14 Ramuan Pegagan Untuk Mengobati Penyakit Berat (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 15, 2017
Pegagan mampu digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi menyebarkan penyakit, dengan cara meraciknya bersama bahan lain dan meramu dengan cara tertentu. Pada artikel sebelumnya, kita telah bahas mengenai manfaat pegagan bagi kesehatan dan pengaruh samping yang mungkin ditimbulkan oleh tanaman ini.

Di balik sifat anggun dan sejuk, daun pegagan memiliki pengaruh farmakologis sebagai antitoxic, anti-infeksi, peluruh air seni, dan penurun panas.

Manfaat lainnya termasuk untuk melancarkan sirkulasi darah, membersihkan darah, penurun panas (antipiretik), mengurangi pendarahan (haemostatik), peluruh kencing (diuretik), meningkatkan daya ingat, dan peningkatan fungsi kognitif.

Pegagan (Centella) memiliki anti-bakteri, anti-inflamasi, hipotensif, antispasma, anti-alergi dan stimulan. Senyawa glikosida triterpenoida yang terdapat di dalamnya memiliki efektifitas sebagai anti lepra. Selengkapnya dapat dibaca pada artikel berjudul: Manfaat Pegagan Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan.


14 Ramuan Pegagan Untuk Mengobati Penyakit Berat


Ramuan tradisional menggunakan daun pegagan dapat mengatasi wasir, darah tinggi, campak, penyakit lepra dan banyak lagi. Berikut beberapa ramuan alami untuk mengatasi aneka macam penyakit, yang dapat dibentuk dengan antanan:

1. Mengobati Tifus


Sediakan segenggam daun antanan, 5 batang tapak liman, dan ½ genggam daun jintan hitam. Kukus semua materi untuk mendapatkan airnya, kemudian tambahkan 2 sdm madu. Minum dengan teratur setiap hari.

2. Mencegah Epilepsi kambuh

Cara meracik: tumbuk daun antanan kering hingga menjadi abu. Ambil 1 sdm debu pegagan dan campur dengan gula merah. Seduh bersama segelas air panas, saring dan minum dengan rutin.

3. Mengatasi Sariawan dan Disentri

Cara menciptakan ramuan : sediakan 2 genggam daun pegagan segar, sepotong kunyit, 9 butir ketumbar, dan 1 sdt abu rasuk angin. Tumbuk semua bahan, tambahkan air secukupnya kemudian saring. Rebus hingga mendidih selama beberapa menit, minum dikala cuek setiap hari selama seminggu. Baca juga: 12 Cara Cepat Mengobati Sariawan.

4. Menurunkan Darah tinggi

Rebus daun pegagan sebanyak 20 lembar, ke dalam panci berisi 3 gelas air hingga menyusut ¼ pecahan. Minum airnya untuk 3 kali dalam sehari.

5. Mengobati Bisul

Tumbuk daun pegagan segar, tempelkan pada area yang timbul bengkak.

6. Mengobati Wasir

Rebus 5 batang dan akar pegagan bersama 2 gelas air selama 7 menit. Minum airnya saat masbodoh dengan rutin.

7. Meredakan Mimisan

Rebus 70 gram daun antanan segar, peras setelah acuh taacuh kemudian minum airnya. Selengkapnya silahkan baca: 8 Cara Alami Menghentikan Mimisan Dengan Cepat.

8. Meredakan Demam

Tumbuk segenggam daun antanan yang masih segar, kemudian tambahkan garam dan sedikit air. Saring dan minum airnya sebelum sarapan. Cara ini juga efektif untuk meningkatkan selera makan.

9. Mata abuh dan berwarna merah

Untuk memakai daun pegagan sebagai obat tetes mata. Caranya dengan melumatkan daun pegagan segar, peras dan saring. Teteskan airnya pada mata setiap hari sebanyak 3 kali.

10. Mengatasi Asma dan Batuk kering

Untuk mengatasi gangguan pernafasan, tambahkan air bersama dua genggam pegagan segar. Peras sehabis menumbuknya, minum setiap hari sebanyak ¼ cangkir selama dua ahad berturut-turut.

11. Menyembuhkan Campak

Dengan minum air rebusan pegagan sanggup membantu untuk mengobati penyakit campak. Bukah hanya itu, ekstrak pegagan juga bermanfaat untuk mengobati penyakit liver, influenza, dan keracunan akibat makan jengkol.

12. Mengatasi Sulit kencing

Untuk mengobati anyang-anyangan, haluskan 30 gram pegagan segar. Balurkan pada area di sekitar pusar.

13. Mengobati Sakit Kepala

Rebus segenggam daun antanan dan 19 biji jintan hitam ke dalam 2 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa setengah gelas. Tambahkan madu, ketika hendak minum ramuan ini.

14. Membantu untuk mengobati Lepra

Rebus segenggam daun antanan segar bersama 3 gelas air hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya, 3 kali dalam sehari hingga sembuh.

Efek farmakologis dan sifat kimiawi pada pegagan

Asiaticoside

Senyawa aktif ini membantu dalam proses regenerasi sel-sel kulit, mendongkrak imunitas badan, dan bersifat antibiotik alami.

Triterpenoid

Senyawa ini berguna untuk meningkatkan kemampuan mental, menenangkan saraf, dan melancarkan ajaran darah.

Brahminoside

Senyawa ini dapat memiliki kegunaan untuk menyumbang protein penting untuk sel otak.

Pegagan juga kaya akan vitamin B, betakaroten, vitamin C, dan mineral penting lainnya.

Demikian 14 Ramuan Alami Menggunakan Daun Pegagan untuk mengatasi penyakit berat. Artikel ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tampilkan Komentar