12 Manfaat Lompat Tali Bagi Tubuh Ternyata Luar Biasa (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 20, 2017
Lompat tali merupakan salah satu jenis olahraga ringan, tapi sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ketika kita mendengar istilah lompat tali (skipping), tentu ingatan kita melayang ke kala kecil dimana bawah umur sedang bercanda sambil mengayunkan tali dan melompat berulang-ulang. Ya, lompat tali memang sangat menyenangkan.

Lompat tali ialah olahraga yang tidak mengeluarkan banyak biaya, cukup dengan membeli tali skipping di toko olahraga.

Olahraga ini tidak membutuhkan waktu dan kawasan khusus. Anda dapat melakukan skipping di taman, halaman rumah, atau di mana saja.

Olahraga ini memiliki manfaat yang hampir sama dengan renang. Mau tau alasannya? Simak terus ulasan di bawah ini.


12 Manfaat Lompat Tali Bagi Tubuh Ternyata Luar Biasa


Hampir semua orang sanggup untuk melaksanakan gerakan lompat tali. Lompat tali sangat bermanfaat untuk melatih koordinasi gerakan tubuh. Jadi, baik untuk menjaga kewaspadaan. Manfaat lompat tali selengkapnya seakan-akan berikut ini:

1. Mengencangkan Otot

Lompatan yang dilakukan dengan berulang-ulang akan membuat otot lebih kecang, khususnya otot kaki dan paha. Otot pundak dan lengan juga menguat dengan latihan secara teratur. Baca: 5 Latihan Untuk Mengecilkan Otot Lengan Kendur.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang bermasalah dengan berat badan, lompat tali merupakan pilihan yang tepat. Dengan melaksanakan skipping selama 60 menit, dapat membakar 1000 kalori dalam tubuh. Lompat tali juga efektif untuk mengkremasi lemak tubuh, yang kesudahannya dikeluarkan melalui keringat.


3. Menjaga Energi Tubuh

Gerakan tubuh yang dilakukan secara aktif seolah-olah pada olahraga skipping, akan membuat tubuh terbiasa menggunakan energi. Kaprikornus, ketika usia anda telah tua, maka energi tubuh tidak banyak yang hilang.

4. Menambah Tinggi Badan

Salah satu kemiripan lompat tali dan renang ialah manfaatnya untuk menambah tinggi badan. Manfaat ini tentunya berlaku untuk anak-anak dan dewasa dalam abad pertumbuhan.

5. Membentuk Postur Tubuh

Dengan olahraga skipping, otot kaki akan menjadi ramping dan lemak pada betis akan hilang. Bentuk kaki anda menjadi lebih ideal dan indah.

6. Meningkatkan Fertilitas

Pola menstruasi yang tidak teratur dan infertilitas merupakan perkara besar bagi perempuan. Ternyata, lompat tali juga sanggup membantu untuk mengatasi kedua masalah ini.

7. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Tubuh akan lebih lentur dan seimbang, dengan rutin melaksanakan lompat tali. Stamina dan keseimbangan tubuh pun akan meningkat.

8. Mencegah Osteoporosis

Dengan melakukan skipping setiap hari, dapat mencegah risiko osteoporosis di usia renta. Olahraga lompat tali meningkatkan kualitas atau kepadatan tulang anda.

9. Menjaga Kemampuan dan Fungsi Otak

Gerakan lompat tali merupakan kombinasi dari gerakan melompat dan berfikir. Otak dilatih untuk bekerja dengan cepat dan sempurna, ketika menghitung dan menentukan kapan kaki harus melompat. Lompat tali melatih koordinasi tubuh, refleks, dan keseimbangan tubuh. Makara, kinerja otak mampu meningkat secara menyeluruh.

10. Menghilangkan toksin dalam tubuh

Lompat tali membuat pori-pori tubuh mengeluarkan keringat, sehingga racun dibuang dari tubuh. Detoksifikasi bermanfaat untuk mencegah penyakit yang dapat timbul sebagai dampak buruk dari polutan dan zat berbahaya pada makanan yang dikonsumsi.

11. Menyehatkan kulit

Olahraga skipping berguna untuk melancarkan sirkulasi darah, sehingga nutrisi mudah diserap oleh kulit tubuh.

12. Mencegah Stres

Sinkronisasi gerakan kaki dan tangan dikendalikan oleh fikiran. Olahraga yang menyenangkan ini sangat membantu untuk mencegah timbulnya stres.

Mitos yang menganggap bahwa lompat tali mampu berdampak menurunkan rahim wanita tidaklah benar. Penurunan rahim umumnya disebabkan oleh kelainan pada jaringan penyangga kandungan, yang mungkin sebagai akibat jerawat virus ataupun tumor.

Peringatan penting:

Ibu Hamil dihentikan melaksanakan olahraga lompat tali, karena dapat berbahaya bagi janin dalam kandungan. Wanita hamil sebaiknya cukup melaksanakan olahraga ringan seperti berjalan kaki di pagi hari.

Itulah Manfaat Lompat Tali Bagi Kesehatan. Kaprikornus, sekarang tidak ada alasan bagi anda untuk tidak berolahraga, karena banyak pilihan simpel yang dapat dilakukan. Kuncinya hanya satu, yaitu tekad dan semangat besar lengan berkuasa. Baca juga: 10 Manfaat Olahraga Pagi Yang Menakjubkan. Kebanyakan pasien di rumah sakit ialah mereka yang malas berolahraga ketika usia muda.

foto via stylecraze.com

Tampilkan Komentar