14 Manfaat Daun Bawang Yang Tidak Terkira (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 05, 2017
Daun bawang (Allium fistulosum) terkenal sebagai bumbu masakan yang mempunyai sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan. Daun bawang memiliki basi yang sangat khas, cocok untuk meningkatkan selera makan. Daun bawang baik dikonsumsi oleh penderita kencing manis dan anemia, disebabkan kandungan antibakteri dan antioksidan di dalamnya.


14 Manfaat Daun Bawang Yang Tidak Terkira
Dalam hal kecantikan badan dan kulit, efektifitas daun bawang termasuk melenyapkan jerawat, sebagai pelangsing alami, menghambat tanda-tanda penuaan, dan mencerahkan warna kulit. Daun bawang juga sering dipakai untuk mencegah kerusakan rambut.

Untuk mendapatkan daun ini, temukan di pasar tradisional lalu simpan di kulkas lengkap dengan akarnya.

Fakta Nutrisi Daun Bawang

Berbagai senyawa penting yang ada di dalam bawang daun termasuk vitamin A, asam folat, vitamin K, kalsium, vitamin C, potassium, lemak, protein, karbohidrat, dan serat. Daun bawang tergolong makanan yang rendah kalori.


14 Manfaat Daun Bawang Yang Tidak Terkira


1. Meningkatkan imunitas tubuh

Senyawa yang ada di dalam daun bawang seakan-akan quercetin dan kemferfol, merupakan antioksidan tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara total. Sehingga mencegah penyakit pilek, flu, dan demam. Manfaat ini dikuatkan dengan adanya anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur yang membuat badan lebih kebal terhadap bisul.

2. Baik untuk ibu hamil dan janin

Jumlah asam folat yang tinggi ada di dalam daun bawang, diharapkan oleh perempuan hamil untuk perkembangan otak dan badan janin. Kekurangan folat dapat meningkatkan risiko kelelahan dan kelahiran tidak sesuai impian ibu hamil.


3. Menyehatkan mata

Kesehatan mata dapat dijaga dengan mengkonsumsi kuliner sehat seperti wortel, tomat, dan apel. Jarang diketahui bahwa daun bawang ternyata juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata sehat. Daun ini mengandung 24 µg pro-vitamin A per batangnya.

4. Menguatkan tulang

Agar tulang tetap sehat dan besar lengan berkuasa, diharapkan asupan kalsium serta vitamin C dan K. Daun bawang memiliki semua nutrisi tersebut. Baca: 5 Penyakit Akibat Kekurangan Kalsium!

5. Melancarkan akses cerna

Proses peresapan nutrisi oleh badan dimulai dari akses cerna. Serat dalam jumlah tinggi dikandung oleh daun bawang, baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

6. Baik untuk jantung

Daun bawang memiliki senyawa cycloalliin yang memiliki kegunaan untuk mengencerkan darah sehingga mencegah koagulasi. Hal ini akan sajianrunkan risiko aterosklerosis.

7. Mencegah Kekurangan Darah

Mineral penting di dalamnya seakan-akan zat besi dan kalium, sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi sel darah merah. Kalium yang ada di dalam daun ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan badan, fungsi jantung, serta mencegah kram otot.

8. Mencegah kenaikan kadar gula darah

Senyawa fitokimia yang dikandungnya, seperti allium dan alil disulfida memiliki kegunaan untuk mencegah degradasi insulin dan membantu pemecahan glukosa.

9. Memperbaiki kualitas tidur

Tidur yang berkualitas akan mengembalikan kebugaran badan setelah beraktifitas seharian. Daun bawang mengandung zat yang dapat memperbaiki kualitas tidur, mengendalikan homosistein, dan mencegah depresi.

10. Mengobati penyakit cacingan

Untuk mengobati cacingan pada anak, tambahkan daun bawang ke dalam hidangan harian. Anda bisa menyajikan dalam bentuk makanan sup. Baca: 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami.


Manfaat Daun Bawang Bagi Kecantikan


11. Mencerahkan kulit

Daun bawang dilengkapi dengan vitamin C yang dapat mencegah pigmentasi kulit dan menyingkirkan sel-sel kulit mati sehingga kulit nampak lebih muda.

12. Mengobati jerawat

Zat allicin yang ada padanya bersifat antibakteri yang mampu mematikan kuman penyebab jerawat. Tumbuk daun bawang sampai halus, oleskan pada wajah untuk mengobati jerawat.

13. Menghambat gejala penuaan

Vitamin A, vitamin E dan vitamin K di dalamnya merupakan antioksidan yang efektif dalam melawan radikal bebas yang mampu merusak sel-sel kulit.

14. Merawat rambut kering dan bercabang

Potong-potong daun bawang, sehingga diperoleh segenggam. Rebus dengan segelas air selama 1/4 jam. Angkat daunnya dan masukkan ke dalam air es selama dua menit. Campur dengan ½ cangkir minyak zaitun, lalu haluskan dalam blender. Gunakan sebagai masker bagi rambut dan kulit kepala. Biarkan selama ½ jam sembari dibungkus memakai handuk hangat atau topi mandi. Cuci rambut dengan shampo, lanjutkan dengan menerapkan kondisioner. Baca: 7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami.

Lakukan secara teratur sebanyak 2 kali dalam seminggu. Perawatan alami ini berkhasiat untuk mengatasi rambut kering, rusak, dan bercabang.

Demikian 14 Manfaat daun bawang yang tidak terkira. Bumbu makanan ini mampu menambah selera makan dan menjaga kesehatan anda. Makara, tidak salah kalau selalu tersedia di dapur anda.

foto daun-bawang via poetschke.de

Tampilkan Komentar