(Tips) 5 Manfaat Bunga Boroco Bagi Kesehatan Yang Tidak Terduga

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 16, 2017
Ketika anda melihat bunga boroco, sekilas mungkin tanaman ini tidak ada artinya selain sebagai tumbuhan liar saja. Jika dipindahkan ke sebuah taman, akan menambah keindahan dan variasi tanaman. Namun, di balik semua itu ternyata kembang sangsri menyimpan aneka macam manfaat kesehatan. Penyakit keputihan hingga hipertensi, dapat diobati menggunakan biji dan bunganya.

5 Manfaat Bunga Boroco Bagi Kesehatan Yang Tidak Terduga
Nama lain dari bunga boroco yaitu sangsri, baya kasubiki, bayam ekor belanda, dll. Sedangkan nama ilmiah dari tanaman ini ialah Celosia argentea atau celosia magaritacea, masih tergolong keluarga bayam-bayaman (amaranthaceae). Kerabat bersahabat dari tumbuhan ini adalah bunga jengger ayam. Dalam bahasa Inggris disebut quil grass atau wild coxcomb, sedangkan orang Cina menyebutnya dengan qing xiang zi.

Sebelum membahas khasiat daun celosia ini, ada baiknya kita mengenalnya lebih detail. Ciri-ciri tanaman boroco yang paling khas adalah bentuk bunganya yang ibarat dengan kemoceng atau ekor kuda. Batang pohonnya memiliki tekstur yang bernafsu, dengan cabang berwarna hijau bercampur merah. Daunnya runcing, bunganya berbentuk bulir dengan warna ungu dan putih. Biji boroco berwarna hitam, dengan bentuk bulat cenderung oval.

Kandungan boroco

Beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalam daun bayam kucing termasuk flavonoida, saponin, glikosida, tannin, alkaaloida, asam amino, fitosterol, karbohidrat, dan protein. Efek farmakologis dari tanaman ini termasuk anti hipertensi, anti hipertensi, dan anti radang mata.


5 Manfaat Bunga Boroco Bagi Kesehatan Yang Tidak Terduga


Kombinasi zat penting dalam bunga boroco menciptakannya imbastif untuk melawan aneka macam penyakit. Berikut ini adalah penyakit yang dapat diobati dengan celosia, serta cara menciptakan ramuan dengannya:

1. Keputihan (Leucorrhoe)

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak wanita yaitu penyakit keputihan. Bau tak harum yang timbul, tentu membuat penderita merasa risih. Belum lagi, rasa gatal yang sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi gangguan ini, rebus 750 ml air higienis. Masukkan bunga sangsri dan daging ayam (masing-masing sebanyak 60 gram), ke dalam air yang sedang mendidih. Tunggu hingga dagingnya menjadi matang, angkat. Masakan enak ini mampu dikonsumsi secara teratur, untuk mengobati keputihan.

2. Radang kornea mata (Keratitis)


Salah satu gangguan mata adalah peradangan pada kornea mata, dalam istilah medis disebut keratitis. Biji boroco ternyata dapat dipakai sebagai obat keratitis. Cara membuatnya, rebus 15 gram biji bunga celosia dan hati ayam bersama air secukupnya. Setelah matang, bahan ini dapat dikonsumsi. Lakukan setiap hari, untuk hasil terbaik.

3. Muntah darah (Hematemesis)

Peradangan pada organ badan belahan dalam, dapat mengakibatkan muntah darah. Cara paling mudah untuk meredakannya ialah memakai bahan alami. Buatlah masakan yang terbuat dari 50 gram bunga celosia dan daging sapi tanpa lemak. Anda mampu mengolah keduanya menjadi sup yang lezat. Masakan ini mampu dikonsumsi dengan rutin sampai tanda-tanda hilang.

4. Tekanan darah tinggi

Pola makan yang tidak sehat atau faktor genetik, mampu menimbulkan tekanan darah melonjak. Untuk mengontrol tekanan darah, panaskan segelas air dengan api kecil. Masukkan 30 gram biji sangsri ke dalamnya, tunggu sampai airnya susut ½ gelas. Minum ketika airnya cuek, ketika pagi dan sebelum tidur malam. Simak juga: Daftar makanan penurun Hipertensi.

5. Mata teriritasi

Mata merah balasan bisul virus atau terkena abu, dapat diobati dengan cara alami. Caranya, cuci bunga sangsri dengan air yang mengalir. Rebus bersama air secukupnya, tunggu sampai mendidih selama beberapa saat. Biarkan air menjadi hangat, saring dan bilas mata anda dengan airnya.

Perhatian

Ramuan dari bunga celosia tidak cocok untuk dikonsumsi oleh penderita glukoma.

Nah, itulah 5 manfaat bunga boroco bagi kesehatan kita. Carilah tanaman ini di sekitar sungai atau sawah. Anda dapat menyemaikan bijinya, atau memindahkan tanaman ini secara eksklusif dari habitatnya ke halaman rumah. Makara sewaktu-waktu anda membutuhkan tanaman ini, maka simpel untuk mendapatkannya.

Tampilkan Komentar