(Tips) 10 Manfaat Daun Gandarusa Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 08, 2017
Kini daun gandarusa mulai dikenal oleh banyak orang. Tanaman perdu ini mempunyai beberapa dampak farmakologis, yang menciptakannya layak dimasukkan ke daftar tanaman obat-obatan. Manfaat daun gandarusa yang cukup fenomenal, salah satunya untuk melawan HIV penyebab AIDS. Tumbuhan semak ini juga dampaktif untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan dan penyakit, seolah-olah sakit mata, sakit kepala,eksim, dan banyak lagi.

10 Manfaat Daun Gandarusa Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan
Nama ilmiah dari gandarusa ialah Gendarussa vulgaris atau Justicia gendarussa Burm, tergolong ke dalam keluarga Acanthaceae. Warna pohonnya yaitu ungu pekat, dan akan bermetamorfosis coklat mengkilap dikala renta.

Bunga gandarusa berukuran kecil, dengan warna putih tersusun dalam malai dan mempunyai banyak rambut yang keluar dari ketiak daunnya. Bentuk buahnya ialah oval, dengan tangkai hitam atau hijau.

Gandarusa diperkaya dengan aneka macam zat kimia seakan-akan alkaaloida, minyak atsiri, justicin, dan mineral penting termasuk kalium. Tanaman gandarusa mempunyai sifat agak asam dan pedas.


10 Manfaat Daun Gandarusa Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan


Efek farmakologis dari gandarusa seperti anti rematik, melancarkan sirkulasi darah, dan lainnya. Anda dapat membuat racikan memakai gandarusa, untuk menangani aneka macam keluahan kesehatan dan penyakit tertentu. Berikut ini ialah manfaat dan khasiat daun gandarusa untuk kesehatan:

1. Mengurangi sakit kepala


Larutkan zat penting dalam daun gandarusa dengan merebusnya bersama air higienis, minum airnya di pagi dan malam hari. Segera ucapkan selamat tinggal kepada sakit kepala.

2. Meredakan nyeri

Sifat analgetik dalam gandarusa memiliki kegunaan untuk mengurangi nyeri pada kepingan tubuh, meskipun rasa daunnya agak pedas dan getir.

3. Sebagai obat sakit telinga

Sakit pada telinga mampu diatasi dengan pengobatan tradisional. Caranya, rebus segenggam daun gandarusa bersama air. Biarkan mendidih dan airnya berkurang setengah bagian. Setelah airnya acuh taacuh, teteskan ke lubang telinga yang terasa nyeri.

4. Mengatasi keluarnya urin

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun gandarusa setiap 2 hari sekali, mampu melancarkan susukan urin sehingga terhindari dari sulit kencing. Baca juga: 17 makanan yang mempunyai sifat diuretik.

5. Sebagai obat sakit mata

Infeksi basil pada mata, mampu menyebabkan penyakit belek (mata merah). Selain menggunakan air rebusan sirih merah, solusi lainnya dengan daun gandarusa. Kaprikornus, terapkan air rebusan gandarusa sebagai obat tetes mata.

6. Sebagai obat rematik

Nyeri dan abuh karena penyakit rematik mampu diobati dengan ramuan daun gandarusa. Rebus 30 gram daunnya bersama air secukupnya, minum airnya ketika masih hangat. Untuk menghilangkan nyeri, lumatkan daunnya lalu terapkan pada persendiaan tubuh yang sakit.

7. Mencegah kelumpuhan wajah

Air hasil rebusan daun gendarussa vulgaris, ternyata imbastif untuk melancarkan peredaran darah di wajah. Basahi wajah anda dengan airnya, pijat dengan lembut pada cuilan wajah yang terasa kaku.

8. Pereda demam

Penggunaan gandarusa sebagai obat luar dan dalam, mampu menurunkan demam dan panas pada penderita.

9. Sebagai obat luar untuk menyembuhkan luka di kulit

Daun gandarusa mampu dipakai sebagai obat luar, untuk mengatasi memar, infeksi, terkilir, bengkak, dan eksim. Cukup dengan menerapkan daunnya yang sudah ditumbuk halus, pada kulit yang bermasalah.

10. Mengatasi haid yang tidak lancar

Air yang diperoleh dari rebusan daun gandarusa dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga menstruasi lebih lancar dan teratur. Simak juga: 7 cara mengatasi nyeri haid secara alami.

Berbagai jenis tanaman obat ternyata tersedia, tidak jauh dari tempat tinggal kita. Jadi, kita hanya berusaha untuk mempelajari kegunaan dari setiap jenis tanaman tersebut.

Nah, itulah 10 manfaat daun gandarusa sebagai obat tradisional. Di setiap daerah, tanaman ini memiliki sebutan yang berbeda, seakan-akan andarusa, tetean, gandarisa, daun besi-besi, daun rusa, kisi-kisi, dan banyak lainnya. Orang Cina menyebut tanaman ini dengan Bo gu. Mungkin anda menyebutnya dengan nama lain?

Tampilkan Komentar