14 Cara Cepat Mengatasi Bibir Pecah Dan Terkelupas

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 10, 2017
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah harus segera dilakukan, supaya tubuh tetap sehat dan anggun. Adakah kaitannya? Ya, karena bibir mengelupas atau retak mampu menjadi pertanda bahwa badan mengalami kekurangan cairan tubuh, kurang vitamin C, infeksi oleh kuman, dan banyak lagi. Perlu diketahui bahwa kesalahan penanganan terhadap bibir pecah-pecah, justru akan berakibat kondisi makin parah.


14 Cara Cepat Mengatasi Bibir Pecah Dan Terkelupas
Faktor penyebab bibir retak dan kering
  • Kekurangan asupan vitamin C, sariawan.
  • Kekurangan asupan air.
  • Kebanyakan kuliner asin dan MSG.
  • Debu, polusi udara, dsb.
  • Sering bernafas lewat lisan.
  • Tidak cocok dengan pasta gigi yang dipakai.
  • Terlalu usang berada di ruangan dingin.
  • Lipstik tidak cocok dengan jenis kulit bibir.
  • Panas dalam yang menyebabkan bibir kering.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein.
  • Terinfeksi kuman.

14 Cara Cepat Mengatasi Bibir Pecah-Pecah dan Terkelupas


Bagaimana pun, kondisi bibir yang pecah-pecah tentu sangat mengganggu dan membuat kita merasa tidak nyaman. Bahkan, untuk tersenyum saja bibir akan terasa sakit. Kaprikornus apapun penyebabnya, bibir kering harus diobati dengan cepat dan efektif. Untuk mengembalikan keindahan bibir, berikut solusi terbaik dengan memakai materi alami:

1. Minyak Kelapa atau Mentega

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang efektif dalam melembabkan bibir. Sedangkan mentega mampu untuk mencerahkan warna bibir yang gelap. Terapkan pada bibir selama 15 menit, lalu berkumur dengan air hangat.

2. Madu

Madu ialah bahan alami yang sanggup melembabkan kulit anda. Madu juga mempunyai sifat antibakteri, sehingga sempurna untuk mengatasi keretakan pada bibir. Cukup dengan mengoleskan madu alami pada bibir di pagi, siang, dan malam hari.

3. Gel Lidah buaya


Aloe Vera ampuh untuk menyuburkan rambut. Di samping itu, gel lidah buaya ternyata mampu mengobati bibir kering, serta melembabkan bibir dan mengurangi rasa nyeri balasan bibir pecah-pecah. Cara memakai materi alami ini dengan menerapkan pada celah bibir yang retak.

4. Minyak almond

Minyak Almond merupakan bahan alami terbaik sebagai pelembab bibir, terkait vitamin E yang terdapat di dalamnya . Cukup basahi bibir dengan beberapa tetes minyak almond dengan rutin setiap pagi dan sore hari.

5. Bunga Mawar dan Susu

Bunga mawar mengandung zat aktif yang mampu membuat bibir lebih merah dan lembab, sehingga dapat mengobati bibir pecah-pecah dan membuatnya terlihat lebih merona. Rendam tujuh kelopak bunga mawar bersama susu selama semalam. Oleskan pasta mawar pada bibir yang mengelupas, keesokan harinya.

6. Mentimun

Cukup dengan makan mentimun, dan menerapkan irisan mentimun pada bibir yang mengelupas. Mentimun dapat mengobati bibir kering dan mencerahkan warnanya. Mentimun mengandung aneka macam vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa lain yang sanggup menghaluskan bibir.

7. Tomat

Dengan menempelkan irisan tomat pada bibir juga mampu menyembuhkan bibir kering dan retak. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C yang berlimpah di dalam buah ini. Baca: 12 Cara Cepat Mengobati Sariawan Yang Efektif Dan Alami.

8. Larutan Gula

Gunakan gula pasir atau strawberry untuk mengelupas sel kulit mati yang menyebabkan bibir kering.

Cara Mencegah Bibir Kering dan Mengelupas


9. Jauhi makanan asin

Makanan asin dapat membuat bibir semakin kering dan simpel mengalami keretakan.

10. Hindari minuman asam

Berhenti mengkonsumsi minuman asam, seolah-olah jus lemon dan sebagainya untuk sementara. Perbanyak minum air mineral untuk menjaga hidrasi kulit.

11. Hindari Lipstik

Pemulas bibir juga mampu memicu kondisi kekeringan pada bibir. Hentikan penggunaan lip balm ataupun lip gloss, ketika bibir mengalami keretakan.

12. Jangan menarik sel-sel kulit mati pada bibir

Dengan menyobek kulit bibir yang terkelupas, justru situasi makin jelek. Darah akan keluar akhir tindakan ini.

13. Jangan menjilat bibir

Menjilat bibir merupakan salah satu kebiasaan buruk, yang mampu merusak pelindung bibir. Enzim dalam air liur dapat menimbulkan bibir menjadi semakin kering.

14. Perbanyak makan Buah Jeruk dan Wortel

Dengan makan 5-6 buah jeruk per hari, badan akan mendapatkan asupan vitamin C yang memadai. Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit termasuk bibir. Antioksidan dalam wortel juga sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit, termasuk bibir.

Itulah Cara Cepat Mengatasi Bibir Pecah-Pecah dan Terkelupas secara alami. Apalagi musim panas seolah-olah dikala ini, bibir akan lebih rentan mengalami kekeringan. Baca juga: 5 Kesalahan Perawatan Kecantikan Yang Justru Merusak Kulit. Jadi, jaga kesehatan anda dengan banyak makan buah-buahan segar dan jangan malas untuk berolahraga setiap hari. Semoga badan kita selalu sehat dan elok.

Tampilkan Komentar