(Tips) 14 Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 25, 2017
Mengulas ihwal tanaman saga, ciri khasnya yaitu bijinya terbungkus sekilas menyerupai dengan petai. Namun, jika anda mencermati lebih erat ternyata ukurannya lebih pendek dan bijinya pun tidak sama. Selain sebagai tumbuhan perdu, saga merupakan salah satu tanaman obat yang sanggup mengatasi beberapa jenis gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit ringan seolah-olah sariawan hingga penyakit berat termasuk bronchitis dan tekanan darah tinggi, dapat diobati memakai daunnya.

14 Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Nama ilmiah dari tanaman saga adalah Abrus precatoruis, termasuk polong-polongan yang memiliki biji berwarna merah dan hitam. Bijinya ini menjadi keras ketika kering. Daun saga memiliki bentuk mirip dengan tamarindus indica, dengan rasa manis. Bentuk bunga saga sekilas mirip kupu-kupu berwarna ungu terang. Tumbuhan ini simpel ditemukan di hutan atau ladang.

Mungkin anda bertanya, apa saja kandungan daun saga? Akar pohon dan daunnya mengandung nutrisi penting seperti protein, kalsium oksalat, vitamin A, piridoxsin, vitamin C, glisirizin, vitamin B1, asam polygalacturomic, pentosan, dan flisirizinat.


14 Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Berbagai nutrisi dalam tanaman saga kiranya cukup memadai untuk menyebabkan tumbuhan ini sebagai obat herbal untuk mengatasi banyak penyakit. Nah, inilah manfaat daun saga sebagai tanaman obat:

1. Membantu dalam pengobatan bronchitis

Untuk menggunakannya, petik 15 lembar daun saga dari pohonnya. Cuci kemudian rebus bersama 500 ml air. Tunggu airnya tertinggal 250 ml, biarkan cuek. Minum segelas saja setiap hari.

2. Atasi amandel

Sebagai obat radang amandel, pertama panaskan 5 gelas air. Masukkan kayu elok dan akar saga ke dalamnya. Saring sehabis airnya berkurang 2 ½ gelas. Anda dapat minum segelas airnya, pada pagi dan sebelum petang. Lebih detail: 7 cara mengobati Amandel tanpa operasi

3. Menurunkan tekanan darah tinggi


Daun saga manis juga efektif sebagai obat hipertensi. Sediakan daun abrus precatoris, juga daun selamagi, pegagan, kejibeling, dan buah waluh putih. Rebus bersama seliter air, sampai berkurang ½ liter. Minum sesudah airnya disaring.

4. Mengurangi radang mata

Daun saga efektif untuk mengobati radang mata. Giling segenggam daunnya, rebus dalam dua gelas air. Kumpulkan uapnya, gunakan sebagai obat tetes mata.

5. Hentikan batuk kering

Obat batuk dapat dibuat dari materi alami. Tumbuk daun saga manis, daun po’o, dan buah noni. Rebus tiga bahan ini sampai mendidih, kemudian minum saat air masih hangat.

Jika buah noni dan daun po’o sulit untuk didapatkan, ganti dengan kayu manis dan daun asam.

6. Menangani sariawan

Cara mudah untuk mengatasi sariawan yaitu memakai daun saga. Jemur daunnya di bawah sinar matahari sampai layu, kunyah lalu berkumur dengannya.

7. Hentikan panas dalam

Daun saga mampu berguna sebagai larutan penyegar, yang sanggup meredakan panas dalam secara alami. Cukup dengan minum air rebusan dari 5 lembar daunnya. Selanjutnya, buatlah ramuan yang sama dengan obat bronchitis.

8. Meredakan jantung berdebar

Daun saga manis mampu digunakan untuk menangani keringat masbodoh dan jantung berdebar. Siapkan 8 gram daunnya, juga 5 gram kencur dan 10 gram daun sembung. Panaskan 400 ml air dengan api kecil, masukkan semua bahan. Setelah airnya menyusut segelas, angkat. Minum dengan rutin, dikala airnya cuek.


Manfaat Daun Saga Bagi Kecantikan


Tanaman semak ini ternyata ampuh juga untuk merawat kecantikan kulit dan tubuh. Khasiat daun saga untuk perempuan termasuk:

9. Melembutkan kulit wajah
10. Menunda tanda penuaan dini
11. Menurunkan tubuh


Manfaat Daun Saga Lainnya


12. Sebagai antioksidan untuk meningkatkan imunitas tubuh
13. Mengobati sakit tenggorokan
14. Meredakan gangguan pernafasan

Nah, itulah 14 manfaat daun saga untuk kesehatan dan kecantikan. Kini, kita tidak dapat mengganggap tanaman polong ini sebagai sesuatu yang remeh. Karena banyak manfaat kesehatan tersimpan di dalamnya. Simak juga: 9 manfaat akar beringin untuk mengobati penyakit

Tampilkan Komentar