(Tips) 10 Manfaat Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 05, 2017
Rangga dipa merupakan tumbuhan obat yang sanggup mengatasi aneka macam jenis penyakit dan masalah kesehatan. Mulai dari gangguan ringan seakan-akan influenza dan demam, hingga penyakit berat termasuk hernia dan TBC dapat diobati oleh tanaman ini. Mungkin anda sering melihat daun rangga dipa, tetapi belum mengenalnya lantaran ciri-cirinya tidak diketahui.

10 Manfaat Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan
Nama lain dari rangga dipa yaitu sekar petak, mungkin disebabkan bunganya yang berwarna putih. Sekar dalam bahasa jawa berarti bunga, sedangkan arti dari pethak yaitu putih. Apakah anda punya sebutan lain untuknya?

Nama ilmiah dari rangga dipa adalah Clerodendron indicum, tergolong ke dalam keluarga verbenaceae. Tanaman ini sering merambat di pagar, atau tumbuh liar di ladang dengan intensitas cahaya matahari yang cukup atau sedang. Rangga dipa mampu tumbuh subur di dataran rendah maupun tinggi, hingga 1,2 km di atas permukaan laut.


Tinggi tumbuhan perdu ini mampu mencapai 3 meter, dengan batang lingkaran dan warnanya ialah hijau. Pohonnya berongga dengan cabang yang simpodial. Daun rangga dipa berbentuk lanset, warnanya hijau dan mengkilap. Panjang daun ini mampu mencapai sekitar 15 cm, dengan lebar maksimal 4 cm.

Ciri-ciri tumbuhan

Bunga rangga dipa berbentuk payung, majemuk, dengan bentuk mahkotanya seperti tabung berwarna putih. Buahnya memiliki warna coklat, dengan biji kecil berwarna hitam.

Daun rangga dipa mengandung beberapa senyawa kimia seakan-akan alkkaloid, polifenol, dan saponin. Kulit pohon dan akarnya mengandung flavonoida dan saponin. Sedangkan akarnya saja menyimpan polifenol. Efek farmakologis dalam tumbuhan ini termasuk diuretik, sejuk, dan agak pahit.


10 Manfaat Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya


Berbagai zat kimia dalam daun dan kepingan tumbuhan lainnya, ternyata imbastif untuk mengobati sejumlah penyakit. Nah, inilah manfaat rangga dipa untuk kesehatan dan cara menciptakan ramuan dengannya:

1. Mengatasi sesak nafas dan asma

Penanganan pada penderita asma biasanya dilakukan dengan memakai alat bantu pernafasan, untuk memudahkan pengidap menerima asupan udara. Cara tradisional untuk mengatasi penyakit asma, salah satu ialah memakai metode penguapan dari daun rangga dipa. Baca juga: 10 cara mencegah asma dan pantangannya.

Pertama, basuh segenggam daun rangga dipa dengan air mengalir. Jemur di bawah cahaya matahari sampai daunnya menjadi kering. Pungut daun kering ini, gulung hingga berbentuk kerucut. Bakar ujung daunnya, hirup uap yang keluar dari ujung yang lain.

2. Mengatasi benjol balasan rematik atau terkilir

Nyeri dan rasa sakit karena penyakit rematik tentunya sangat mengganggu rutinitas sehari-hari. Demikian pula abuh pada kepingan badan akibat keseleo (terkilir). Nah, untuk mengurangi tanda-tanda ini, siapkan 12 gram daun rangga dipa. Cuci daunnya dengan air bersih, rebus dengan 700 ml air. Biarkan mendidih dan airny tertinggal 500 ml saja. Saring dan biarkan airnya menjadi acuh taacuh. Minum dengan teratur, hingga tanda-tanda hilang. Baca: 8 Cara mengobati rematik secara alami.


10 Manfaat Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya
3. Mengobati radang kandung kemih

Peradangan pada kandung dan terusan kemih dapat diobati dengan cara tradisional. Salah satunya dengan memakai rangga dipa. Ambil segenggam rumput pengecap ular dan rangga dipa, basuh dengan air yang mengalir. Rebus dua materi ini bersama 750 ml air hingga berkurang 500 ml. Saring dan minum larutan ini dengan rutin setiap hari, sampai sembuh.

Daun rangga dipa juga mampu digunakan sebagai obat luar, untuk mengatasi tanda-tanda rematik dan bengkak akhir keseleo. Tumbuk segenggam daunnya, hingga lembut. Terapkan pada bagian tubuh yang benjol.


Manfaat rangga dipa lainnya


Tanaman perdu ini juga berguna untuk meringankan beberapa gangguan kesehatan, termasuk penyakit di bawah ini:

  • Nyeri lantaran penyakit hernia
  • Demam
  • Nyeri pada rongga verbal
  • Influenza
  • Radang tenggorokan
  • Tuberculosis paru
  • Nyeri lambung

Nah, itulah 10 manfaat rangga dipa untuk kesehatan dan cara menciptakan ramuannya. Budidaya tumbuhan ini mampu menggunakan metode stek batang. Simak juga: 22 Manfaat daun Afrika bagi kesehatan dan kecantikan. Kini, anda makin sehat dengan bunga rangga dipa.

Tampilkan Komentar