(Tips) 22 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 04, 2017
Kini manfaat daun afrika untuk kesehatan, mulai diketahui banyak orang. Padahal orang Cina sudah memakai tanaman ini sebagai obat herbal untuk mengatasi banyak sekali penyakit dan gangguan kesehatan, sejak periode lampau. Aneh kan? Tanaman Afrika ini mulai dicari oleh banyak orang, tentunya terkait nutrisi di dalamnya yang juga berguna untuk kecantikan kulit.

22 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Jika anda menanamnya di iklim yang cocok, maka bunga akan muncul dengan warna putih keunguan dan sangat indah. Tapi, sayangnya tanaman ini jarang menghasilkan bunga dan buah bila ditanam di Indonesia.

Nama ilmiah dari daun afrika adalah Vernonia amygdalina atau Gymnanthemum amygdalinum, tergolong ke dalam famili Asteraceae. Orang Malaysia menyebutnya sebagai daun kupu-kupu.

Kandungan daun Afrika

Berbagai senyawa aktif yang terdapat di dalam Vernonia seolah-olah vernolide, asam fenolat, vernodalol, minyak khas, asam esensial, vernolide A, asam lemak, sejumlah vitamin, dan mineral tertentu.

Efek farmakologis dalam tanaman ini termasuk anti-kanker, antioksidan, anti-hiperglikemia, anti inflamasi, hepatotoksisitas, anti kolesterol, anti-plasmodium yang melawan benalu malaria, anti-obesitas, dan anti-HIV.


22 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Berbagai zat kimia yang tersedia di dalamnya, menimbulkan daun afrika memiliki kegunaan untuk mengobati aneka macam masalah kesehatan. Nah, inilah beberapa penyakit yang dapat diobati oleh daun afrika:

1. Mengobati malaria

Orang Uganda menggunakan daun vernonia sebagai jamu tradisional untuk mengobati penyakit malaria.

2. Melawan virus HIV penyebab AIDS

Ekstrak daun afrika ternyata imbastif untuk melawan HIV, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit Aids. Cara mengobati Aids yang terbukti secara empiris, silahkan baca: Manfaat buah merah.

3. Atasi sembelit


Air hasil dari rebusan daun Afrika ternyata dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit (konstipasi).

4. Melawan abses tenggorokan

Sifat anti-virus dalam ekstrak vernonia terbukti mampu melawan infeksi pada tenggorokan.

5. Meredakan panas demam

Tak perlu repot untuk mencari obat pereda panas dalam, cobalah untuk merendam daun afrika ke dalam segelas air hangat kemudian minumlah.

6. Meredakan sakit kepala

Rutinitas sehari-hari tentu akan menajdi kacau, ketika sakit kepala menyerang anda. Nah, atasi masalah ini dengan mengkonsumsi daun afrika sebagai minuman teh.

7. Mengatasi kesemutan

Kesemutan mungkin saja menjadi indikasi adanya penyakit serius dalam tubuh seseorang yang mengalaminya. Pastinya, gangguan kesehatan ini disebabkan oleh pemikiran darah yang tidak lancar. Daun afrika efektif untuk mengurangi frekuensi kesemutan, bahkan sanggup untuk menghilangkannya kalau dikonsumsi dengan rutin.

8. Detoksifikasi

Toksin dalam tubuh berasal dari udara yang terkontaminasi, materi pengawet pada makanan, dsb. Seduh daun afrika dengan secangkir air hangat, untuk mengeluarkan racun dari tubuh anda. Tentu saja, khasiat ini dapat bekerja jika dikonsumsi secara teratur.

9. Menyehatkan paru-paru

Gas beracun mampu terhirup ke dalam paru-paru, melalui terusan nafas. Kondisi ini sangat merugikan bagi kesehatan anda. Dengan mengkonsumsi daun afrika, mampu menetralkan racun yang menumpuk di dalam paru-paru.

