Arti 7 Warna Lidah Bagi Kesehatan Anda (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 25, 2017
Pernahkah anda heran ketika dokter menyuruh untuk membuka mulut dan menjulurkan pengecap? Dokter sebetulnya ingin mengetahui warna lidah anda dikala sakit. Ternyata warna lidah dapat menjadi indikator kondisi kesehatan.

Arti 7 Warna Lidah Bagi Kesehatan Anda
Lidah ialah gabungan otot yang kaya akan pembuluh darah, sehingga ketika terjadi perubahan tekstur, kelembaban, dan warna padanya memperlihatkan adanya kasus kesehatan anda.

Jadi, pengecap merupakan salah satu pendeteksi adanya penyakit dalam badan. Bahkan, jauh hari sebelum adanya pengobatan modern, orang-orang Cina kuno telah mengetahui fakta kesehatan ini.

Lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda atau pink. Hanya sedikit saja yang memiliki lidah berpola geometris merah-putih. Dalam kondisi normal, lidah yang memiliki banyak pembuluh darah dan selalu lembap oleh air liur, akan tetap bersih sehingga terhindar dari pertumbuhan basil berbahaya.


Arti 7 Warna Lidah Bagi Kesehatan Anda


Meskipun pada umumnya warna lidah yaitu pink, adanya gangguan kesehatan mampu mengubah warnanya menjadi merah, ungu, kuning, hitam, coklat, atau putih. Berikut arti warna pengecap terhadap kondisi kesehatan badan.

1. Lidah berwarna Merah

Ketika suhu badan melonjak, maka papila akan membengkak sehingga pengecap terlihat berwarna merah. Perubahan warna ini mungkin juga disebabkan oleh demam berdarah, kekurangan folat, kekurangan vitamin B3 dan B12, atau akibat Sindrom Kawasaki. Untuk mengatasi gangguan ini, cukupi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Baca juga: 12 Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 Tertinggi.

Namun, perubahan warna pengecap yang disertai nyeri dan bengkak sehingga sulit untuk makan atau berbicara mungkin sebagai membuktikan glossitis, yaitu peradangan akhir abses, dehidrasi, reaksi alergi, dan lainnya. Untuk memastikannya, periksakan ke dokter.

2. Lidah Berwarna Ungu


Mengkonsumsi makanan cuek dapat menyebabkan lidah menjadi berwarna ungu. Namun, warna ungu pada pengecap juga mampu menunjukkan adanya bronkitis kronis maupun kadar kolesterol yang tinggi. Untuk mengatasi kasus ini, perbanyak makan bawang putih dan jahe.

Lidah ungu juga menjadi indikasi terjadinya demam dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Jika warna ungu merata pada lidah, maka memperlihatkan organ badan pecahan dalam mengalami panas berlebih. Mungkin saja perubahan ini akibat penyakit liver. Simak juga: Ramuan Herbal Untuk Mengobati Penyakit Liver.

3. Lidah Berwarna Kuning

Warna kuning pada pengecap dapat menunjukkan adanya pembentukan ragi atau infeksi basil. Jika warnanya bercampur dengan hijau, maka jerawat kuman telah parah. Secara umum, warna kuning pada pengecap merupakan indikasi panas tubuh yang berlebihan. Faktor penyebab yang paling umum yaitu nikotin, kuliner pedas, atau imbas stres yang berlarut-larut.


4. Lidah Coklat

Salah satu tanda awal dari kanker kulit yang disebut melanoma yaitu perubahan warna lidah menjadi kecoklatan. Jika warnanya semakin gelap, segera konsultasi dengan dokter.

5. Lidah berwarna Biru

Warna biru pada lidah timbul sebagai akibat darah yang hambar atau pemikiran sangat lambat. Ketika warna biru bercampur ungu, artinya kondisi jelek ini makin parah.

6. Lidah Hitam

Waspada ketika warna pengecap berkembang menjadi hitam. Perubahan warna ini bisa dipicu oleh gejala diabetes, penggunaan antibiotik, atau kesehatan ekspresi yang jelek. Kemungkinan paling ringan yaitu kuman yang terjebak di pengecap, sehingga menyebabkan bercak hitam.

7. Bercak Putih Pada Lidah

Penyebab lidah timbul bercak putih adalah sariawan, dehidrasi, bisul jamur oral, atau leukoplakia (sel-sel permukaan lidah tumbuh secara berlebih). Perbanyak minum air dan jaga kebersihan verbal anda, untuk mengatasi masalah ini.

Lidah berwarna putih juga sering menjadi menunjukan gejala tipus, flu, gangguan pada akses cerna, atau anemia. Jika bercak putih tidak tebal, memperlihatkan tubuh kekurangan darah.

Warna pucat dan timbul lapisan lemak, artinya badan mengalami kedinginan atau tanda-tanda flu. Hati-hati terhadap bercak putih yang tebal, mungkin kondisi ini akibat gangguan reproduksi.

Jika bercak putih tidak segera hilang selama 2 minggu, segera periksakan diri ke dokter. Bercak putih yang tidak hilang selama sebulan lebih dapat menunjukkan adanya kanker berbahaya. Pelajari: 6 Cara Cepat Menghilangkan Noda Putih Di Lidah.

Itulah arti 7 warna lidah terhadap kondisi kesehatan. Pelajari dan kenali tanda-tanda ini sejak dini, untuk mencegah berbagai perkara kesehatan yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat untuk semua pembaca.

ilustrasi foto via sleeppro

Tampilkan Komentar