10 Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh Yang Penting Diketahui (Tips)

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   Juni 29, 2017
Radikal bebas sering disebut-sebut, saat membahas ihwal manfaat antioksidan bagi kesehatan. Apa bahwasanya kekerabatan antara radikal bebas dengan antioksidan? Lebih dari satu trilyun sel tubuh terancam ancaman akibat abses virus, efek radikal bebas, dan kekurangan nutrisi.

Radikal bebas berasal dari polutan di udara, paparan sinar UV, dan lainnya. Radikal bebas (oksidan) adalah senyawa kimia, yang juga dapat ditimbulkan oleh proses konversi makanan menjadi energi. Senyawa ini mengambil elektron dari zat yang paling akrab. Akibatnya yaitu kerusakan pada struktur atau fungsi sel.

Di sinilah pentingnya antioksidan bagi badan, yaitu menyuplai elektron kepada radikal bebas. Sehingga mencegah oksidan merusak struktur sel. Antioksidan pada hakikatnya adalah sifat kimia pada zat, yang mampu berperan sebagai penyuplai elektron bagi oksidan.

Cara Memperoleh Antioksidan

Antioksidan mampu diperoleh dari kuliner atau minuman, dan hasil produksi oleh badan (endogen) seperti enzim glutation peroksidase, perxidasi, superoksida dismutase, dan katalase.

Antioksidan dapat berasal dari adonan antara vitamin atau mineral dengan senyawa lainnya. Nutrisi yang mampu bertindak sebagai antioksidan termasuk vitamin A, vitamin E, vitamin C, betakaroten, karotenoid, mangan, dan selenium. Nutrisi ini bekerjasama dengan flavonoid, glutathione, asam lipoat, koenzim Q10, phytoestrogen, fenol, polifenol, dan lainnya.


10 Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh Yang Penting Diketahui


Setiap antioksidan mempunyai fungsi dan peranan yang berbeda, satu sama lain. Namun, fungsi antioksidan umumnya ialah menghambat oksidasi lemak. Berikut manfaat antioksidan bagi badan kita:

1. Menunda Penuaan

Banyak penelitian menunjukkan bahwa antioksidan sangat efektif untuk menghambat munculnya gejala penuaan dini, seperti keriput dan garis-garis halus di wajah. Antioksidan sanggup menjaga tekstur kulit, dan melindunginya dari kerusakan balasan paparan sinar UV. Baca juga: 10 Cara Alami Untuk Mengatasi Penuaan Dini.

2. Menguatkan Imunitas Tubuh

Antioksidan diharapkan untuk menguatkan sistem kekebalan badan, sehingga lebih kebal dari bisul virus dan kuman yang mampu menyebabkan penyakit.

3. Melawan Stres Oksidatif


Diet kaya antioksidan akan menekan efek jelek yang ditimbulkan oleh radikal bebas, sehingga berada pada tingkatan yang tidak berbahaya.

4. Melawan Sel Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan menambah asupan antioksidan, akan menurunkan risiko kanker pada laki-laki.

5. Mencegah Gangguan pada Mata

Tidak hanya melindungi jantung, antioksidan ternyata juga dampaktif untuk mencegah gangguan mata seperti katarak, glukoma, dan degenerasi makula. Perbanyak makanan yang mengandung antioksidan tinggi, untuk mencegah risiko kebutaan dan penyakit mata lainnya.

6. Mencegah Penyakit Jantung dan Kolesterol Tinggi

Antioksidan mampu menekan proses oksidasi kolesterol. Women’s Health Study menemukan bahwa perempuan yang mengkonsumsi vitamin E dengan rutin, memiliki risiko rendah terhadap serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

7. Mencegah Peradangan

Antioksidan dapat bertindak sebagai anti inflamasi. Asam alpha lipoic ialah jenis antioksidan yang mempunyai sifat anti peradangan. Makanan yang kaya antioksidan berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dan metabolisme sel.

8. Mencegah Penyakit Degeneratif

Antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit degeneratif yang sering dikaitkan dengan usia, seakan-akan alzheimer, dan gangguan kognitif.

9. Melindungi Otak

Antioksidan punya kemampuan dalam melindungi sistem saraf pusat. Sehingga menjaga fungsi dan kinerja otak. Antioksidan juga mampu menurunkan risiko kelainan saraf, seakan-akan autisme, skizofrenia, dan depresi.

10 Menjaga Kesehatan Rambut

Antioksidan juga mempunyai kemampuan untuk mencegah rambut rontok, dan memacu pertumbuhan rambut. Cobalah menerapkan teh hijau, atau ekstrak apel untuk mengambarkan manfaat ini.

Demikian 10 manfaat antioksidan bagi tubuh yang seharusnya anda ketahui. Anda mampu mengetahui kebutuhan harian, untuk asupan antioksidan yang diperlukan oleh badan. Silahkan baca artikel ihwal 25 makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Memenuhi kebutuhan akan antioksidan dengan mengkonsumsi kuliner sehat, merupakan penggalan dari gaya hidup sehat.

Tampilkan Komentar