat yang berguna untuk mengatasi berbagai jenis penyakit cacingan dan gangguan kesehatan lainnya. Tumbuhan perdu ini pada awalnya ditemukan di Myanmar, lalu menyebar ke segala penjuru dunia. Sebelum mengupas manfaat daun ceguk untuk kesehatan, sebaiknya kita mengenal ciri-ciri dan kandungan dari tanaman ini.

6 Manfaat Daun Ceguk Atau Wudani Untuk Kesehatan
Ceguk biasanya tumbuh liar di hutan atau ladang, tetapi sebagian orang menanamnya sebagai bunga hias. Tumbuh dengan memanjat hingga mencapai 8 meter, dengan batang berduri.

Rambut halus biasanya tumbuh pada daun dan ranting yang masih muda, warnanya coklat kekuningan. Bunganya mempunyai 5 lembar mahkota (petal), yang berbau bacin. Warna bunga berubah dari putih bercampur merah, menjadi keunguan. Bunga ini mempunyai tangkai yang panjang.

Nama lain dari tanaman ceguk seolah-olah wudani, rhabet, bidani, tikao, kunyit rhabet, rhabet besi, seradengan, kaceklik, dan kacekluk. Nama ilmiah untuknya ialah Quisqualis indica atau Quisqualis ebracteata, tergolong keluarga Combretaceae. Dailam bahasa Inggris, tumbuhan ini disebut dengan liane vermifoge. Warna coklat renta pada kulit buahnya membuktikan siap untuk dipanen.

Tanaman ceguk dilengkapi dengan sejumlah zat kimia di dalamnya. Buahnya mengandung puridine, potassium quisqualata, trigonelline, dan lemak jenuh. Ranting dan daunnya mengandung protein, kalsium oksalat, saponin, tannin, peroksidase, welirang, dan lemak. Bunga ceguk mengandung cyanidine monoglycoside. Potassium quisqualata terdapat dalam daun dan kulit buahnya.

Daun ceguk memiliki rasa bagus, bersifat hangat. Salah satu pengaruh farmakologis di dalamnya termasuk sebagai anti ascariasis.


6 Manfaat Daun Ceguk Atau Wudani Untuk Kesehatan


Khasiat daun wudani diperoleh dari aneka macam zat kimia di dalamnya, yang sanggup mengatasi perkara kesehatan seperti di bawah ini:

1. Sakit pendengaran


Gangguan pada telinga dapat disebabkan oleh banyak faktor. Untuk mengatasi gangguan kesehatan ini, gunakan obat tradisional. Sari wudani mampu diperoleh dengan menumbuk daunnya, kemudian diperas. Anda dapat menggunakan airnya sebagai obat tetes bagi pendengaran yang sakit.

2. Sakit kepala

Daun wudani atau ceguk dapat dipakai untuk meredakan sakit kepala yang menyiksa. Tumbuk daunnya hingga lembut, terapkan pada kening anda sebagai obat luar.

3. Mengatasi cacing kremi

Penyakit cacingan yang disebabkan oleh cacing kremi dapat diobati dengan biji ceguk. Caranya, goreng bijinya tanpa minyak sampai agak gosong. Kunyah sebelum makan. Untuk belum dewasa, takarannya 5 biji per hari. Untuk orang tua, 20 biji per hari. Konsumsi 3 kali sehari, selama 2 minggu.

4. Mengatasi cacing tambang

Untuk membunuh cacing tambang dalam perut, seduh debu biji ceguk bersama 2 cangkir air panas. Tambahkan 1 sdm madu murni, minum ketika hangat sebelum tidur malam.

5. Mengobati cacing gelang (ascariasis)

Tanaman wudani dampaktif untuk membunuh cacing gelang, ambil 4 bijinya lalu tumbuk atau gerus hingga menjadi abu. Seduh bersama segelas air hangat, minum. Selanjutnya, ambil 2 jari akar tanaman ini dan rebus bersama 500 ml air. Tambahkan secuil gula jawa, biarkan airnya tertinggal segelas. Minum di pagi hari, sebelum sarapan.

6. Membasmi jamur kulit

Kurang menjaga kebersihan tubuh dapat memicu tumbuhnya jamur di kulit. Obat jamur kulit mampu menggunakan materi alami. Caranya, haluskan 7 buah ceguk kemudian campur dengan minyak kelapa. Terapkan pasta ini pada jamur di kulit.

Nah, itulah 6 manfaat daun ceguk atau wudani untuk kesehatan. Kini, pekarangan anda sarat dengan tanaman obat bila anda menanamnya di sana. Bunganya pun cukup indah untuk menghiasi halaman rumah. Kaprikornus, silahkan tempatkan bunganya sesuai selera anda. Simak juga: 13 Manfaat daun Ajeran atau Jintan bagi Kesehatan

Tampilkan Komentar