(Tips) 13 Manfaat Daun Ajeran Atau Jintan Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 29, 2017
Mungkin anda tidak kenal dengan ajeran, tanaman yang sarat akan manfaat kesehatan. Tapi, bagaimana dengan jintan? Tentu anda sering mendengarnya, bukan? Padahal, keduanya merupakan satu tanaman yang sama. Ajeran merupakan tanaman liar tidak jauh dari bandotan, yang tentu saja dapat dipakai untuk melawan penyakit.

13 Manfaat Ajeran Atau Jintan Bagi Kesehatan
Daun ajeran dapat digunakan sebagai obat sakit gigi, bahkan diabetes. Apa bekerjsama nutrisi yang ada di dalamnya, yang mengakibatkan khasiat jintan? Baiklah, kita akan mulai dari ciri-ciri tanaman ini.

Nama lain dari ajeran cukup banyak, seolah-olah ketul, hareuga, rakot, dll. Sedangkan nama latin darinya adalah Bidens pilosa atau Bidentitis pilosae. Dalam bahasa Inggris, ajeran disebut sebagai black jack. Orang Perancis menamainya dengan sornet.

Ajeran merupakan tanaman terna yang daunnya berbau khas. Tumbuhan ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Tinggi pohon sanggup mencapai 1 ½ meter, dengan 3 lembar daun dalam 1 kelompok. Bunganya memiliki petal berwarna putih dan putik kuning.

Kandungan daun ajeran

Zat kimia yang terdapat dalam jintan, salah satunya yaitu fitosterin-B. Zat ini bersifat anti piretik, anti inflamasi, antiseptic, dan hemostatis. Rasanya agak aphit dan hambar. Antioksidan yang terdapat dalam jintan berasal dari asam klorogenat, asam caffeoylquinic, dan quercetin terutama pada akarnya.

Senyawa penting di dalam tanaman ini seperti centaurein, heptanyl, jacein, dan feenol. Ajeran juga mengandung zat lainnya seolah-olah saponin, minyak atsiri, zat pahit, alkalloid poliina, dan zat samak.


13 Manfaat Daun Ajeran Atau Jintan Bagi Kesehatan


Berbagai zat penting yang ada di dalam ajeran sangat berguna untuk melawan beberapa gangguan kesehatan. Nah, berikut ini yaitu khasiat jintan atau ajeran bagi kesehatan badan:

1. Mengatasi jerawat hepatitis


Panaskan 1 liter air, masukkan 120 gram daun ajeran dan biarkan hingga 375 ml air saja yang tersisa. Minum airnya untuk pagi dan malam hari.

2. Sebagai obat gatal-gatal (pruritis)

Rebus 100 gram daun jintan bersama seliter air. Caranya sama dengan ramuan untuk obat hepatitis.

3. Mengatasi radang usus buntu

Rebus 60 gram akar kemuning dan 70 gram daun jintan bersama 1 liter air. Selanjutnya tidak berbeda dari obat gatal.

4. Mengatasi iritasi mata

Caranya, basuh segenggam daun anjeran kemudian seduh dengan segelas air panas. Gunakan airnya untuk mencuci mata, ketika airnya masih hangat.

5. Mengobati selesma

Sediakan 3 gram daun ajeran, 2 gram daun poko, 200 mg babakan pule, dan 3 gram daun sembung. Haluskan semua bahan, seduh bersama 100 ml air panas. Minum dengan rutin hingga sembuh.

6. Mengobati sakit tenggorokan, influenza, dan demam

Cara membuat ramuan sama dengan obat untuk penyakit usus buntu, bedanya takaran bahan yang dipakai adalah 20 gram daun ajeran.

7. Mengobati sakit gigi

Jika anda mengalami masalah dengan gigi berlubang, tidak usah cemas dan panik. Cukup kunyah daun jintan sampai lembut, biarkan airnya meresap pada gigi yang berlubang.

8. Menghentikan diare (gastroenteritis)

Daun jintan juga efektif untuk mengatasi diare. Caranya, sama persis dengan racikan untuk mengatasi demam.

9. Mengobati luka bernanah, memar, atau tergigit ular

Daun ajeran ditumbuk hingga lumat, balurkan pada potongan kulit yang bermasalah. Rebusan daunnya mampu juga dipakai untuk membasuh luka.

10. Mengobati luka borok

Panaskan daun sornet dengan api kecil, tempelkan pada kulit yang timbul borok.

11. Mengobati wasir

Jintan efektif juga sebagai obat wasir atau ambeien. Cara memakai, sama seperti obat luka.

12. Sebagai obat malaria

Senyawa flavonoid dalam tanaman ajeran memiliki sifat anti-malaria. Sehingga efektif untuk melawan protozoa penyebab malaria.

13. Membantu mengobati diabetes

Pada penderita diabetes stadium awal, fitokimia dalam ajeran ternyata sangat membantu dalam menurunkan kadar gula darah secara signifikan.

Catatan

Anda dapat menambahkan madu murni ke dalam rebusan daun ajeran, untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pahit.

Penderita gangguan ginjal tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun ajeran.

Nah, itulah 13 manfaat daun ajeran atau jintan untuk kesehatan. Jika anda berminat, tanam saja tumbuhan ini di halaman rumah atau kebun. Mungkin anda belum mengetahui: 13 manfaat buah alkesa yang menakjubkan

Tampilkan Komentar