10 Penyebab Bau Badan Yang Menyengat (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 12, 2017
Penyebab basi badan yang tidak sedap sering menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Faktor apa yang menyebabkan keringat berbau menyengat? Bahkan, deodoran terkadang bukan solusi yang sempurna, lantaran basi badan tidak hilang tetapi semakin tidak karuan. Bau badan yang mengganggu kenyamanan orang lain merupakan perkara serius, yang harus diobati dengan benar.

10 Penyebab Bau Badan Yang Menyengat
Bau badan mempunyai tingkatan tertentu, dari ringan sampai berat. Sebelum mengetahui cara alami untuk menghilangkan kedaluwarsa tubuh, perlu dimengerti mengenai faktor penyebab basi tubuh yang berlebihan.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai dua kelenjar penghasil keringat, adalah apokrin dan akrin. Nah, kelenjar apokrin ini sebagai penghasil keringat pada area-area tertentu di tubuh, termasuk area lipatan dan daerah tumbuhnya rambut halus.


10 Penyebab Bau Badan Yang Menyengat


Sebagian orang mengalami kasus busuk badan yang cukup parah. Bahkan, mereka telah mandi secara teratur dan menggunakan pewangi tubuh. Namun aroma tidak sedap tetap tercium dari tubuh mereka. Berikut beberapa faktor penyebab aroma tubuh yang tidak menyenangkan:

1. Gangguan tertentu pada genetik

Gangguan pada gen tertentu dalam istilah medis disebut trimethylaminuria. Kelainan ini menciptakan tubuh tak mampu memecah trimetilamina, adalah senyawa kimia serupa dengan penyebab basi busuk pada ikan. Jika trimetilamina menumpuk secara berlebihan, maka tubuh melepasnya bersama urin, nafas, dan keringat.

2. Stres

Ketika seseorang mengalami stres atau depresi, maka produksi kelenjar apokrin meningkat. Keringat yang keluar darinya mengandung lemak, protein, dan sedikit air. Jenis keringat ini rentan bercampur basil, sehingga praktis menimbulkan busuk badan. Baca: 10 Cara Cepat Menghilangkan Stres Secara Alami.

3. Makanan Tertentu


Beberapa jenis makanan seperti bawang merah dan brokoli mampu memecah senyawa busuk pada ajaran darah, lalu dikeluarkan lewat urin dan keringat. Senyawa pemicu busuk ibarat belerang ini mampu ditemukan pada sayuran yang masih tergolong ke dalam keluarga cruciferous.

4. Dampak Penyakit tertentu

Beberapa penyakit seolah-olah diabetes dan penyakit liver (hepatitis) sering menimbulkan busuk tubuh bagi penderitanya. Diabetes tanpa pengobatan yang tepat dapat berlanjut menjadi ketoasidosis diabetikum yang rentan dengan perkara bau tubuh. Sedangkan tubuh penderita hepatitis biasanya sulit mengeluarkan racun, yang pada risikonya juga memicu kedaluwarsa keringat yang wangi.

5. Pakaian yang tidak menyerap keringat

Kain yang tidak mampu menyerap keringat mampu membuat basi terperangkap dan memicu keringat berlebih.

6. Asam propanoat

Asam propanoat atau propionat merupakan hasil penguraian keringat oleh propionibacteria yang di terusan kelenjar sebasea pada dewasa. Asam ini yang sering menjadi penyebab bau tubuh pada cukup umur. Perubahan hormon androgen juga dapat berakibat bau tubuh.

7. Asam isovalerik

Sebagian orang mengeluarkan aroma tubuh seperti kedaluwarsa keju. Bau ini berasal dari asam isovalerik yang dibuat oleh basil staphylococcus epidermis.

8. Tidak menjaga kebersihan tubuh

Bagaimana pun, keringat yang berlebihan yang bercampur dengan kotoran dan bakteri harus dibersihkan.

9. Kebiasaan jelek

Beberapa kebiasaan jelek seperti menggunakan pakaian jeans dalam waktu yang sangat lama, tanpa mencuci dan menggantinya akan rentan dengan kasus busuk badan yang berlebih.

10. Pola makan yang tidak seimbang

Terlalu sering makan bawang putih dan makanan berlemak, tetapi tubuh kekurangan asupan zinc dan magnesium.

Itulah 10 penyebab bau tubuh yang menyengat. Mungkin ada faktor penyebab yang terlewatkan? Untuk mengatasi basi badan yang menyengat, silahkan pelajari 13 Makanan Yang Mengharumkan Bau Badan Secara Permanen. Dengan gaya hidup sehat, hidup anda akan lebih berkualitas dan orang-orang di sekitar anda pun akan mencicipi keuntungannya.

Tampilkan Komentar