10 Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh Kita (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 18, 2017
Istilah probiotik sering terdengar oleh indera pendengaran kita. Apakah bahu-membahu probiotik? Apa manfaat probiotik bagi badan kita? Tak terhitung berapa jumlah mikroorganisme di alam ini, di antaranya termasuk kuman. Nah, Probiotik merupakan bakteri baik yang terdapat dalam kanal cerna, yang sangat memegang kiprahan penting dalam kesehatan sistem pencernaan.

Umumnya kuman bersifat merugikan bagi tubuh. Nah, probiotik ialah bakteri yang menguntungkan bagi badan khususnya usus. Probiotik melawan pertumbuhan kuman patogen dalam usus. Bayangkan, bagaimana alhasil usus kita tanpa adanya probiotik?

Makanan yang mengandung probiotik

Bakteri baik atau probiotik dapat diperoleh dari produk susu seolah-olah yogurt yang pada labelnya dicantumkan. Sumber probiotik secara alami terdapat pada kuliner hasil fermentasi termasuk susu fermentasi, buttermilk, keju cottage, asinan kubis, kecap, miso, kimchi, tempe, dan nata de coco. Susu segar juga menyediakan bakteri probiotik, asalkan tidak dipanaskan dalam suhu terlalu tinggi.


10 Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Setelah mengetahui sumber probiotik, inilah beberapa manfaat basil probiotik bagi badan anda:

1. Membersihkan usus


Kotoran yang mengendap pada jalan masuk usus mampu membusuk dan menjadi sasaran bagi bakteri penyebab penyakit. Peran probiotik yaitu membunuh bakteri jahat ini.

2. Mengurangi efek antibiotik

Antibiotik tidak hanya membunuh kuman berbahaya, tapi kuman baik kadang ikut terbunuh. Efek samping dari situasi ini yaitu kram, sering buang angin, dan diare. Nah, adanya probiotik memiliki kegunaan untuk menjaga keseimbangan dengan cara mengurangi pengaruh antibiotik.

3. Menguatkan imunitas tubuh

Probiotik sering dipakai untuk melawan sindrom kelelahan kronis dan alergi, disebabkan pengaruhtifitasnya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Baca: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh.

4. Membantu penyerapan gizi kuliner

Hidrokarbon bertindak untuk memecahkan molekul kuliner menjadi unsur sederhana, supaya tubuh mencerna dan menyerapnya dengan simpel. Nah, probiotik berperan untuk memecah hidrokarbon. Semua nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, seperti vitamin, protein, dan kalsium menjadi simpel diserap oleh tubuh.

5. Mencegah gejala eksim

Probiotik ternyata sanggup untuk mengobati eksim yang menyerang belum dewasa. Namun pada orang dewasa, pengaruhtifitas ini tidak berlaku.

6. Meningkatkan kesehatan wanita

Probiotik bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan wanita secara menyeluruh. Berbagai masalah perempuan mampu dicegah dengan probiotik, seakan-akan kandidiasis, bengkak jamur, dan lainnya.

7. Mengatasi masalah pencernaan

Probiotik sangat berguna untuk mengobati aneka macam jenis gangguan pada saluran cerna seakan-akan konstipasi, diare, iritasi usus, dan sindrom iritasi usus.

8. Mengatasi Masalah Mulut

Penelitian yang diadakan di Spanyol, mengungkapkan bahwa probiotik sangat dampaktif untuk mengatasi kasus mulut, gigi berlubang, seakan-akan radang gusi, dan busuk verbal.

9. Mencegah peradangan pada usus

Probiotik juga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi banyak sekali macam peradangan, terutama pada usus.

10. Mengurangi alergi terhadap laktosa

Bakteri dalam probiotik bertindak untuk mengubah laktosa menjadi asam laktat. Bagi penderita intoleransi laktosa, kemampuan probiotik ini berkhasiat untuk menormalkan  sistem pencernaan mereka. Sehingga mencegah alergi terhadap produk yang mengandung laktosa, seolah-olah olahan susu.


Tips Memilih Suplemen Probiotik


Jika anda menggunakan suplemen probiotik, pilih produk yang tertera label "memiliki jenis aktif yang hidup". Ikuti semua petunjuk yang tertera pada label, termasuk suhu dan waktu penyimpanan. Bagaimana pun, probiotik yang berasal dari kuliner alami lebih baik daripada aksesori.

Perhatian:

Sebelum mengkonsumsi pelengkap probiotik, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mencegah imbas samping yang mungkin timbul.
Sebagian orang mengalami alergi terhadap probiotik tertentu contohnya lactobacillus. Hindari mengkonsumsi probiotik seperti yogurt dengan berlebihan.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh. Meskipun tidak ada batasan dosis harian, sebaiknya selalu proporsional untuk mengkonsumsinya. Baca juga: 13 Manfaat Yoghurt Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan. Dengan diet sehat yang mengandung nutrisi seimbang, sebetulnya kebutuhan probiotik telah memadai untuk badan kita.

Tampilkan Komentar