(Tips) 16 Manfaat Bunga Turi Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 07, 2017
Bagi pecinta makanan nusantara, kembang turi bukanlah bahan makanan yang langka. Bunga turi hampir selalu dihidangkan, bersama nasi pecel. Di balik rasanya yang getir dan lezat, ternyata bunga ini berkontribusi di dunia kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini tidak hanya berkhasiat sebagai peneduh jalan atau perindang saja. Lebih dari sekedar pohon liar, imbastivitasnya untuk pengobatan sungguh di luar dugaan kita.

16 Manfaat Bunga Turi Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat bunga turi bagi kesehatan termasuk untuk mengobati keputihan, disentri, batu ginjal, sariawan, dan banyak lagi. Sedangkan khasiat kembang turi untuk kecantikan kulit, salah satunya seakan-akan anti jerawat. Nah, banyak kan? Manfaat tersebut belum komplit, karena kita akan bahas secara detail cara membuat ramuan dengan bunga ini. Namun sebelumnya, mari kita mengenal lebih erat wacana tanaman yang satu ini.

Nama ilmiah dari bunga turi ialah Sesbania grandiflora, tergolong ke dalam keluarga polong-polongan. Salah satu ciri khas tumbuhan turi yaitu bunganya yang berbentuk seperti bulan sabit atau kupu-kupu, yang berwarna putih atau merah. Ada juga varietas yang warna bunganya merupakan kombinasi dari merah dan putih. Senyawa kimia yang terdapat dalam bunga turi merah lebih tinggi daripada varietas lainnya.

Ciri-ciri turi yang khas juga mampu diketahui dari biji pohon, yang banyak dikantongi dalam polongnya. Biji ini simpel tumbuh, bila disebarkan di tanah dengan iklim yang sesuai.

Kandungan nutrisi dari bunga turi

Kembang turi mengandung aneka macam mineral penting seperti zat besi, selenium, kalsium, potassium, natrium, fosfor, magnesium, kalium, dan sodium. Vitamin yang terdapat di dalamnya termasuk betakaroten, vitamin C, niacin, thiamin, folat, dan riboflavin. Bunga turi juga mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.

Senyawa kimia yang tersedia dalam bunga turi seakan-akan kalsium oksalat, tannin, basorin, peroksidase, zat sulfur, zantoagetin, resin, egatin, dan zat warna. Daunnya juga mempunyai zat penting seperti saponin, glikoside, tannin, dan vitamin A.

Efek farmakologis dalam daun turi antara lain: laksatif, anti koagulan, diuretic, dan analgesic. Kulit pohonnya mempunyai sifat antipiretik, emetic, dan penambah energi bagi tubuh.


16 Manfaat Bunga Turi Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Khasiat bunga turi berasal dari aneka macam nutrisi penting di dalamnya. Berikut ini ialah cara membuat ramuan tradisional menggunakan turi untuk melawan banyak sekali penyakit, seolah-olah di bawah ini:

1. Sebagai obat flu dan sakit kepala


Daun turi merah juga efektif untuk meredakan tanda-tanda flu dan sakit kepala. Cukup dengan minum air rebusan dari daunnya, secara teratur di pagi dan sore hari.

2. Atasi radang tenggorokan

Sakit tenggorokan mampu disebabkan oleh peradangan pada organ tersebut. Salah satu cara untuk mengatasi gangguan ini dengan memakai kembang turi. Rebus segenggam pucuk daun turi bersama 600 ml air hingga tertinggal 200 ml saja, silahkan berkumur dengan airnya. Untuk pengobatan dalam, silahkan baca: 9 cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan cepat.

3. Sebagai obat batuk

Untuk mengatasi watuk berdahak, tumbuk daun turi merah kemudian campur dengan air lemon. Campur dengan madu murni dan ½ cangkir air hangat, minum dengan segera.

4. Mencegah kerikil ginjal

Dengan rutin mengkonsumsi bunga turi, dapat mengurangi risiko terkena kerikil ginjal yang terbentuk dari kristal kalsium oksalat. Anda dapat menyantapnya sebagai pecel atau sup.

