(Tips) 10 Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 27, 2017
hidup-sehat.serhamo.net - Buah berenuk sangat identik dengan sebuah kabupaten di Jawa Timur, yaitu Mojokerto. Memang tidak mampu dipungkiri sih, bahwa buah pahit ini telah menjadi maskot bagi tempat ini. Jika anda melihat bentuk buah ini, mungkin anda akan menyangka sebagai buah maja dalam ukuran jumbo. Keduanya selalu dikaitkan dengan sejarah ihwal kerajaan lama yang berjulukan Majapahit.

10 Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Terlepas benar atau tidaknya perihal kekerabatan antara buah berenuk dengan sebuah nama kerajaan kuno, pastinya buah ini punya donasi di dunia kesehatan dan kecantikan.  Jika nama ilmiah dari buah maja ialah Aegle marmelos, maka berenuk punya nama latin Crescentia cujete atau C acuminata. Makara, keduanya benar-benar tidak sama.

Mari kita mengenal tanaman berenuk lebih akrab. Tumbuhan ini masih tergolong ke dalam keluarga Bignoniaceae, dalam bahasa Inggris tanaman ini disebut Calabash tree. Nama lain dari berenuk ialah bila balanda. Pohonnya berwarna putih kehitaman, dengan cabang simpodial. Tumbuhan ini mempunyai sepal berbentuk corong, sedangkan buahnya berbentuk buni.

Kandungan berenuk

Beberapa zat kimia yang tersimpan dalam tanaman berenuk seperti saponin, flavonoida, dan poliifenol. Daun dan buahnya mengandung vitamin C, niasin, tannin, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin E, dan karbohidrat. Buah berenuk juga mengandung mineral penting seolah-olah kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor.


10 Manfaat Buah Berenuk Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Adanya vitamin dan nutrisi penting di dalamnya, membuat buah berenuk berguna untuk mengatasi beberapa macam penyakit muali ringan sampai berat. Nah, inilah khasiat buah pahit ini:

1. Penurun hipertensi

Akar pohon berenuk berguna juga untuk mengontrol tekanan darah, serta mampu menenangkan jantung berdebar. Pelajari juga: 8 kuliner pantangan bagi penderita darah tinggi

2. Sebagai obat radang lambung

Dengan rutin makan buahnya, dapat mencegah gangguan pencernaan dan perkara terkait seperti lambung benjol. Anda juga mampu mendapatkan manfaat ini dengan minum rebusan dari daunnya.

3. Mendongkrak imunitas


Polifennol dalam buah berenuk memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh anda dari efek radikal bebas. Adanya zat ini sangat menguntungkan bagi kekebalan tubuh pada seseorang.

4. Pereda diare

Untuk menghentikan diare, salah satu caranya dengan makan buah berenuk. Khasiat ini berasal dari dampak pencahar dari buah ini. Caranya, cukup dengan minum segelas jus berenuk beserta bijinya.

5. Menghindari sembelit

Masalah sembelit atau dyssuria mampu diatasi dengan minum air rebusan dari buah dan daun berenuk.

6. Penurun demam

Suhu tubuh yang meningkat secara drastis, sangat mungkin disebabkan oleh bengkak virus. Untuk menurunkan demam dan panas pada anak, cukup minum jus buah berenuk. Hal ini disebabkan sifat antipiretik yang terdapat di dalamnya.

7. Mengobati kulit gatal

Untuk meredakan gatal pada kulit, balurkan daun berenuk yang telah dilumatkan dan dicampur dengan kapur sirih.

8. Pereda nyeri rematik

Di balik rasanya yang pahit, buah berenuk memiliki sifat antirematik. Penderita rematik dapat mengkonsumsi buah ini, saat tanda-tanda nyeri dan benjol mulai menyerang.

9. Mengatasi gangguan pernafasan

Buah berenuk berguna untuk meringankan gangguan pada jalan masuk nafas, seolah-olah flu, pilek, asma, dan bronchitis. Cara menggunakannya, seduh akar dan daunnya ke dalam segelas air panas. Minum dikala air masih hangat.


Manfaat Buah Berenuk Untuk Kecantikan


Bukan hanya berguna untuk mengobati sejumlah penyakit, ternyata tanaman berenuk juga punya andil di dunia kecantikan.

10. Mengontrol berat tubuh

Dengan rutin makan buah berenuk, maka perkara kegemukan mampu dicegah. Hal ini karena nutrisi di dalamnya bekerja untuk membakar lemak tubuh.

Nah, mungkin itulah sedikit ulasan mengenai 10 manfaat buah berenuk untuk kesehatan dan kecantikan. Anda dapat menanamnya sebagai bunga hias atau pagar hidup. Perlu dibaca: 17 Manfaat Bligo atau Kundur bagi kecantikan.

Tampilkan Komentar