(Tips) 10 Manfaat Daruju Untuk Kesehatan dan Pengobatan Alami

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 13, 2017
Daruju mungkin terdengar abnormal di pendengaran kita, tetapi sangat populer di dunia pengobatan herbal. Tanaman semak ini punya kontribusi yang tidak mampu dibilang sedikit, di dunia kesehatan. Warna daun dan bunganya sangat menarik, ungu agak kebiruan. Di balik semua itu, akar daruju ternyata dampaktif sebagai materi alami untuk mengobati aneka macam jenis penyakit.

10 Manfaat Daruju Untuk Kesehatan dan Pengobatan Alami
Bagi anda yang belum mengenal tanaman satu ini, kita akan sedikit mempelajari ciri-cirinya. Nama latin dari daruju ialah acanthus ilicifolius, acanthus doloariu, dilivaria ilicifolia nees, dll. Tanaman ini mempunyai sebutan lain seolah-olah jeruju, uku-uku, lampes, lufe-lufe, lao shu le, dan sea holly. Mungkin di kawasan anda, ada penamaan lain untuk tumbuhan ini?

Tangkai daunnya berukuran pendek, dengan helaian daun yang memanjang dan ujungnya mempunyai duri tempel. Warna bunganya antara ungu dan biru, tersimpan dalam bulir yang tumbuh di ujung batang. Warna buah daruju adalah coklat gelap, dengan biji berbentuk seperti ginjal dan warnanya hitam.

Tanaman yang berasal dari melayu ini cocok untuk tumbuh di tanah yang lembab, dengan paparan cahaya matahari yang cukup. Tumbuhan ini banyak ditemukan di tanah berlumpur, rawa, pinggir sungai, atau pantai.

Apa saja kandungan jeruju?

Akar lampes mengandung asam amino dan flavone. Di dalam biji dan daunnya tersimpan beberapa senyawa kimia seolah-olah saponin, polifennol, dan flavonoida. Daun lampes juga mengandung minyak atsiri.

Efek farmokologis dari jeruju termasuk sebagai diaforetikum, anti-flogistik, ekspektorans, anti-neoplastik, dan pembersih darah.


10 Manfaat Daruju Untuk Kesehatan dan Pengobatan Alami


Tanaman yang masih penggalan dari keluarga acanthaceae ini, mempunyai sejumlah manfaat kesehatan. Sehingga dapat digunakan untuk memerangi berbagai penyakit dan macam kasus kesehatan. Nah, inilah manfaat daruju untuk pengobatan dan cara meramunya:

1. Meredakan stres

Haluskan 25 gram daun daruju ke dalam blender, tuangkan 3 tetes cuka. Saring dan minum airnya 2 kali dalam satu hari. Mungkin berkhasiat: 10 cara menghilangkan stres secara alami

2. Melawan kanker hati


Siapkan 75 gram akar kering dari daruju, dan 90 gram daging sapi non lemak. Panaskan 500 ml air dalam periuk tanah, masukkan kedua bahan ke dalamnya. Biarkan selama 6 jam, sehingga airnya tertinggal semangkuk saja. Saring dan tambahkan madu murni, minum ½ mangkuk airnya di pagi dan petang hari.

3. Obati luka sariawan

Remas daun lampes hingga lumat, terapkan pada luka akhir sariawan.

4. Menetralkan racun pada luka

Ambil akar lampes yang telah kering, kunyah hingga lembut. Terapkan pada luka, kemudian balut memakai kain kasa. Lakukan 3 kali dalam sehari.

5. Sebagai obat bisul

Siapkan 4 biji daruju, tumbuk atau giling hingga terbentuk serbuk halus. Seduh bersama secangkir air hangat, minum airnya.

6. Mengatasi gejala rematik

Haluskan 25 gram daun daruju menggunakan blender, tambahkan beberapa tetes cuka. Saring kemudian minum jus ini saat pagi dan sore dengan takaran sama. Baca juga: 8 cara mengobati rematik secara tradisional

7. Mengobati cacingan pada anak

Buatlah debu daruju dengan menumbuk 5 butir biji tanaman ini. Seduh bersama ½ cangkir air hangat, minum dengan segera. Ulangi pengobatan setiap hari selama 4 hari.

8. Sebagai obat batuk

Cuci 4 gram biji lampes dengan air mengalir, tumbuk. Rebus dengan segelas air selama ¼ jam, biarkan masbodoh. Minum dengan teratur setiap hari sampai batuk sembuh.

9. Meredakan sakit perut dan maag

Efek hambar dari daun daruju ternyata dampaktif sebagai pereda sakit perut, termasuk maag. Caranya, panaskan 250 ml air di atas kompor anda. Masukkan 5 lembar daun uku-uku, biarkan hingga mendidih selama beberapa ketika. Airnya mampu dikonsumsi dikala pagi sehabis sarapan.

10. Mengobati penyakit liver

Hepatitis akut maupun kronis mampu diobati dengan cara tradisional. Panaskan 1 liter air dengan api kecil, masukkan 50 gram akar jeruju ke dalamnya. Angkat sesudah airnya menyusut ½ liter. Air ini mampu dikonsumsi di pagi dan sebelum tidur malam. Perbanyak minum air putih selama pengobatan. Simak juga: Ramuan herbal untuk mengobati penyakit Liver

Nah, itulah 10 manfaat daruju untuk kesehatan dan pengobatan. Silahkan mencoba untuk menanamnya di pekarangan, mungkin saja tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Jaga kelembaban tanah dan atur pencahayaan yang sempurna.

Tampilkan Komentar