5. Merawat jempol kaki yang tersandung

Terkadang tanpa sengaja, jempol kaki dapat tersandung oleh batu atau benda lainnya. Untuk mencegah pembekuan darah pada kuku kaki, balurkan daun turi merah yang sudah dihaluskan. Perawatan ini juga memiliki kegunaan untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul.

6. Sebagai obat sariawan

Orang India sering menggunakan kulit pohon turi untuk mengatasi sariawan secara alami. Vitamin C yang terdapat dalam tanaman ini memang imbastif untuk meredakan sariawan. Caranya, basuh segenggam kulit batang dari kembang turi, kemudian remas-remas dalam air hangat. Gunakan airnya sebagai obat kumur. Rebusan kulit batang turi juga dapat diminum, untuk pengobatan sariawan.

7. Mengobati penyakit cacar air

Cacar air merupakan penyakit kulit yang menciptakan penderita menjadi tidak nyaman. Obati dengan minum air yang didapatkan dari kulit tumbuhan turi, dengan cara direbus.

8. Mengobati kudis (scabies)

Salah satu penyakit kulit yang sangat meresahkan yaitu kudisan atau budukan. Kondisi kulit ini dalam istilah medis disebut scabies. Tidak sulit untuk menerima obat scabies, karena materinya tersedia di sekitar anda. Tumbuk kulit batang turi merah hingga lumat, aplikasikan pada kulit yang bermasalah.

9. Mencegah rabun senja

Bunga turi berguna untuk mencegah dan mengobati rabun senja, gangguan penglihatan yang disebabkan oleh penyakit gusi.

10. Sebagai obat disentri

Untuk menghentikan diare yang bercampur dengan darah, minum air yang diperoleh dari rebusan kulit tumbuhan turi merah. Ulangi cara ini dua kali dalam sehari.

11. Menurunkan demam nifas

Giling 1/3 genggam daun turi merah hingga lembut, campur dengan sedikit garam dan ¾ gelas air matang. Peras dan saring, kemudian minum airnya.

12. Mengurangi pegal linu

Untuk menghilangkan rasa capek dan linu, giling akar turi merah hingga halus. Campur dengan air hingga berbentuk bubur. Balurkan campuran ini pada belahan tubuh yang terasa sakit.

13. Obati keputihan

Masalah keputihan pada wanita biasanya disebabkan oleh jerawat jamur candida. Masalah kesehatan ini dapat diatasi dengan cara tradisional. Siapkan sepotong kunyit dan segenggam daun turi merah. Tumbuk kedua materi, tuangkan ¾ cangkir air hangat kemudian peras. Minum airnya, setiap pagi dan petang.

14. Mempercepat penyembuhan luka

Penelitian oleh International Journal of Pharma Tech Research, menunjukkan bahwa zat tertentu dalam kembang turi efektif untuk mengobati luka pada kulit. Bahkan, pengaruhtivitasnya lebih tinggi dari nitrofurazone. Cara memakainya, haluskan bunga turi kemudian terapkan pada luka. Ulangi pengobatan ini beberapa kali dalam sehari.


Manfaat Kembang Turi Untuk Kecantikan Kulit


15. Menghilangkan jerawat

Remaja rentan dengan risiko terkena jerawat. Tidak sulit untuk menghilangkannya, lumatkan daun turi merah lalu terapkan pada jerawat di wajah anda.

16. Melembutkan kulit

Untuk menimbulkan kulit lebih lembut dan manis, tumbuk bunga turi merah kemudian gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit, kemudian basuh dengan air yang mengalir.

Nah, itulah 16 manfaat bunga turi merah untuk kesehatan dan kecantikan. Simak juga: 5 manfaat bunga saffron bagi kecantikan kulit dan rambut. Tidak salah untuk memasukkan bunganya ke dalam menu harian anda. Berbagai nutrisi di dalamnya, menjadi alasan besar lengan berkuasa untuk menggolongkan bahan alami ini sebagai makanan sehat.

Tampilkan Komentar