(Tips) 17 Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan Dan Kecantikan yang Menakjubkan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 20, 2017
hidup-sehat.serhamo.net - Bunga melati tentunya dikenal oleh semua orang. Wanginya yang semerbak, dengan bentuknya yang mungil, bagus, dan lembut pastinya menciptakannya lekat di ingatan kita. Namun, sedikit orang saja yang mengetahui manfaat melati untuk kesehatan dan kecantikan. Jika anda menyukai bunga yang satu ini, seharusnya tahu wacana khasiat si mungil ini.

17 Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan Dan Kecantikan yang Menakjubkan
Seseorang yang mempunyai nama melati, biasanya mempunyai wajah yang manis, punya kepribadian yang baik, sikap dan hatinya pun lembut. Nama ilmiah untuk bunga melati ialah jasminum sambac atau jasminum offcinale. Bunga bagus ini telah digunakan selama beberapa kala oleh masyarakat Mediterania sebagai obat herbal.

Bunga jasmine sering ditanam oleh banyak orang sebagai tanaman hias, yang akan menambah keindahan suasana. Sedangkan untuk pengobatan, kembang melati berkontribusi cukup besar disebabkan zat penting yang ada di dalamnya. Beberapa zat kimia yang terdapat dalam bunga ini seperti minyak eteris, jasmon, livalylacetaat, indole, asetat benzilic, dan lain-lain.


17 Manfaat Bunga Melati Untuk Kesehatan Dan Kecantikan yang Menakjubkan


Bunga melati kaya akan beberapa nutrisi penting yang dapat melawan banyak sekali jenis penyakit, serta efektif untuk merawat kecantikan kulit. Kini, banyak produk kecantikan memakai bunga ini sebagai bahan utama dalam pembuatan kosmetik wajah dan kulit. Nah sobat (hidup-sehat.serhamo.net), inilah manfaat kembang melur (melati) untuk pengobatan dan kecantikan:

1. Sesak nafas

Untuk meyembuhkan sesak nafas, cobalah obat alami yang terbuat dari melati. Panaskan 3 gelas air memakai api kecil, masukkan 20 lembar daun yasmin dan sedikit garam. Tunggu airnya tersisa 2 gelas, minum di pagi dan sebelum petang.

2. Radang ginjal

Keringkan daun melati dengan dijemur di bawah sinar matahari. Ambil 15 gram daunnya, rebus sampai mendidih dalam 2 gelas air sehingga tertinggal 1 gelas. Minum setiap hari hingga warna urin menjadi jernih lagi. Menarik: 2 Cara cuci ginjal dengan alami dan murah

3. Sakit kepala dan demam

Bunga jasmine juga imbastif untuk meredakan sakit kepala, juga demam. Petama, remas segenggam bunganya sampai lumat lalu rendam dalam segelas air. Kompres dahi anda dengan airnya.

4. Demam berdarah

Kembang melati ternyata juga efektif untuk mengatasi penyakit berbahaya seolah-olah demam berdarah. Ambil 9 lembar daun yasmin dan 1.5 gram buah belimbing. Panaskan 500 ml air, masukkan materi ke dalamnya. Angkat sehabis airnya berkurang 250 ml. Minum dengan rutin selama 3 hari.

5. Bengkak karena sengatan tawon


Sifat antibakteri dan anti-inflamasi dalam bunga melati imbastif untuk mengobati bengkak, yang disebabkan oleh racun lebah atau serangga lainnya. Lumatkan bunganya, terapkan pada kulit yang digigit oleh binatang berbisa.

6. Radang usus

Peradangan pada akses cerna dapat diatasi dengan mengkonsumsi teh melati. Seduh bunganya bersama segeas air panas, minum selagi hangat. Anda juga mampu minum rebusan kembang melur ini dengan rutin, untuk hasil terbaik.

7. Mata teriritasi

Belekan atau mata merah yang disebabkan oleh jerawat mikroba, dapat disembuhkan dengan cara tradisional. Remas kembang melur hingga lembut, balurkan pada bawah alis mata. Lakukan pengobatan beberapa kali dalam sehari. Perbanyak juga asupan vitamin A dan C, yang diperoleh dari buah dan sayuran.

