(Tips) 10 Manfaat Jukut Pendul Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 18, 2017
hidup-sehat.serhamo.net - Bagi banyak orang, rumput merupakan tanaman yang tidak memiliki nilai lebih. Bahkan, sebagian orang menganggapnya sebagai gulma yang mengganggu tanaman lainnya. Tapi rumput yang satu ini berbeda. Kenapa dan apa karena? Ya, jukut pendul merupakan salah satu dari jenis rumput yang mempunyai manfaat kesehatan, disebabkan oleh minyak alami di dalamnya.

10 Manfaat Jukut Pendul Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan
Rumput pada umumnya dipakai sebagai pakan ternak saja. Namun fakta tersebut tidak berlaku untuk jukut pendul. Bukan sekedar rumput biasa, tanaman ini ternyata berkontribusi di dunia pengobatan.

Penyakit malaria mampu diobati memakai materi alami yang satu ini. Beberapa penyakit lain yang mampu diatasi oleh jukut pendul seperti sakit kuning, disentri, salesma, dan banyak lagi.

Rumput jukut pendul dalam bahasa ilmiah disebut cyperus brevifolis atau kyllinga brevifolia, masih tergolong ke dalam keluarga cyperaceae. Kerabat bersahabat dari tanaman ini yaitu rumput teki (cyperus rotundus). Nama lain dari jukut pendul adalah suket pendul.

Habitat suket pendul ialah ladang dan pematang sawah. Jadi, daunnya dapat tumbuh subur di tanah yang lembab dan banyak air. Mana lagi iklim tropis yang paling sesuai, kalau bukan Indonesia yang populer gemah ripah loh jinawi.

Ciri-ciri tanaman jukut pendul

Tinggi rumput ini dapat mencapai 20 cm, berbau harum. Corak daunnya bergaris, antara satu dengan lainnya saling berjauhan dan menuju ke tiga arah yang berlainan. Terkadang, daun kecil menyembul di sela-sela tiga daun besar.

Bunga suket pendul berwarna putih, bentuknya menyerupai bonggol. Bentuk buahnya bundar pipih dengan warna coklat terang. Akar tanaman mempunyai rimpang pendek, yang bertahan dikala cuaca panas dan kering.

Jukut pendul mengandung zat penting seperti minyak terbang. Efek farmakologis dari jukut pendul seperti diuretic, anti inflamasi, antipiretik, ekspektoran, dan antitusif. Tanaman ini berasa sedikit pedas dan netral.


10 Manfaat Jukut Pendul Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan


Meskipun kecil dan sekilas kurang berkhasiat, ternyata rumput pendul sarat akan manfaat kesehatan. Berikut ini yaitu beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh jukut pendul:

1. Malaria

Daun mimba diyakini mampu mengobati malaria, banyak mahir herbal yang menyarankan penggunaannya. Bahan alami lainnya yang tidak kalah ampuh untuk mengatasi penyakit ini yaitu suket pendul. Ambil 60 gram rumput ini, basuh hingga higienis. Tumbuk dan peras, untuk mengambil sarinya. Minum airnya secara rutin hingga gejala hilang.

2. Batuk rejan dan bronchitis


Selain memakai bunga ratna, bronchitis dan batuk rejan mampu diobati dengan rumput pendul. Cabut rumput kecil ini dan ambil 60 gram saja, basuh dengan air mengalir. Panaskan 3 gelas air, masukkan rumput ke dalamnya. Tunggu hingga air tertinggal segelas saja, biarkan cuek. Minum sesudah sarapan dan sesudah makan malam.

3. Urin berlemak

Untuk mengatasi kencing yang mengandung lemak, siapkan buah lengkeng (euphoria longan) dan jukut pendul. Masing-masing dengan dosis sama, yaitu 60 gram. Panaskan 500 ml air dengan api kecil, rebus keduanya. Angkat sesudah tersisa 250 ml air, minum ½ gelas di pagi dan petang.

4. Gatal pada kulit

Alergi pada kulit mampu diobati menggunakan materi alam. Cincang rumput pendul, lalu tumbuk sampai lumat. Peras untuk memperoleh airnya. Air ini dapat dikonsumsi secara eksklusif, sebagian dipakai untuk mencuci kulit yang bermasalah.

5. Disentri

Untuk meredakan disentri, cuci 45 gram rumput pendul yang masih segar. Olah bersama gula pasir dan sedikit air, dengan cara ditim. Masak selama 60 menit, angkat. Anda dapat mengkonsumsi airnya setiap pagi.

6. Radang verbal pada anak-anak

Jangan panik ketika anak anda mengalami peradangan pada ekspresinya. Ambil 30 gram akar dan batang tanaman jukut pendul, basuh kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Tambahkan madu, berikan minuman ini kepada anak anda.

7. Luka berdarah

Jukut pendul dapat juga digunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan luka berdarah. Tumbuk daunnya, kemudian terapkan pada luka. Biarkan selama 1 jam sebelum dibilas.

8. Rematik

Nyeri dan bengkak lantaran penyakit rematik, dapat dikurangi dengan minum air dari perasan teki pendul. Bahan yang dipakai adalah 50 gram tanaman ini.

9. Sakit perut disebabkan fatwa darah tidak lancar

Banyak faktor yang dapat memicu sakit perut, termasuk sirkulasi darah yang tidak lancar. Untuk mengatasi gangguan ini, minum air dari rebusan rumput pendul.

10. Sakit kuning

Limbah dari sel darah merah yang menumpuk dan tumpah, dapat menimbulkan penyakit kuning. Obat rumahan untuk penyakit ini, salah satunya yaitu suket pendul. Tumbuk atau rebus 50 gram bahan, minum airnya dengan rutin sampai gejala lenyap. Lebih lanjut, palajari: 6 cara mencegah dan mengatasi demam kuning.

Nah, itulah 10 manfaat rumput jukut pendul untuk kesehatan yang menakjubkan. Kini, sediakan lahan khusus untuk menanam tumbuhan ini. Atau temukan di area pedesaan, bila ingin segera mendapatkannya.

Tampilkan Komentar