9 Cara Cepat Menghaluskan Telapak Tangan Kasar (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 30, 2017
Setiap perempuan tentu ingin memiliki telapak tangan yang halus dan lembut. Jadi, bukan hanya wajah dan tangan saja yang terlihat bersih dan halus. Bayangkan saja, ketika anda harus bersalaman dengan banyak sahabat di sebuah acara, dengan telapak tangan yang bernafsu. Tentu situasi ini membuat anda merasa sangat aib dan hilang rasa percaya diri. Inilah ilustrasi wanita, yang selalu mengutamakan penampilan.

Faktor Penyebab Telapak Tangan Kasar

Untuk mengetahui cara menghaluskan telapak tangan yang kasar, anda harus memahami faktor penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab telapak tangan menjadi agresif atau kapalan:

Gesekan dengan benda keras

Jika anda ialah seorang pekerja berat, maka wajar mempunyai telapak tangan yang berangasan. Atau mungkin kebiasaan menyetir tanpa sarung tangan juga mampu menjadi faktor penyebab.

Alergi deterjen

Bahan kimia di dalam deterjen, mampu menimbulkan alergi pada kulit. Hal ini biasanya terjadi pada kulit yang sensitif. Jika anda mempunyai tipe kulit ini, sebaiknya hindari bersentuhan eksklusif dengan deterjen.

Jarang minum air

Dehidrasi mampu menyebabkan kulit menjadi kering, termasuk kulit tangan. Kulit kering rentan dengan kondisi keriput dan garang. Perbanyak minum air putih, sekitar 8 gelas per hari.


9 Cara Cepat Menghaluskan Telapak Tangan Kasar


Jika anda adalah pemilik telapak tangan yang bernafsu, jangan terlalu panik. Cobalah menggunakan sejumlah bahan alami yang sanggup mengatasi telapak tangan yang bernafsu, seperti berikut ini:

1. Scrub Bubuk Kopi

Ampas kopi ternyata cukup dampaktif sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati, termasuk pada telapak tangan yang mengeras. Caranya dengan menggosokkan debu kopi yang telah dicampur dengan sedikit air, pada telapak tangan terutama pada bagian yang garang. Biarkan selama 5 menit biar materi ini meresap dalam kulit, kemudian bilas dengan air yang mengalir.

2. Gunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis sering dipakai untuk perawatan kulit. Air perasan jeruk nipis ternyata mampu untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada telapak tangan, sehingga membuat kulit menjadi halus kembali.

Cara memakai: Gosokkan irisan jeruk nipis pada telapak tangan secara merata. Biarkan airnya mengering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari dengan rutin.

3. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mampu untuk menghaluskan permukaan kulit yang bergairah atau kapalan. Pilih minyak kelapa yang tidak berbau menyengat. Gosokkan minyak kelapa pada telapak tangan anda sambil memijatnya dengan lembut, biarkan selama 15 menit.

Bilas dengan air hambar, tanpa menggunakan sabun. Biarkan sisa minyak melekat pada telapak tangan, karena nutrisi di dalamnya mampu menghaluskan telapak tangan. Lakukan perawatan alami ini setiap hari, sebelum tidur malam.

4. Gunakan Air Garam

Garam juga dapat digunakan sebagai scrub bagi telapak tangan yang kasar dan kapalan. Untuk menghaluskan telapak tangan, tuangkan garam ke dalam wadah berisi air hangat.


Rendam telapak tangan ke dalamnya, sambil menggosoknya selama beberapa menit. Bilas tangan dengan air masbodoh, gunakan handuk untuk mengeringkan. Terapkan lotion pelembab pada telapak tangan, untuk meredakan pengaruh kekeringan. Lakukan perawatan ini minimal tiga kali dalam seminggu.

5. Gunakan Lidah Buaya

Telapak tangan yang kapalan dapat diobati dengan gel lidah buaya. Cukup dengan mengoleskan gel pengecap buaya pada telapak tangan yang berangasan dan kapalan, biarkan gel menjadi kering di telapak tangan. Cuci tangan dengan air bersih, sesudah perawatan.

6. Gunakan Kentang

Untuk mengatasi telapak tangan yang berangasan, cobalah perawatan dengan kentang. Pertama kupas kentang, kemudian parut. Gosokkan parutan kentang secara merata pada telapak tangan anda. Tunggu selama 20 menit, kemudian bilas dengan jus lemon. Lakukan perawatan ini selama 2 ahad, untuk membuat telapak tangan halus dan lembut.

7. Gunakan Daun Pepaya

Daun pepaya ternyata efektif untuk menutrisi, menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit. Untuk melembutkan telapak tangan, gosokan daun pepaya muda pada telapak tangan hingga lumat. Biarkan selama 5 menit, sebelum dibilas.

8. Gula dan Madu

Gula yang dicampur dengan madu mampu memiliki kegunaan sebagai scrub untuk pengelupasan sel kulit mati pada telapak tangan. Tambahkan sedikit air untuk memudahkan perawatan. Gosok dan pijat telapak tangan dengan adonan kedua materi ini. Dengan perawatan teratur, maka telapak tangan menjadi halus tanpa adanya kapalan.

9. Susu Cair

Susu tidak hanya menguatkan tulang, tetapi juga mampu mengembalikan kelembutan telapak tangan yang bernafsu. Susu cair adalah pelembab alami bagi kulit. Untuk melembutkan telapak tangan yang bernafsu, rendam tangan anda ke dalam wadah berisi susu cair hangat selama 15 menit. Jangan lupa untuk mencuci tangan, sesudah akhir.

Nah, itulah 9 cara cepat menghaluskan telapak tangan yang agresif dan kapalan secara alami. Coba metode alami di atas, untuk membuktikan kesudahannya. Perbanyak mengkonsumsi kuliner yang mengandung banyak gizi. Karena kulit pun butuh nutrisi untuk menjaga kelembutannya. Baca juga artikel perihal 5 Kesalahan Perawatan Kecantikan Yang Justru Merusak Kulit.

foto via livestrong

Tampilkan Komentar