14 Makanan Yang Menyehatkan Rambutmu

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 07, 2017
Rambut yang indah dan berkilau adalah impian semua perempuan. Makanan yang menyehatkan rambut, sangat diharapkan untuk menutrisi rambutmu. Berbagai kerusakan pada rambut mampu disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, termasuk mencatok, meluruskan, mewarnai, dan sebagainya.


14 Makanan Yang Menyehatkan Rambutmu
Rambut mempunyai sifat yang sangat sensitif. Kekurangan nutrisi pada rambut mampu merusak keindahannya, serta membuatnya tidak sehat. Kekurangan asupan zat besi dan protein akan menurunkan kualitas rambutmu. Bahkan dapat berakibat jelek seakan-akan rambut rontok, bercabang, atau perkara ketombe. Baca: 7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami.

Rambut membutuhkan asupan gizi yang memadai, untuk menunjang pertumbuhannya. Seperti yang kalian ketahui bahwa rambut tumbuh dengan sangat cepat. Makanan yang masuk ke dalam badan kita sangat mempengaruhi kesehatan rambut.


14 Makanan Yang Menyehatkan Rambutmu


Kesehatan rambut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seakan-akan genetik, stres, penyakit tertentu, dan produk perawatan rambut. Namun dari semua faktor tersebut, yang paling memilih sehat atau tidaknya rambut adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh kita setiap hari.

Beberapa jenis kuliner mampu menyehatkan rambut, menambah kilau, dan mencegah kerontokan. Makanan yang sehat bagi rambut adalah makanan yang banyak mengandung protein, vitamin, omega-3, zinc, dan zat besi. Apa saja kuliner sehat yang menutrisi rambut kita? Jangan khawatir, tentu kalian menyukai deretan kuliner di bawah ini:

1. Quinoa

Gandum ini sangat lengkap sebagai nutrisi bagi rambutmu. Quinoa dilengkapi dengan protein berkualitas, niacin, biotin, vitamin B6, dan vitamin B12. Semua syarat rambut sehat ditemukan dalam Quinoa.


2. Salmon

Salmon mengandung banyak protein, zat besi, omega-3, vitamin B12, dan vitamin D. Asam lemak omega-3 membantu menjaga kelembaban pada kulit kepala. Kekurangan asam lemak ini dapat berakibat rambut kusam dan rontok. Empat nutrisi lainnya berguna untuk menguatkan rambut.

3. Almond dan Mede

Kacang mete dan almond merupakan kuliner yang sanggup menutrisi rambutmu. Kacang almond diperkaya dengan zinc yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala, sehingga menyehatkan dan melembabkan rambutmu. Almond juga dilengkapi dengan omega-3 yang juga berguna untuk menambah kilau rambut. Vitamin E dalam almond juga efektif dalam mencegah rambut bercabang dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

4. Kacang Merah

Selain cemilan ini rasanya gurih, kacang merah ialah pilihan baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sehat. Kacang merah mengandung protein, zinc, zat besi, dan biotin. Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut rontok. Protein berkhasiat untuk menguatkan dan menyuburkan rambutmu. Sedangkan kekurangan biotin akan berakibat rambut ringkih.

American Dietetic Association menyarankan untuk mengkonsumsi 3 cangkir kacang merah dalam seminggu, untuk mendapatkan rambut tebal, kuat, dan berkilau.

5. Kacang Walnut

Pilihan lain untuk menutrisi rambutmu adalah walnut. Kacang ini juga kaya akan vitamin E dan asam lemak omega 3. Nutrisi dalam walnut sanggup melindungi sel-sel rambut dari kerusakan DNA.

6. Kacang Hijau

Kacang hijau diperkaya dengan kalium, zinc, dan zat besi. Semua nutrisi ini baik untuk menguatkan rambutmu.

7. Tiram

Tiram merupakan sumber zinc tinggi, selain kacang-kacangan. Zinc dalam tiram berkhasiat untuk mencegah kerusakan pada rambut, dan kekeringan pada kulit kepala. Jika kau kurang menyukai tiram, alternatif lain untuk menerima zinc ialah telur, gandum, atau daging.

8. Buah-buahan yang mengandung vitamin C

Radiasi UV dan polusi mampu merusak rambutmu. Masalah ini mampu dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seolah-olah pada buah-buahan. Buah berry ialah pilihan tepat untuk menjaga kesehatan rambutmu, lantaran kaya akan antioksidan dan vitamin C.

9. Alpukat

Jika rambutmu rapuh dan kering, perbanyak minum jus alpukat. Asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya sanggup melembabkan rambutmu. Untuk melembutkan rambut, terapkan jus alpukat pada kulit kepala dan rambutmu. Jangan lupa untuk mencuci rambutmu, sesudah perawatan ini.

10. Telur

Rambut tersusun dari sejenis protein yang disebut keratin. Protein yang berkualitas dapat diperoleh dari telur. Selain itu, vitamin B dan biotin yang ada di dalam telur mencegah masalah kerontokan.

11. Yogurt

Kalsium juga diperlukan untuk pertumbuhan folikel rambut yang sehat. Yogurt ialah kuliner sehat untuk tubuh dan rambutmu. Kamu mampu menikmati yogurt bersama kacang kenari dan blueberry.

12. Daging Non Lemak

Sumber protein dan zat besi dapat diperoleh dengan makan daging sapi. Kedua nutrisi ini dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan berpengaruh.

13. Keju

Keju cottage mengandung protein berkualitas seolah-olah whey dan kasein, yang mencegah kekeringan pada kulit kepala. Keju juga dilengkapi dengan vitamin D dan vitamin B-5, yang meningkatkan pertumbuhan rambut. Keju cottage juga kaya akan asam amino esensial yang menutrisi rambutmu, dan membuatnya makin indah dan sehat.

14. Brokoli

Vitamin A dan vitamin C yang banyak terdapat dalam brokoli bermanfaat untuk membantu produksi sebum. Nutrisi lain di dalamnya termasuk zat besi, kalsium, magnesium, kalium, dan omega-3 yang menyehatkan rambutmu. Kaprikornus, brokoli yaitu makanan sehat sebagai kondisioner alami bagi rambutmu.

Itulah 14 kuliner sehat yang mampu menutrisi rambutmu. Baca juga artikel sebelumnya perihal 6 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Bahan Alami. Cukupi kebutuhan gizi untuk rambut, agar lebih sehat dan kuat.

ilustrasi foto by idiva.com

Tampilkan Komentar