8 Cara Efektif Menghilangkan Gagap Secara Alami (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 22, 2017
Banyak orang ingin tau dengan penyebab gagap dan cara menghilangkannya. Gagap (stuttering) sebenarnya tidak terkait dengan tingkat kecerdasan seseorang. Penderita gagap umumnya minder dan cenderung pendiam. Bagaimana pun, kasus ini harus ditangani dengan cepat dan tepat supaya lebih fasih berbicara.

8 Cara Efektif Menghilangkan Gagap Secara Alami
Sebagian orang menganggap kata-kata yang keluar dari ekspresi penderita gagap, sebagai hal yang lucu. Sebagian lainnya justru merasa murung dan terganggu dengan artikulasi dan suku kata yang diulang-ulang saat mereka bicara.

Bagaimana tidak, ketika sedang menyimak kalimat yang akan diucapkan oleh orang gagap, tiba-tiba terputus kemudian diulang.

Jika anda mempunyai teman yang gagap, tentu anda sering mengejan saat mendengar apa yang akan ia ucapkan. Namun, tahan emosi anda karena ia tidak bermaksud untuk menguji kesabaran anda.

Penyebab Gagap

Dr. Nathan Lavid pertanda bahwa penderita gagap mengalami kesulitan untuk bicara, disebabkan otak mereka terlalu usang untuk memproses bahasa. Umumnya mereka mulai bicara, sebelum proses otak tamat untuk mendikte kata-kata. Beberapa faktor penyebab gagap seperti berikut ini:

Faktor Keturunan

Gagap dapat disebabkan oleh faktor genetik sampai sebesar 60%. Jika anda mempunyai riwayat keluarga yang gagap, maka anda pun cenderung mengalami hal yang sama.

Trauma di era lalu

Kejadian pada kala kemudian yang menciptakan seseorang menjadi tertekan jikalau mengingatnya, dapat berdampak negatif bagi memori. Masalah ini dapat berakibat gagap.

Ketakutan

Gagap juga dapat dialami oleh seseorang akhir takut yang berlebihan, panik, dan khawatir. Misalnya pada orang yang merasa terancam, sehingga fikirannya tidak hening.

Akibat stres berat

Reaksi berlebihan terhadap suatu peristiwa yang traumatis mampu memicu bicara gagap. Kondisi psikologis yang terganggu mampu menyebabkan kesulitan bicara.


8 Cara Efektif Menghilangkan Gagap Secara Alami


Semua orang yang gagap tentu ini menghilangkan gangguan bicara ini dengan cepat. Namun faktanya tidak bisa seolah-olah itu. Untuk mengatasi gagap dibutuhkan proses yang tidak singkat, karena masalah ini juga tidak sederhana. Berikut beberapa cara mengatasi gagap yang efektif:

1. Berpikir positif


Berikan motivasi pada diri sendiri. Anggaplah bahwa ada jutaan orang gagap yang telah sembuh. Yakinkan diri anda dan tingkatkan semangat anda untuk memperoleh kesembuhan.

2. Atasi faktor penyebabnya

Jika gagap disebabkan oleh stres, maka cari solusi untuk mengatasi stres tersebut. Jika penderita gagap mempunyai masalah pada masa kecil yang belum diselesaikan, segera cari cara untuk menuntaskan perkaranya.

3. Biasakan bicara dengan suara lantang

Suara keras bagi orang gagap merupakan energi faktual. Kebiasaan berbicara lantang dapat mengatasi kasus gagap, meningkatkan fokus bicara, dan memperbaiki kosakata. Tenangkan fikiran anda, dan yakinkan diri anda.

4. Merangkai kata-kata


Berfikir dengan perlahan mengenai kata-kata yang akan diucapkan. Utarakan kata-kata yang telah dirangkai dalam otak.

5. Jangan menjadi pendiam

Gagap menciptakan penderita sulit untuk komunikasi. Bagi penderita gagap, lebih baik dianggap bawel daripada pendiam. Kebiasaan bawel akan meningkatkan rasa percaya diri ketika berbicara di depan orang lain.

6. Latihan Bernyanyi

Salah satu metode untuk mengatasi gagap ialah menyanyikan sebuah lagu yang bagus. Dengan mengikuti lirik lagu, tidak perlu banyak berfikir. Dengan bernyanyi, tempo bicara anda akan menjadi lebih baik.

7. Kunjungi seorang terapis

Seorang terapis memiliki lebih banyak pengalaman untuk mengatasi gangguan bicara seakan-akan gagap. Terkadang gagap tidak dapat diatasi oleh diri sendiri, jadi memerlukan kontribusi orang lain yang mahir.

8. Dengan metode akupuntur

Terapi akupuntur dilakukan dengan menusukkan jarum pada titik yang memacu kemampuan bicara. Umumnya pada area wajah, leher, dan mulut. Cara ini harus dikerjakan oleh seorang terapis yang jago di bidangnya.

Itulah 8 Cara Efektif Menghilangkan Gagap Secara Alami. Di luar faktor genetik, masalah ini cenderung berhubungan dengan kondisi psikis pada seseorang. Dengan metode yang telah disebutkan, agar gagap segera sembuh secara total. Simak juga artikel sebelumnya mengenai 11 Cara Cepat Menghilangkan Cegukan Yang Jarang Diketahui.

ilustrasi foto via stuff.co.nz

Tampilkan Komentar