11 Cara Cepat Menghilangkan Cegukan Yang Jarang Diketahui (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 21, 2017
Sobat (hidup-sehat.serhamo.net), tentu anda merasa tersiksa saat mengalami cegukan. Bahkan orang di akrab anda pun merasa sangat terganggu dengan suara cegukan. Nah, bagaimana cara menghilangkan cegukan yang terus-menerus pada orang sampaumur? Faktor penyebab, pencegahan dan cara mengobati cegukan akan dibahas dengan lengkap pada artikel ini.

Cegukan dapat menyerang secara tiba-tiba, tanpa mengenal waktu dan kawasan. Cegukan (Singultus) tidak memandang usia, baik bayi maupun orang remaja dapat mengalami gangguan ini.


11 Cara Cepat Menghilangkan Cegukan Yang Jarang Diketahui
Penyebab Cegukan

Cegukan (hiccups atau hiccough) timbul sebagai akibat kontraksi diafragma, yaitu otot di bawah paru-paru yang menyekat rongga perut dan dada. Ketika otot ini mengalami kejang, maka pita bunyi akan menutup secara cepat dan menimbulkan bunyi. Cegukan mirip dengan kegagapan yang mengakibatkan kesulitan berbicara.

Kenapa diafragma mengalami kontraksi secara tiba-tiba? Kondisi ini mampu dipicu oleh kegiatan makan atau minum dengan tergesa-gesa, sehingga pernafasan terganggu. Penyebab berikutnya ialah konsumsi makanan panas atau dingin. Kebiasaan ini dapat mengganggu kinerja lambung. Faktor penyebab lainnya seakan-akan minuman berkarbonasi tinggi dan perubahan emosi secara mendadak, misalnya menangis sehabis tertawa dan sebagainya.

Meskipun tidak berbahaya, namun perlu waspada dengan cegukan yang berkepanjangan dan terencana. Kondisi seperti ini mungkin merupakan gejala awal penyakit tertentu, seolah-olah tanda-tanda stroke, tumor otak, infeksi pada saraf otak, herpes yang mengganggu saraf tepi, kekurangan elektrolit, kelainan ginjal karena uremia, gangguan metabolik pada penderita diabetes, atau dampak obat-obatan steroid dan obat tidur.


11 Cara Cepat Menghilangkan Cegukan Yang Jarang Diketahui


1. Menjungkirkan Badan

Untuk menyembuhkan cegukan dengan cepat, tirukan gerakan yang sering dilakukan oleh vic zhou. Jika anda sering nonton meteor garden, maka tidak perlu dijelaskan. Bagi yang belum mengerti, caranya ialah membalikkan posisi tubuh sehingga kaki berada di atas. Cara ini sering dilakukan olehnya untuk menahan tangis, tetapi juga efektif dalam meredakan cegukan.


2. Minum air putih dengan cara khusus

Caranya, ambil segelas air putih lalu taruh di depan verbal anda. Miringkan gelas ke depan dan tundukkan kepala anda. Minumlah air sedikit demi sedikit melalui bibir gelas yang jauh dari bibir anda.

Cara lainnya yaitu menahan air dalam ekspresi dengan posisi berdiri tegak. Gerakkan tubuh anda secara perlahan, sehingga menunduk seolah-olah akan mencium lutut. Telan air secara perlahan-lahan bersamaan dengan gerakan badan yang ditegakkan kembali.

3. Cobalah Tehnik Pernafasan

Ambil nafas panjang, kemudian tahan selama 10 detik. Cara ini akan menyebabkan karbondioksida dalam paru-paru melimpah, sehingga diafragma akan menjadi lebih rileks. Ketika diafragma menjadi damai, maka cegukan sembuh.

4. Gunakan Gula Pasir

Dongakkan leher ke belakang, letakkan 1 sdt gula pasir pada pengecap. Biarkan gula meleleh di lidah. Telan larutan gula yang bercampur dengan air liur, lalu minumlah sedikit air putih.

5. Menekan Telapak Tangan

Gunakan ibu jari untuk menekan telapak tangan dengan agak keras. Cara ini efektif dalam menghipnotis sistem saraf, sehingga menghilangkan cegukan.

6. Menekan Titik di Kepala

Tekan area lembut di bawah dasar tengkorak, yang terletak di belakang pendengaran anda selama 20 menit. Cara ini akan membuat saraf vagus yang terhubung ke diafragma menjadi santai, sehingga cegukan hilang.

7. Menekan Langit-langit Mulut

Gunakan jari tangan untuk menekan langit-langit ekspresi, lalu pijat dengan lembut dan hati-hati. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan cegukan dengan cepat.

8. Gunakan Minyak Kayu Putih

Oleskan minyak kayu putih pada area leher sampai perut. Cara ini berguna untuk melonggarkan pernafasan, sehingga cegukan simpel sembuh.

9. Makan Selai Kacang

Selai kacang akan terasa lengket di lidah, sehingga mengubah irama pernapasan. Selain lezat, selai kacang juga efektif untuk mengobati cegukan.

10. Mengunyah Asinan Jeruk Nipis

Dengan mengunyah asinan jeruk nipis atau irisan lemon segar mampu mensugesti pola impuls saraf vagus, yang pada kesudahannya dapat menghilangkan cegukan dengan cepat.

11. Menjulurkan Lidah

Buka verbal lebar-lebar, kemudian julurkan pengecap anda. Cara ini sanggup menstimulasi pita suara (glotis) menjadi terbuka, sehingga melancarkan nafas dan meredakan kejang yang pada alhasil menyembuhkan cegukan.

Itulah 11 cara menghilangkan cegukan dengan mudah dan cepat. Jika cegukan masih berlanjut, segera periksakan ke dokter seorang ahli THT. Mungkin dokter akan menyampaikan obat pereda cegukan seperti metoclopramide, chlorpromazine atau lainnya. Simak juga: 10 Cara Mengobati Asma Dengan Bahan Alami Dan Akupuntur. Semoga cegukan yang sedang anda alami segera sembuh dan tidak kambuh lagi.

foto by facebook via huffpost.com

Tampilkan Komentar