(Tips) 11 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 10, 2017
Mungkin anda bertanya ketika menuangkan air di atas daun talas, maka air tersebut tidak pernah meresap atau membasahi daunnya? Simpan saja pertanyaan itu, lantaran kita tidak akan membahasnya pada artikel kali ini. Tahukah anda, talas sering dipakai sebagai materi pudding oleh orang Cina? Fakta yang lebih mengejutkan bahwa daun talas memiliki gizi yang setara dengan bayam.

11 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan
Ubi talas kaya akan vitamin dan mineral penting, sehingga layak untuk dijadikan sebagai makanan. Tentunya nutrisi dalam talas memberikan kontribusi di dunia kesehatan dan kecantikan. Berbagai manfaat talas untuk pengobatan antara lain sebagai obat alami bagi penyakit radang kelenjar limfa, hipertensi, radang ginjal, bahkan kanker.

Daun talas sering juga disebut lompong, nama ilmiahnya ialah colocasia esculenta. Tanaman tales masih tergolong ke dalam keluarga araceae. Ukuran umbinya tidak jauh dari lobak, dengan kulit luarnya berwarna coklat dan dagingnya putih agak kekuningan sesuai jenis kultivar.

Kandungan gizi dalam talas

Ubi tales mengandung vitamin C dan karoten. Selain itu, tanaman ini juga dilengkapi dengan sederet nutrisi penting seolah-olah zat besi, asam askorbat, niacin, fosfor, riboflavin, tiamin, zinc, mangan, natrium, potassium, tembaga, vitamin C, Vitamin B1, piridoksin, dan serat.


11 Manfaat Ubi Talas Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan


Daun talas telah digunakan sebagai obat tradisional semenjak jaman keraton. Mulai dari penyakit asma, maag, gangguan bronchial, dan eksim, mampu diobati dengan menggunakan ramuan daun talas. Berikut ini yaitu beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan talas dan cara membuat ramuan dengannya:

1. Mencegah diabetes

Ubi talas kaya akan serat yang berkhasiat untuk mengontrol kadar glikemik, sehingga mencegah risiko diabetes. Baca juga: 7 cara mengobati kencing cantik dengan materi alami.

2. Sebagai sumber energi

Karbohidrat kompleks yang terdapat di dalam ubi talas merupakan sumber kalori, yang dapat diubah menjadi energi oleh tubuh kita. Kaprikornus, dapat dipakai sebagai makanan pokok selain nasi.

3. Baik untuk penglihatan

Umbi talas mengandung cryptoxanthin dan betakaroten, dimana keduanya merupakan antioksidan kuat. Antioksidan ini mencegah radikal bebas yang dapat memicu katarak atau degenerasi macula. Perlu dibaca: 6 cara alami mengobati katarak dan mata minus.

4. Mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi


Ubi talas mengandung kalium dalam jumlah tinggi, yang membantu untuk distribusi cairan sehat ke seluruh jaringan badan. Ini artinya, tekanan pada pembuluh darah mampu dikurangi sehingga jantung lebih sehat.

5. Melawan kanker

Ubi talas mempunyai sifat antioksidan yang berasal dari vitamin C, betakaroten, dan za fenolik lainnya. Antioksidan ini memiliki kegunaan untuk menagkal radikal bebas penyebab kanker. Zat lain yang tersimpan di dalamnya termasuk cryptoxanthin, yang mampu melawan kegiatan kanker verbal dan paru-paru.

6. Mengurangi nyeri otot dan sendi

Gaya hidup tidak sehat, termasuk contoh makan yang tidak benar dalam jangka panjang dapat mengakibatkan aneka macam kasus kesehatan. Salah satunya yaitu nyeri pada sendi dan otot. Atasi dengan cara tradisional, tumbuk umbi tales kemudian haluskan dengan blender. Tambahkan 2 sdt minyak wijen dan cuka beras putih, aduk hingga merata. Balurkan pada otot yang terasa sakit.

7. Menghentikan diare

Alangkah capai dan tersiksa ketika anda harus pergi ke toilet berulang-ulang dalam sehari, lantaran diare. Untuk menghentikan gangguan ini, potong-potong batang tales dan patikan kebo masing-masing 30 gram. Panaskan 3 gelas air dengan api kecil, masukkan materi yang telah disiapkan ke dalamnya. Biarkan airnya tertinggal segelas saja, minum di pagi dan petang.

8. Mengatasi radang ginjal

Pertama, kupas 500 gram ubi talas kemudian cuci dengan air dan jemur di bawah cahaya matahari. Setelah kering, disangrai kemudian tumbuk sampai menjelma abu. Ambil 2 sdm abu talas, seduh bersama segelas air hangat. Tambahkan gula aren, aduk sampai rata kemudian minum 2 kali dalam sehari.

9. Atasi biduran

Alergi terhadap udang rebus atau kuliner bahari lainnya, sering menyebabkan biduran. Nah, ada solusi terbaik untuk menanganinya. Siapkan 50 gram akar tales dan 150 gram iga sapi, basuh dengan air mengalir. Kukus keduanya selama 120 menit, lalu tunggu sampai airnya cuek. Minum airnya, makan daging sapi tersebut.

10. Obati disentri

Untuk mengatasi tanda-tanda disentri, panaskan 500 ml air kemudian masukkan 20 gram akar talas ke dalamnya. Tambahkan gula aren, tunggu hingga airnya menyusut 250 ml. Minum dikala airnya masih hangat.


Manfaat Ubi Talas Untuk Kecantikan


11. Mencegah penuaan dini

Umbi tales diperkaya dengan vitamin E dan betakaroten, dimana kedua vitamin ini berperan dalam regenerasi sel-sel kulit dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Menarik: 10 cara alami untuk mengatasi penuaan dini.

Peringatan

Ubi talas mengandung asam oksalat, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita rematik, asam urat, dan gangguan ginjal. Jika penderita penyakit tersebut tetap mengkonsumsinya, mampu menyebabkan penyakitnya lebih parah.

Nah, itulah 11 manfaat talas untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Anda mampu menyantap ubi ini dengan banyak sekali cara penyajian, direbus atau dalam bentuk keripik.

Tampilkan Komentar