4 Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi Dan Pengobatan (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 27, 2017
hidup-sehat.serhamo.net dengan siwak – Mungkin anda bertanya kenapa orang dulu menyikat giginya dengan siwak? Apa manfaat siwak bagi kesehatan, yang membuat mereka tidak mau menggantinya dengan sikat biasa? Tentu saja alasannya ialah sikat gigi belum ada dikala itu. Anggap saja jawaban anda ialah benar, meskipun itu bukan balasan yang tepat.

4 Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi Dan Pengobatan
Siwak atau Miswak didapatkan dari ranting dan akar pohon salvadora persica yang sering dipakai untuk membersihkan gigi, lisan, dan gusi. Pohon walnut dan zaitun juga mampu digunakan untuk menggosok gigi, namun siwak lebih pengaruhtif.

Rekomendasi oleh WHO pada tahun 2000, untuk menggunakan siwak sebagai pembersih gigi. Bahkan, Ramli Mohammed Diabi telah meneliti perihal manfaat siwak bagi kesehatan, selama 17 tahun. Menurutnya, siwak juga mampu untuk menghilangkan efek jelek yang ditimbulkan oleh nikotin.

Kini, perusahaan internasional seperti Wrigley mencampurkan siwak dalam permen yang diproduksinya. Siwak mempunyai pengaruhtifitas untuk membunuh bakteri dan sebagai pembersih gigi. US National Library juga mengungkap fakta, bahwa siwak lebih dampaktif dari sikat gigi biasa dalam mengurangi  plak dan radang gusi.

Kandungan Kimiawi dalam Siwak

Siwak mengandung banyak mineral dan senyawa penting seolah-olah fluoride, klorida, sodium bicarbonat, pottasium, welirang, silika, vitamin C, salvadorine, tannin, trimethyl amine, dan lainnya. Semua nutrisi di dalamnya efektif dalam memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Inilah alasan ekstrak siwak sering dipakai sebagai pasta gigi.


4 Manfaat Siwak Bagi Kesehatan Gigi Dan Pengobatan


1. Menghilangkan Bau Mulut

Siwak mengandung minyak aroma alami yang sanggup mengharumkan busuk lisan dan menghilangkan bau tak sedap.

2. Menyehatkan Gusi


Siwak diperkaya dengan zat antibakteri seolah-olah abrasive dan astringent, yang berkhasiat untuk membunuh bakteri dan menghentikan gusi berdarah.

Minyak aroma alami dalam siwak bertindak sebagai antiseptik yang mampu mencegah gangguan gusi akibat plak. Plak ialah penyebab utama gigi keropos, yang pada balasannya tanggal secara prematur. Miswak juga dilengkapi dengan vitamin C dan trimetilamin yang membantu pemulihan jaringan gusi.

3. Membersihkan Gigi dan Mulut

Siwak memiliki anti decay agent yang sanggup meningkatkan produksi air liur (saliva), sehingga mengurangi basil di lisan dan mencegah proses pembusukan sisa-sisa makanan. Produksi saliva yang memadai, akan menciptakan lisan lebih bersih.

4. Memutihkan Gigi

Klorida dalam siwak efektif untuk menghilangkan noda gigi, sedangkan silika memiliki kegunaan sebagai scrub bagi gigi. Zat kimia yang beperan sebagai pemutih gigi ialah sodium bicarbonate, trimethyl amine, welirang, salvadorine, vitamin C, dan fluoride . Semua nutrisi ini ada di dalam siwak.

Manfaat siwak yang lain termasuk sebagai obat alami untuk mencegah kanker dan kepikunan (demensia). Dan masih banyak manfaat lain yang belum terungkap.

Bagaimana cara menggunakan siwak?

Untuk menggunakan siwak sebagai sikat sekaligus pasta gigi tidaklah sulit. Pertama, potong batang siwak berukuran satu jengkal atau sekitar 20 cm. Anda juga mampu memilih akarnya, sebagai pengganti batang. Pilih akar atau batang dengan diameter tidak lebih dari 1 cm, sehingga mampu digigit dengan praktis.

Kupas kulit siwak pada cuilan ujungnya saja. Tumbuk ujung kayu siwak dengan menggunakan batu sungai, lalu basuh dengan air higienis yang mengalir.

Kini stik siwak telah siap untuk digunakan sebagai sikat gigi, yang mampu membersihkan gigi, gusi, dan lidah.


Cara Bersiwak


Gosokkan kayu siwak mulai dari gigi paling depan atau tengah. Sambil terus menggosok gigi, geser kayu siwak secara perlahan ke arah kanan. Teruskan gosokan ke kiri. Ulangi cara ini sebanyak 3 kali tiap pemakaian.


Tips Menggunakan Siwak


Hindari pemakaian siwak yang telah kering, karena dapat merusak gusi anda. Untuk menggunakan siwak kering, rendam ke dalam air bersih selama semalaman. Sedangkan siwak segar sebaiknya perlu untuk dicuci dengan air mengalir, sebelum dipakai. Ekstrak siwak juga mampu berguna sebagai obat kumur yang sangat imbastif dalam menjaga kesehatan lisan dan gigi.

Demikian Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi dan Pengobatan. Kini siwak banyak tersedia di berbagai kawasan seperti supermarket atau swalayan. Simak juga perihal 10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ngilu. Menjaga kesehatan verbal dan gigi ialah potongan dari gaya hidup sehat, sehingga mengurangi penyesalan saat usia bau tanah.

Tampilkan Komentar