8. Kolesterol tinggi

Kadar kolesterol jelek (LDL) berlebih mampu menyumbat pembuluh darah, sehingga dapat memicu serangan jantung. Dengan rutin minum teh melati setiap hari, mampu mengurangi kadar LDL dalam darah. Minuman ini sangat bagus, kalau dikombinasikan dengan kurma dan kentang.

9. Kadar gula darah melonjak

Teh melati juga cocok diminum oleh penderita diabetes, lantaran khasiatnya untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

10. Stres dan depresi

Ekstrak melati dapat dipakai sebagai minyak aroma terapi yang menyebabkan pengaruh relaksasi, sehingga menciptakan syaraf menjadi lebih hening. Manfaat ini juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsi teh herbal yang terbuat dari bunganya.

11. Sulit tidur (insomnia)

Melati juga berguna untuk meningkatkan kualitas tidur. Makara, sangat cocok dikonsumsi oleh penderita insomnia. Cukup dengan minum air dari rebusan akar tanaman ini.


Manfaat Bunga Melati Bagi Kecantikan


12. Menghilangkan jerawat

Bagaimana pun, kehadiran jerawat tidak diinginkan oleh semua orang terutama bagi perempuan. Untuk menghilangkan jerawat, anda perlu menyiapkan beberapa materi alami. Ambil 19 kuntum kembang melur, 3 gram sulfur, 2 jari asam kawak, dan 2 sdm perasan jeruk nipis. Lumatkan semua materi, peras dan campur dengan air jeruk nipis. Aplikasikan secara merata pada kulit wajah, biarkan selama ¼ jam. Cuci wajah anda dengan air cuek. Lebih lengkap: 5 Cara cepat menghilangkan jerawat secara alami

13. Mengatasi bau tubuh

Meskipun anda mempunyai wajah bagus, selama bau tubuh tidak sedap selalu menyertai kemana pun anda pergi, maka masalah ini tentu sangat mengganggu. Dengan minum teh bunga melati secara teratur, mampu melenyapkan bau tubuh yang sangat mengganggu.

14. Melembutkan kulit

Untuk mengatasi kulit kusam, tidak harus memakai krim dengan harga mahal. Tumbuk satu genggam kembang melati, hingga lembut. Campur dengan minyak zaitun, air mawar, madu, dan susu. Terapkan pada kulit anda, sambil dipijat secara lembut selama 15 menit.

Perawatan kulit ini berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bersihkan dengan memakai handuk basah. Bilas hingga bersih. Anda mampu menggunakan masker ini 2 hingga 3 kali di dalam 1 ahad.

15. Mengatasi rambut rontok

Kerontokan pada rambut secara terus-menerus mampu menyebabkan kebotakan. Pastinya anda tidak ingin mengalaminya, bukan? Nah, atasi dengan paduan materi alami.

Sediakan 15 kuntum bunga jasmine, 2 lembar pandan amis, 2 kuntum mawar, 5 helai daun mangkokan, 7 lembar daun urang aring, 10 gram biji kemiri, 50 ml minyak wijen, secangkir minyak kelapa, dan 4 liter air higienis.

Tumbuk kemiri dan daun lainnya hingga lembut, potong-potong bunga yang tersedia. Campur minyak wijen dengan minyak kelapa, kemudian panaskan dengan api kecil. Selanjutnya, panaskan semua materi memakai api kecil selama 25 menit. Tunggu airnya cuek, terapkan pada kulit kepala sambil memijatnya dengan lembut. Ulangi perawatan ini sebelum mandi, di pagi dan sore hari.

16. Menurunkan berat badan berlebih

Untuk menunjang program diet anda, kembang melati mampu menjadi solusi tepat. Seduh bunganya bersama teh hijau ke dalam secangkir air panas. Sebagaimana diketahui, teh hijau kaya akan antioksidan. Campuran ini mengandung epigallocatechin gallate, yang mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh anda.

17. Mencegah penuaan dini

Secangkir teh melati juga mengandung antioksidan yang berlimpah, sehingga imbastif dalam memerangi radikal bebas penyebab penuaan kulit. Simak juga: 10 cara alami mengatasi penuaan dini

Nah, itulah 17 manfaat bunga melati untuk kesehatan dan kecantikan yang menakjubkan. Apakah anda menyukai keharuman bunga ini?

Tampilkan Komentar