(Tips) 13 Manfaat Buah Alkesa Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 28, 2017
Buah alkesa juga dikenal dengan sebutan sawo mentega merupakan salah satu jenis buah yang langka untuk ketika ini. Buah yang punya warna kuning ini sarat dengan manfaat kesehatan. Tidak hanya enak sebagai dodol tetapi buah alkesa memang sangat menyehatkan tubuh, serta mampu digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

13 Manfaat Buah Alkesa Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan
Nama lain dari buah alkesa seakan-akan kesah, sawo ubi, alkesah, dan sawo walanda. Nama ilmiah dari buah alkesah ialah Pouteria campechiana, lantaran pertama kali ditemukan di kota Campeche, Meksiko. Sawo mentega dalam bahasa Inggris disebut canistel, yellow sapote, atau egg fruit. Mungkin karena bentuknya mirip dengan telur, juga warnanya.

Buah yang berasal dari Meksiko ini, kini mampu anda temukan di sekitar kota Bandung atau di sekeliling Ragunan. Pohonnya menjulang tinggi, dengan pepagan kelabu yang mengandung getah lateks. Warna daunnya adalah hijau mengkilap, dengan bunga hijau muda yang beraroma amis.

Buah sawo walanda berbentuk buni, dengan kulit luarnya yang tipis dan licin. Baunya sangat harum dan manis. Buah ini juga mempunyai biji dengan warna coklat.

Buah alkesah diperkaya dengan banyak sekali vitamin seolah-olah niasin, karoten, riboflavin, vitamin C, dan thiamin. Mineral dan nutrisi lain yang terdapat di dalamnya termasuk kalsium, karbohidrat, zat fosfor, dan kalori.


13 Manfaat Buah Alkesa Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan


Karena sarat dengan nutrisi penting di dalamnya, tentu saja membuat buah ini memiliki kegunaan untuk melawan aneka macam jenis penyakit. Nah, inilah manfaat dan khasiat buah sawo mentega untuk kesehatan:

1. Mendongkrak energi dan stamina tubuh


Gula alami dalam buah kesah akan diubah menjadi energi oleh tubuh kita. Ketika tubuh mengalami keletihan dan lelah, minumlah jus buah ini.

2. Menekan risiko kanker usus

Vitamin dalam buah alkesa bersifat antioksidan yang efektif dalam mencegah kanker. Senyawa penting di dalamnya turut menetralisir racun, virus, dan basil penyebab kanker usus. Manfaat ini dikuatkan dengan adanya serat yang melimpah dalam buah ini.

3. Sebagai minuman sehat

Jus alkesa dicampur susu bukan hanya cocok untuk bayi, tapi juga untuk semua orang yang ingin punya tubuh sehat. Sirup kanistel kini banyak ditemukan di banyak tempat.

4. Mencegah tulang keropos

Buah alkesa mengandung kalium yang berlimpah, yang berguna untuk pembentukan tulang yang sehat. Mineral ini sangat dibutuhkan khususnya bagi bawah umur pada kala pertumbuhan, juga pada usia lanjut.

5. Membantu pertumbuhan bayi

Di Sabah, sawo mentega sering dicampur dengan susu sebagai bubur untuk bayi. Paduan antara susu sapi dan alkesah merupakan kuliner sehat yang bergizi tinggi.

6. Menambah berat tubuh

Sawo mentega sangat cocok dikonsumsi bagi seseorang yang mempunyai tubuh terlalu kurus. Kenapa? Kalori dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Berikan pada anak anda, ketika mereka mengalami penurunan nafsu makan. Lebih detail: 15 Cara menambah berat tubuh dengan Cepat

7. Mendongkrak daya tahan tubuh

Antioksidan dalam alkesah berguna untuk melindungi tubuh anda dari berbagai serangan penyakit.

8. Melancarkan pencernaan

Sawo mentega kaya akan serat, yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini berguna untuk meringankan kerja usus dan organ cerna lainnya.

9. Mengobati radang verbal

Peradangan lisan yang dipicu oleh defisiensi vitamin C, dapat diatasi dengan cara alami. Cincang pucuk daun alkesa, lalu rebus bersama segelas air selama beberapa menit. Berkumur dengan airnya, untuk meredakan radang verbal.

10. Menghindarkan sembelit

Dengan konsumsi sawo mentega secara rutin mampu mencegah sembelit atau konstipasi, yang disebabkan oleh contoh makan tidak benar.

11. Melindungi kesehatan mata

Alkesa dilengkapi dengan karoten yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, serta mencegah penyakit mata.

12. Pereda panas dan diare

Di Kuba dan Mexico, kulit buah alkesah sering dipakai untuk menurunkan panas dan demam. Daun dan daging buahnya berguna untuk mengatasi diare. Caranya, parut buahnya yang masih muda kemudian peras dan saring untuk mengambil airnya. Campur sari tersebut dengan air hangat, minum di pagi dan sore hari.

13. Melawan bisul

Vitamin C yang berlimpah dalam sawo walanda dapat bertindak sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas, serta mencegah jerawat.

Nah, demikian 13 manfaat buah alkesa untuk kesehatan. Simak juga: 10 Manfaat buah berenuk bagi kesehatan. Tanaman sawo walanda dapat berbuah sepanjang tahunnya . Makara, sangat simpel didapatkan kapan saja. Cobalah menanam bijinya di ladang, jika anda termasuk pecinta tumbuhan.

Tampilkan Komentar