(Tips) 3 Manfaat Rincik Bumi Sebagai Obat Tradisional

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 17, 2017
Di dunia pengobatan tradisional, tanaman rincik bumi sangat terkenal. Hal ini disebabkan oleh khasiat daunnya yang sanggup memberantas beberapa jenis penyakit. Gangguan kesehatan yang dapat diatasi oleh tanaman rincik bumi termasuk wasir dan asam urat tinggi. Nah untuk keterangan selengkapnya, silahkan simak artikel di bawah ini.

3 Manfaat Rincik Bumi Sebagai Obat Tradisional
Tanaman rincik bumi dalam bahasa Inggris disebut juga cardinal climber, cypress vine, atau star glory. Sebenarnya, anda sangat mudah menemukan tanaman merambat ini di tepi jalan, sekitar hutan, dsb.

Setiap tempat menyebut tanaman ini dengan nama yang tidak sama, seolah-olah bunga tali-tali, sangga langit, katilan, dan banyak lagi. Pastinya, nama ilmiah dari tanaman ini adalah Ipomoea quamoclit. Jadi, masih tergolong keluarga kangkung-kangkungan (Convolvulaceae).

Mungkin anda merasa penasaran, bagaimana ciri-ciri tanaman rincik bumi? Pertama, bentuk daunnya menyerupai dengan kerumunan jarum. Bunganya yang merah, sangat bagus dan cocok sebagai bunga hias. Seluruh pecahan dari tanaman ini memiliki nilai estetika, daunnya pun sangat indah. Makara, tidak salah bila banyak orang menanam rincik bumi di depan rumah mereka.

Ciri-ciri lain dari bunga katilan ialah batang pohonnya yang berair, membelit hingga sepanjang 4 meter. Bentuk daunnya yang menjorong, tentu menciptakan anda praktis untuk mengenalinya. Warna buahnya berubah dari hijau ketika muda, menjadi coklat ketika matang. Satu lagi, bijinya berwarna hitam dengan bentuk cenderung oval.

Apa saja kandungan rincik bumi?

Bunga katilan atau rincik bumi mengandung aneka macam zat penting seakan-akan saponin, flavonoida, dan tannin. Daun katilan memiliki efek farmakologis seperti hemostatik dan antipiretik.


3 Manfaat Rincik Bumi Sebagai Obat Tradisional


Nutrisi di dalamnya mengakibatkan tanaman ini berguna untuk mengatasi beberapa perkara kesehatan. Nah, inilah sejumlah penyakit yang dapat diobati memakai daun dan bunga rincik bumi:

1. Wasir (hemorrhoid)


Masyarakat modern pada umumnya memiliki kebiasaan buruk, dengan menjalani teladan makan yang tidak sehat. Mereka cenderung menyukai kuliner yang tidak mengandung serat, bahkan tinggi kolesterol dan lemak. Pola makan seakan-akan ini seharusnya segera diubah. Perbanyak makan buah dan sayuran hijau, untuk melancarkan pencernaan.

Nah, jikalau pencernaan tidak lancar akhir kurangnya serat, maka ujung-ujungnya adalah perkara sembelit. Ketika sembelit tidak segera diobati, maka mampu memicu kasus serius seperti wasir. Makara, untuk mencegah hemorrhoid dengan mengubah gaya hidup anda.

Sedangkan obat wasir dengan bahan alami. Pertama, panaskan 750 ml air memakai api kecil. Masukkan 9 gram daun rincik bumi ke dalamnya, tunggu sampai airnya berkurang 250 ml. Setelah air menjadi hambar, sebagian diminum dan sisanya digunakan untuk mencuci pecahan tubuh yang bermasalah. Atau sebagai obat luar, anda mampu menerapkan daun katilan pada area yang sakit. Tentu saja sesudah melumatkan daunnya terlebih dahulu.

2. Menurunkan panas

Air rebusan daun rincik bumi juga mampu dipakai untuk menurunkan suhu badan melonjak. Saat si kecil mengalami demam, berikan minuman yang terbuat dari rebusan daun tali-tali kepadanya.

3. Mengobati borok dan luka koreng

Salah satu penyakit kulit yang menciptakan tidak nyaman ialah borok. Jangan cemas, ambil saja daun tali-tali kemudian rebus bersama dua gelas air selama beberapa menit. Saat airnya hambar, dapat dikonsumsi dan digunakan sebagai obat luar. Ulangi pangobatan setiap pagi dengan rutin, hingga luka kering dan sembuh.

Nah, itulah 3 manfaat daun rincik bumi sebagai obat tradisional. Tanaman yang batangnya melilit ini, praktis tumbuh di tanah dengan kelembaban cukup baik dan cahaya matahari yang tidak terlalu panas atau kurang. Simak juga: 5 manfaat bunga boroco yang tidak terduga. Silahkan anda mencoba menanamnya di kebun anda.

Tampilkan Komentar