13 Makanan Super Yang Menyehatkan Mata (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 19, 2017
Kesehatan mata tidak bisa dianggap remeh. Semua orang tentu tidak ingin terkena penyakit mata, disebabkan tidak menjaga kesehatan mata sejak dini. Untuk menghindari gangguan dan aneka macam masalah penglihatan, ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, perawatan luar dan kedua yaitu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh mata.

13 Makanan Super Yang Menyehatkan Mata
Cara menjaga kesehatan mata dari bahaya yang ditimbulkan oleh bubuk dan polutan, dapat dilakukan dengan memakai pelindung mata seakan-akan kacamata jalan dan helm. Cara ini berkhasiat untuk mencegah iritasi pada mata. Sedangkan perawatan dari dalam, dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan mata.

Beberapa kebiasaan jelek yang tidak menyehatkan bagi mata harus tidak boleh. Misalnya terlalu lama menatap monitor, membaca tulisan di daerah gelap, memabca sambil tiduran, dsb.


13 Makanan Super Yang Menyehatkan Mata


Beberapa jenis kuliner mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Berikut jenis buah-buahan dan makanan lain yang mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan mata anda:

1. Cokelat Hitam

Flavonoid dalam cokelat hitam mampu melindungi pembuluh darah pada mata sehingga menjaga kornea dan retina. Sering mengkonsumsi kuliner ini mampu menciptakan penglihatan menjadi lebih tajam.

2. Ikan Salmon


Omega-3 yang berlimpah dalam salmon ternyata bermanfaat untuk mencegah kekeringan pada mata. Selain itu, nutrisi yang terdapat dalam ikan salmon turut menyehatkan mata, seolah-olah vitamin A, vitamin D, vitamin B6, asam folat, dan vitamin B12.

3. Buah Strawberry

Buah manis ini kaya akan vitamin C, vitamin B, dan folat. Berbagai nutrisi dalam buah stawberry sanggup menjaga kesehatan pembuluh darah di mata.

4. Alpukat

Selain kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, nutrisi dalam alpukat juga menyehatkan mata. Alpukat mengandung lutein yang dapat mencegah degenerasi makula dan katarak. Alpukat juga dilengkapi dengan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.

5. Buah Tomat

Nutrisi dalam tomat yang berkhasiat untuk menjaga penglihatan termasuk vitamin A, vitamin C dan lycopene. Vitamin A membantu metabolisme sel di lapisan luar retina, yang bertindak untuk penyesuaian terhadap cahaya jelas dan gelap. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan degenerasi makula. Sedangkan lycopene adalah antioksidan berpengaruh yang mampu mencegah katarak. Baca: 21 Manfaat Jus Tomat Untuk Kecantikan Rambut Dan Kesehatan.

6. Wortel

Wortel merupakan sayur yang kaya akan betakaroten. Tubuh akan mengubah betakaroten menjadi vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk menjaga penglihatan.

7. Bawang Putih

Rempah ini punya kemampuan untuk melindungi lensa mata dari kerusakan akhir paparan sinar UV. Hal ini disebabkan nutrisi di dalamnya seakan-akan quercetin, selenium, vitamin B1, vitamin C, dan glutathione. Bawang putih juga berguna untuk meningkatkan anutan darah, dan menguatkan sel-sel optik sehingga mata tetap sehat.

8. Telur

Beberapa nutrisi penting yang bermanfaat untuk menyehatkan mata seolah-olah lutein, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, zinc, dan cysteine. Semua vitamin dan mineral dalam putih telur ini merupakan antioksidan berpengaruh yang bisa mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

9. Bayam

Bayam juga kaya akan lutein dan zeaxanthin, di samping vitamin C yang cukup berlimpah. Semua nutrisi ini dapat mencegah penyakit glukoma.

10. Brokoli

Brokoli diperkaya dengan kalsium, vitamin C, zeaxanthin, lutein, dan sulforaphane. Senyawa penting seolah-olah lutein dan zeaxanthin dapat berperan sebagai pelindung mata (sunglasses) yang melindungi mata dari radiasi sinar UV. Mengkonsumsi brokoli dengan rutin juga dapat menurunkan risiko katarak.


11. Kale

Kale tergolong ke dalam sayuran cruciferous yang banyak mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Kale juga mengandung lutein dan zeaxathin, sehingga sayur super ini baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan penglihatan.

12. Buah Pisang

Vitamin dalam buah pisang sangat bervariasi, salah satunya adalah vitamin A dan C yang menunjang kesehatan mata.

13. Biji Bunga Matahari

Kuaci merupakan makanan ringan sehat yang mengandung selenium, vitamin E, dan zinc. Ketiga nutrisi ini sanggup mencegah katarak dan gangguan pada mata balasan faktor penuaan. Satu lagi nutrisi penting dalam kuaci adalah vitamin B2 yang memiliki kegunaan untuk mengobati photophobia, yaitu kondisi mata yang terlalu sensitif terhadap cahaya.

Itulah 13 makanan super yang menyehatkan mata. Mungkin ada yang lain? Silahkan berkomentar di kotak yang disediakan. Mungkin anda perlu mempelajari: Cara Mengobati Katarak Dan Mata Minus Secara Alami. Bagaimana pun, kesehatan mata harus dipertahankan supaya mata tetap sehat hingga renta. Semoga penglihatan kita tetap tajam dan sehat.

foto via twitter.com/usceye

Tampilkan Komentar