10. Mengontrol tekanan darah

Hipertensi biasanya diderita oleh orang tua yang telah lanjut usia. Tapi penyakit ini banyak juga dialami di usia muda. Faktor pemicunya yaitu pola makan yang tidak sehat, selain faktor genetik tentunya. Cukup minum rebusan daun afrika dengan teratur, untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Baca juga: 8 Makanan pantangan bagi penderita darah tinggi!

11. Mengurangi kadar kolesterol darah

Kolesterol baik (HDL) berperan dalam metabolisme, sedangkan kolesterol jahat dapat memicu penyakit berbahaya. Untuk menurunkan kadar LDL, seduh daun afrika lalu tambahkan madu murni dan jeruk lemon.  Minum adonan ini dengan rutin sebelum tidur malam.

12. Mengatasi perut kembung

Penumpukan gas dalam lambung mampu menyebabkan bergas atau perut kembung. Seduh daun afrika yang masih segar bersama segelas air hangat, tambahkan madu untuk menghilangkan rasa pahit. Minum airnya hingga habis, untuk meredakan bergas.

13. Mengurangi kadar gula darah

Daun afrika memiliki sifat anti-hiperglikemia, yang mampu menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Penderita diabetes sangat cocok untuk mengkonsumsi ekstrak daun kupu-kupu.

14. Atasi insomnia

Daun afrika dapat menimbulkan efek relaksasi, sehingga tidur anda lebih berkualitas. Buatlah teh herbal dengan menyeduh daun ini bersama secangkir air hangat, untuk mencegah sulit tidur. Simak: Tips dampaktif melenyapkan Insomnia dengan praktis.

15. Mencegah stroke

Penyempitan pembuluh darah di otak, dapat menyebabkan stroke. Efektivitas daun afrika dalam melancarkan fatwa darah, sangat berguna untuk mencegah sumbatan pada arteri sehingga stroke mampu dicegah.

16. Mengatasi radang sendi

Peradangan pada sendi seperti rematik mampu diobati dengan minum teh yang terbuat dari rebusan daun afrika.

17. Mengurangi risiko kanker hati

Antioksidan dalam daun afrika terbukti mampu untuk melawan radikal bebas, yang mampu menimbulkan kanker hati.

18. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jemur daun afrika di bawah cahaya matahari hingga kering, seduh bersama air hangat. Senyawa kimia dalam daun kering ini sanggup meluruhkan plak yang tertimbun dalam pembuluh darah yang menuju jantung.

19. Meredakan batuk

Cukup dengan mengunyah daun afrika selatan dan menelan airnya, untuk menghilangkan batuk ringan. Ulangi cara ini beberapa kai dalam sehari, hingga sembuh.

20. Melancarkan sekresi urin

Sulit dikala berkemih dapat diatasi dengan rutin berolahraga, mengkonsumsi buah-buahan, serta minum rebusan daun afrika secara teratur.


Manfaat Daun Afrika Untuk Kecantikan


21. Menghilangkan jerawat

Kini banyak produsen kosmetik menciptakan sabun dan krim yang terbuat dari ekstrak daun afrika. Jerawat mampu dipicu oleh peradangan kronik pada kelenjar pilosebesea, sehingga produksi sebum mengalami peningkatan. Nah, anda juga mampu menciptakan krim anti-jerawat dengan menumbuk daun afrika hingga lembut, lalu aplikasikan pada wajah anda sebelum berangkat tidur malam.

22. Mengurangi berat tubuh

Lemak menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan kegemukan. Obesitas juga mampu dipicu oleh gangguan pada sistem metabolisme. Cukup dengan minum teh afrika dengan rutin, serta olahraga teratur untuk menurunkan berat tubuh dengan cepat. Hindari makanan berlemak untuk menunjang kesuksesan acara diet anda. Menarik: 7 cara cepat menurunkan berat tubuh yang kondusif!

Nah, itulah 22 manfaat daun afrika untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak ada salahnya untuk menanam bunga ini di pekarangan rumah. Mungkin saja tanaman ini berguna bagi anda, keluarga, dan banyak orang.

Tampilkan Komentar