15 Makanan Pembersih Racun Dalam Hati (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 24, 2017
Hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Hati harus bebas dari berbagai racun yang mampu berasal dari polusi atau bahan kimia. Beberapa jenis makanan yang kaya akan glutathione, sanggup untuk membersihkan hati dari toksin berbahaya. Apa saja makanan yang mengandung antioksidan jenis ini?

15 Makanan Pembersih Racun Dalam Hati
Fungsi hati di dalam badan kita termasuk membuang racun dari tubuh, melawan bengkak, menyimpan zat besi dan vitamin, menghasilkan getah empedu, mem-proses kuliner, mengatur kadar lemak, dll. Begitu penting fungsi hati bagi tubuh kita. Namun, polutan yang bersifat racun, mampu masuk ke dalam tubuh dari luar. Racun ini akan berpotensi untuk sajianmpuk dalam hati, sehingga berbahaya bagi kesehatan kita.

15 Makanan Pembersih Racun Dalam Hati


Ada jenis antioksidan yang imbastif untuk menetralkan dan membuang racun dalam hati, yang disebut dengan glutathion. Antioksidan penting ini dapat diperoleh dari kuliner dan bakteri tertentu. Glutathion yaitu jenis protein yang sanggup mencegah kerusakan akhir oksigen reaktif, termasuk peroksida dan radikal bebas. Berikut ini yaitu makanan dan minuman yang pengaruhtif untuk membersihkan hati dan menjaga fungsinya:

1. Buah Berry

Buah berry kaya akan fitonutrien yang baik untuk kesehatan hati.

Anda mampu menambahkan stroberi, blueberry, cranberry atau raspberry dalam yogurt atau sereal.

1. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan catechin, yaitu jenis antioksidan yang sanggup sajiannjang fungsi hati. Selain mampu membersihkan hati, antioksidan dalam teh hijau juga bermanfaat untuk mencegah kanker.

2. Wortel


Glutathione banyak terdapat di dalam wortel. Antioksidan ini berperan untuk detoksifikasi hati. Vitamin A dan K yang ada dalam wortel juga turut membantu untuk membersihkan hati.

3. Brokoli

Brokoli memiliki unsur isotiosianat yang pengaruhtif dalam mengobati sirosis hati. Brokoli juga mengandung yodium, yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kelenjar getah bening. Kelenjar ini berperan dalam menjaga sistem kekebalan badan.

4. Kubis

Kubis tidak jauh berbeda dari brokoli. Kubis membantu untuk mengaktifkan dua jenis enzim pembersih racun dalam hati.

5. Alpukat

Sebuah penelitian yang diadakan di Jepang, menunjukkan bahwa alpukat berpotensi untuk mencegah radang hati dan mengurangi risiko keracunan hati.

6. Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga memiliki kegunaan untuk melindungi hati, membersihkan darah, dan segudang manfaat lain bagi kesehatan badan.

7. Kunyit

Rempah ini kaya akan kurkumin yang mempunyai sifat antioksidan. Kurkumin memiliki kegunaan untuk mengurangi peradangan pada hati.

8. Minyak Zaitun dan Rami

Kedua minyak organik ini juga termasuk minuman pembersih hati. Minyak zaitun menyediakan basis lipid yang sanggup menyerap racun berbahaya dari badan. Efek inilah yang meringankan kerja hati sehingga mampu mengurangi racun dalam hati.

9. Bayam

Bayam mengandung betaine yang baik untuk menjaga jantung. Tidak hanya itu, seporsi bayam mentah ternyata mengandung 166 miligram glutathione. Makara, bayam adalah kuliner pembersih hati dan jantung.


10. Buah Bit

Fitonutrien dalam buah bit yang disebut betanin baik untuk melindungi hati. Mengolah buah bit dengan cara yang kurang tepat, mampu merusak unsur aktif yang ada di dalamnya.

11. Buah Lemon

Jus lemon adalah minuman yang mampu membersihkan hati dan jalan masuk cerna dari toksin berbahaya.

12. Buah Tomat

Seporsi tomat menyediakan 169 mg glutathione yang sangat membantu untuk membersihkan hati dari racun. Tomat juga kaya akan likopen, yaitu antioksidan yang dapat melawan dampak buruk balasan radikal bebas.

13. Buah apel

Buah ini dikenal sebagai kuliner untuk diet sehat, terkait pektin di dalamnya. Pektin merupakan serat larut yang mampu melancarkan pencernaan. Ternyata, pektin juga mempunyai kemampuan untuk membuang racun dari hati.

14. Biji Kenari

Makanan pembersih hati berikutnya adalah kenari. Biji kenari dilengkapi dengan glutathione dan asam lemak omega-3. Kedua nutrisi ini baik untuk hati dan jantung.

Itulah 15 Makanan Pembersih Racun Dalam Hati. Semua kuliner sehat ini harus dikonsumsi dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan. Tambahkan makanan sehat ini ke dalam sajian harian anda, semoga hati tetap sehat. Pelajari juga: 15 Makanan Yang Mengandung Omega 3 Terbaik. Jangan malas untuk berolahraga, lantaran gaya hidup sehat tidak dapat lepas darinya.

foto buah apel via foodlve.com
foto stroberi via bhssolutions.com

Tampilkan Komentar