(Tips) 11 Manfaat Daun Simpur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 26, 2017
Mungkin sedikit orang yang mengenak tanaman simpur. Padahal di kawasan tertentu, daunnya sering digunakan sebagai bungkus nasi. Nasi akan menjadi harum, kalau dibungkus dengan daun sempur. Tapi tahukah anda, tanaman perdu ini ternyata memiliki kegunaan untuk kesehatan kita? Ya, beberapa penyakit mampu diobati memakai kayu atau kepingan tanaman lainnya.

11 Manfaat Daun Simpur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Bunga simpur sering juga disebut sempur atau simpu, merupakan tumbuhan yang biasanya tumbuh di rawa atau dataran rendah yang banyak air. Ukuran batang pohon cukup besar, dengan tinggi tanaman mencapai sekitar 15 meter.

Pohon simpu mempunyai banyak cabang, yang mampu digunakan sebagai kayu bakar. Meskipun kuat, tapi kayu simpur biasanya bengkok. Jadi, jarang digunakan sebagai materi bangunan.

Kulit pohonnya tebal, retak-retak, warnanya coklat bercampur merah atau debu-abu. Kulit batang ini mengandung getah cair. Ukuran daunnya lebar, dengan tangkai bersayap tidak ada penopang.

Ciri-ciri tanaman simpur yang praktis dikenali yaitu bunganya yang tumbuh di ujung ranting, dengan sepal bulat berwarna hijau kekuningan. Mahkota bunga memiliki bentuk oval, dengan warna putih.

Ketika buahnya membuka, maka bentuknya ibarat dengan bintang. Rasa buah ini agak masam, tapi dapat dikonsumsi dengan kondusif.

Dalam bahasa latin, tanaman simpur disebut Dillenia indica masih tergolong keluarga dilleniaceae. Tumbuhan ini berasal dari Indonesia, kemudian menyebar ke segala penjuru dunia termasuk India dan Vietnam.


11 Manfaat Daun Simpur Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Banyak cara untuk mengobati penyakit tertentu, salah satunya memakai materi alami yang tersedia di sekitar kita. Demikian pula daun simpur, ternyata mampu dimanfaatkan untuk mencegah dan mengobati beberapa macam penyakit. Berikut ini adalah khasiat daun simpur untuk kesehatan badan:

1. Mengobati panas dalam


Tumbuhan dillenia indica juga efektif sebagai obat panas dalam. Kaprikornus, tak perlu cemas dikala gangguan kesehatan ini menyerang.

2. Mengontrol kadar gula darah

Simpur sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, sehingga kadar gula dalam darahnya tidak melonjak.

3. Mengatasi radang usus

Jika anda mengalami peradangan pada usus, atasi dengan tanaman simpur. Pengobatan dengan rutin mampu meredakan gangguan cerna yang satu ini.

4. Sebagai obat sariawan dan bibir kering

Salah satu tanda-tanda kekurangan vitamin C adalah timbulnya sariawan pada mulut. Nah, simpur merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kondisi buruk ini.

5. Membantu mengobati leukemia

Daun simpur bersifat anti-leukemia, sehingga sangat membantu dalam penyembuhan terhadap penyakit ini.

6. Mengobati diare dan demam

Dengan rutin minum jus simpur dapat meredakan diare, serta menurunkan demam pada anak kecil.

7. Meredakan rematik

Ekstrak sempur dapat mengurangi nyeri yang disebabkan oleh tanda-tanda rematik.

8. Mengobati penyakit kulit

Bunga simpur ternyata sanggup untuk mengatasi banyak sekali jenis penyakit kulit. Tentu saja, digunakan sebagai obar luar saja.

9. Sebagai obat flu dan pilek

Ekstrak kayu simpur dalam bentuk bubuk, memiliki kegunaan untuk meredakan gejala pilek dan gangguan pernafasan.


Manfaat Tanaman Simpur Untuk Kecantikan


10. Menghilangkan ketombe dan kutu rambut

Simpur dapat digunakan sebagai obat luar untuk membasmi ketombe dan kutu rambut.

11. Sebagai pencuci rambut

Kayu simpu juga mampu digunakan sebagai shampo untuk membersihkan rambut anda.

Cara menggunakan

Cukup dengan merebus kayu simpur, daun, atau bunganya bersama air secukupnya. Air ini mampu diminum sehabis cuek. Untuk takaran, silahkan konsultasi dengan herbalis di kota anda.

Nah, itulah 11 manfaat daun simpur untuk kesehatan badan. Mungkin masih banyak khasiat daun simpur lainnya, yang belum disebutkan. Anda dapat menambahkan di kolom komentar, sesuai pengalaman anda dengan tanaman ini. Simak juga: 14 manfaat daun saga bagi kesehatan dan kecantikan.

Tampilkan Komentar