(Tips) 16 Manfaat Kembang Sepatu Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Luar Biasa

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 11, 2017
hidup-sehat.serhamo.net - Kembang sepatu merupakan bunga hias yang berkontribusi di dunia kecantikan dan kesehatan. Bunga anggun ini memiliki variasi warna seakan-akan merah, oranye, kuning, pink, dan banyak lagi. Pastinya, manfaat kembang sepatu cukup majemuk. Penyakit ringan seperti demam dan flu, dapat diobati dengan memakai daunnya. Tanaman ini juga berguna untuk mengatasi jerawat, uban dini, dan kasus kulit lainnya.

16 Manfaat Kembang Sepatu Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Luar Biasa
Nama lain dari bunga sepatu yaitu wora-wari, dalam bahasa ilmiah disebut dengan hibiscus rosa sinensis tergolong ke dalam keluarga kapas (malvaceae). Kata sepatu diambil dari kebiasaan masyarakat kuno, yang menggunakan kembang ini untuk mengkilapkan sepatu mereka dengan cara menyemirnya.

Sebenarnya ciri-ciri tumbuhan ini tidak perlu dijelaskan, lantaran sangat khas dan unik. Warna bunganya sangat mencolok, dengan lima kelopak yang lembut dan tangkai putik menjulur indah. Serbuk sari yang melekat di tangkai ini sangat bagus.

Kembang sepatu mengandung nutrisi dan gizi seperti protein, vitamin A, vitamin C, flavonoida, cleomiscosin A dan C, kalsium oksalat, tannin, taraxeryl asetat, saponin, skopoletin, peroksidase, dan lemak.

Wora-wari juga mengandung glukosida hibiscin dan gossy peptin antosianin, yang mempunyai sifat koleretik dan diuretic. Tanaman ini juga memiliki imbas farmakologis sebagai anti hipertensi, antiseptic, dan melancarkan sirkulasi darah. Kelopak bunganya juga mengandung asam amino termasuk lignin dan arginin, yang bertindak dalam proses regenerasi sel.


16 Manfaat Kembang Sepatu Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Luar Biasa


Seluruh penggalan tanaman ini memiliki kegunaan untuk mengobati aneka macam jenis penyakit. Berikut ini cara menciptakan ramuan herbal menggunakan bunga wora-wari:

1. Sakit kepala

Untuk mengurangi pening dan sakit kepala, kompres kening anda dengan pasta yang terbuat dari daun wora-wari.

2. Radang tiroid

Pembengkakan kelenjar tiroid pada leher cuilan bawah atau sering disebut gondok, mampu diobati dengan wora-wari. Cukup dengan minum air rebusannya, dan aplikasi daun yang sudah dihaluskan pada leher sebagai obat luar. Pelajari lebih detail: cara mengobati penyakit gondok secara alami dan medis.

3. Bronkitis

Radang pada bronchus dapat mengganggu terusan nafas di paru-paru, kondisi ini disebut bronchitis. Cara mengatasinya, minum air rebusan kembang sepatu dengan rutin.

4. Demam dan flu


Musim hujan dengan cuaca tidak menentu, menyebabkan seseorang dengan imunitas rendah rentan terkena serangan flu dan demam. Atasi dengan mengkonsumsi teh bunga sepatu. Antioksidan di dalamnya efektif untuk melawan virus, sehingga flu cepat sembuh.

5. Hipertensi dan kolesterol tinggi

Mineral penting dalam kembang sepatu ternyata efektif untuk mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Mungkin bermanfaat: 13 kuliner yang membantu menurunkan kolesterol.

6. Kencing jerawat

Gonorrhea merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh infeksi virus. Rebus kembang wora-wari selama 15 menit, biarkan semalaman dan terkena embun. Minum pada keesokan harinya.

7. Sariawan

Untuk mempercepat penyembuhan sariawan, seduh 30 gram kembang sepatu bersama satu gelas air panas. Tunggu selama ¼ jam, berkumur dengan sebagian airnya. Setengah potongan lainnya dapat diminum.

8. Keputihan

Bau tak sedap mampu timbul karena penyakit keputihan, tentu saja kondisi ini menciptakan perempuan merasa sangat tidak nyaman. Untuk menghentikan gangguan ini, giling atau tumbuk tiga kuntum bunga sepatu hingga lembut. Seduh bersama segelas air hangat, tuangkan sedikit cuka beras putih. Aduk ketiga materi, saring kemudian minum segelas airnya dengan rutin setiap hari.

9. Batuk berdahak

Infeksi virus atau bakteri dapat memicu serangan batuk. Untuk menangani batuk disertai dahak, cobalah cara tradisional. Remas 2 kuntum wora-wari hingga lumat, seduh bersama secangkir air panas. Biarkan selama semalaman, tambahkan madu murni keesokan harinya. Minum sebelum sarapan.


Manfaat Bunga Sepatu untuk kecantikan kulit dan rambut


10. Melembutkan kulit

Untuk membuat kulit lebih lembut dan bersinar, gosok-gosokkan kelopak bunga sepatu pada tangan, kulit wajah, dan leher anda. Minyak alami di dalamnya sanggup mengangkat sel-sel kulit mati. Masukkan segenggam wora-wari ke dalam bejana, rendam kaki anda selama beberapa menit.

11. Cegah jerawat

Minyak dalam daun wora-wari juga bersifat anti inflamasi, yang mampu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Cukup terapkan sebagai masker bagi kulit wajah anda.

12. Cegah uban dini dan rambut rontok

Untuk menghitamkan rambut secara alami, salah satu caranya ialah memakai kembang sepatu. Remas 15 lembar daunnya hingga minyak alami keluar darinya. Oleskan secara merata pada rambut anda dan kulit kepala. Cara ini akan mencegah kerontakan pada rambut dan timbulnya uban lebih awal.

13. Berat tubuh berlebih

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan ialah minum teh kembang sepatu dengan rutin. Teh herbal ini kaya akan serat, tapi rendah kalori. Simak juga: 7 cara menurunkan berat tubuh dengan cepat.


Manfaat bunga sepatu lainnya



  • Mengurangi selulit
  • Mengobati tumit retak
  • Menghilangkan ketombe

Nah, itulah 16 manfaat kembang sepatu untuk kesehatan dan kecantikan yang luar biasa. Anda dapat menjemur kelopak bunga ini, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup. Jadi, setiap akan dipakai tinggal menyeduhnya dengan air hangat. Kini, makin cantik dan sehat dengan tanaman ini.

Tampilkan Komentar