Manfaat Pegagan Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 14, 2017
Manfaat pegagan untuk kulit memang fenomenal, begitu juga untuk kesehatan badan secara menyeluruh. Pegagan (Centella asiatica) sering digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, terkait nutrisi di dalamnya. Pegagan merupakan tanaman liar yang memiliki variasi warna yaitu merah dan hijau.

Tanaman ini mudah tumbuh di ladang, pematang sawah, dan sebagainya. Tanaman yang masih tergolong dalam keluarga Umbelliferae ini mempunyai nama lain ialah antanan atau daun kaki kuda.


Fakta Gizi Pegagan

Tanaman centella mempunyai aneka macam senyawa kimia seperti asiaticoside, isothankuniside, thankuniside, madecassoside, brahminoside, brahmoside, brahmic acid, meso-inositol, madasiatic acid, carotenoids, dan centellose.

Mineral yang ada di dalamnya termasuk kalium, natrium, vellarine magnesium, zat besi, kalsium, dan zat samak.


Manfaat Pegagan Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan


Anda mungkin merasa penasaran dengan manfaat daun pegagan yang sering dibicarakan oleh banyak orang. Berikut manfaat tumbuhan yang tumbuh dengan menjalar ini:

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Pharmaceutical Sciences pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa sifat farmakologi pada pegagan dampaktif untuk mempercepat penyembuhan luka.

2. Meredakan Depresi


Uji coba Mengenai efek pegagan terhadap 33 partisipan pernah dilakukan oleh The Nepal Medical College Journal di India. Dalam studi ini menemukan bahwa pegagan mampu mengurangi kecemasan secara signifikan.

3. Melawan Sel Kanker

Penelitian terhadap imbastifitas sitotoksik dan antioksidan dari ekstrak pegagan pernah juga diadakan di Brasil. Studi ini juga memperhatikan efek dari fenolat dan flavonoid yang terdapat dalam pegagan. International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2009, mengumumkan bahwa ekstrak pegagan memperlihatkan kemampuan untuk mematikan kanker glioma.

4. Menyehatkan Otak

Sebuah penelitian terhadap 30 pasien anak-anak yang mengalami keterbelakangan mental, menunjukkan adanya kemajuan yang signifikan setelah mengkonsumsi ramuan pegagan selama 3 bulan.

Orang akil balig cukup akal yang mengkonsumsi pegagan dengan rutin, akan membantu untuk menguatkan kinerja otak, daya ingat, dan mengatasi kelelahan. Bagi bawah umur, pegagan bermanfaat untuk stimulasi otak, sehingga lebih praktis untuk konsentrasi. Tanaman antanan juga memiliki dampak menenangkan saraf yang overaktif.

5. Mencegah Keloid

Asiatosida dalam pegagan pengaruhtif untuk memperbaiki sel-sel kulit, jaringan ikat, serta mendukung pertumbuhan kuku dan rambut yang sehat. Saponin di dalam centella sanggup menghipnotis kolagen, sehingga mampu menghambat ekspansi jaringan bekas luka seakan-akan keloid. Baca: 11 Cara Menghilangkan Keloid Dengan Cepat.

Manfaat Pegagan lainnya

Pegagan telah dikenal sebagai tanaman obat oleh masyarakat India dan Malaysia, sejak ribuan tahun yang lalu. Pegagan diyakini sanggup mendongkrak daya tahan tubuh, pembersih darah, dan melancarkan sekresi urin.

Daun antanan juga pengaruhtif dalam pengobatan terhadap luka bakar, skleroderma, lupus, sirosis hati, dan gangguan pembuluh vena. Tanaman ini mampu dikonsumsi sebagai jus sayur yang bermanfaat untuk meningkatkan pedoman darah, salah urat, dan mencegah varises.

Efek Samping Dari Pegagan

Meskipun kaya akan manfaat kesehatan, daun pegagan dapat menyebabkan imbas samping seakan-akan berikut ini:

Bagi penderita hepatitis

Penderita penyakit hati seakan-akan hepatitis sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, sebelum memakai pegagan. Karena banyak orang merasa khawatir mengenai hal ini.

Bagi wanita hamil dan menyusui

Wanita hamil dibolehkan untuk menerapkan pegagan pada kulit mereka. Namun sebaiknya hindari mengkonsumsi daun pegagan secara eksklusif. Karena belum ada bukti kuat yang memperlihatkan keamanan centella bagi ibu hamil.

Bagi pasien operasi bedah

Zat dalam daun pegagan mampu menyebabkan rasa kantuk, bila dikonsumsi terlalu banyak. Hindari mengkonsumsi pegagan setidaknya dua minggu sebelum menjalani operasi bedah.

Itulah manfaat daun pegagan dan pengaruh sampingnya. Tanaman obat ini banyak tumbuh di pinggir sungai dengan menjalar. Simak juga: 9 Khasiat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Yang Tak Terduga. Kenali dengan detail dan teliti, sebelum memakai daunnya.

foto via imujer.com

Tampilkan Komentar