13 Manfaat Yoghurt Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 03, 2017
Yoghurt mempunyai sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan, lebih dari sekedar rasanya yang lezat. Yogurt ialah fermentasi laktosa dari susu menjadi asam laktat. Makanan sehat ini disukai oleh banyak orang, bukan hanya disebabkan teksturnya yang kenyal dan kental.

Kini yoghurt mempunyai banyak varian, dengan adanya buah-buahan yang ditambahkan dalam olahan susu ini. Sehingga manfaat yogurt bagi kesehatan semakin komplit. Tidak berhenti di situ, makanan ini juga berguna untuk perawatan kulit dan wajah.


13 Manfaat Yoghurt Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan


Yoghurt aman untuk dikonsumsi oleh semua usia. Makanan yang rasanya asam ini diperkaya dengan berbagai vitamin dan kalsium yang diperlukan oleh tubuh. Nutrisi dalam yoghurt termasuk protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12. Semua nutrisi ini baik untuk menjaga kecantikan. Inilah manfaat yoghurt yang menakjubkan untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Asupan garam yang berlebihan kalau terjadi secara terus-menerus mampu memicu hipertensi dan gangguan pada ginjal. Yogurt kaya akan kalium, mineral yang mampu membuang sodium berlebih dari tubuh Anda. Baca: Daftar Makanan Penurun Hipertensi.


13 Manfaat Yoghurt Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan
2. Menguatkan Tulang

Mikronutrien seolah-olah kalsium dan vitamin D yang hadir di dalamnya sangat diharapkan oleh badan untuk menjaga kepadatan massa tulang. Manfaat ini dikuatkan lagi dengan adanya vitamin K yang membantu dalam metabolisme tulang supaya lebih optimal.

3. Mencegah Kekurangan Vitamin

Yoghurt dilengkapi dengan sejumlah vitamin dan mineral seakan-akan kalium, riboflavin, fosfor, yodium, zinc, dan vitamin B5. Satu lagi yang hadir di dalamnya ialah vitamin B12, yang menyebabkan makanan ini sebagai favorit bagi vegetarian. Dengan mengkonsumsi seporsi yogurt telah memenuhi 60 persen dari kebutuhan vitamin, bagi perempuan.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Yogurt memiliki asam laktat dalam yang baik untuk melindungi gusi. Tambahkan makanan sehat ini dalam menu diet Anda, untuk mencegah penyakit periodontal.

5. Menghilangkan Depresi


Proceeding of the National Academy of Sciences menemukan bahwa minuman susu fermentasi ini ternyata mampu menurunkan depresi. Peneliti dari Irlandia menerangkan bahwa probiotik mampu untuk mengubah kimia otak, sehingga mengatasi depresi.

6. Baik Untuk Pencernaan

Prebiotik yang ada pada yogurt mengontrol keseimbangan mikroflora dalam usus Anda, sehingga melancarkan pencernaan.

7. Mengobati Diare Pada Anak

American Academy of Pediatrics melaporkan bahwa diare pada anak mampu sembuh lebih cepat dengan memberikan probiotik. Bakteri ini juga mampu mencegah diare yang bukan disebabkan oleh gangguan auto imun.

8. Mengatasi Nyeri Haid

Wanita menstruasi terkadang mengalami kekurangan kalsium dan zat besi. Jika terjadi kondisi ini, maka darah akan menyerap kalsium dari tulang. Sehingga mengakibatkan lesu, lemas, dan pucat.

Dengan mengkonsumsi seporsi yoghurt, mampu mengurangi nyeri haid karena asupan kalsium tercukupi. Bahkan banyak wanita Eropa yang menjalani kala haid kembali lancer, setelah mengkonsumsi kuliner sehat ini.

9. Baik untuk ibu Hamil dan Menyusui

Magnesiun dan kalsium yang terdapat di dalam yogurt sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Di samping itu, kalsium juga diperlukan untuk menguatkan tulang janin. Kalsium berperan dalam menjaga kualitas ASI.


Manfaat Yoghurt Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut


Untuk menciptakan kulit lebih sehat dan rambut yang kuat, kita dapat memalsukan cara alami yang dilakukan semenjak usang. Rahasia kecantikan kulit yang dimiliki oleh Cleopatra yaitu mandi yoghurt tanpa bosan. Inilah manfaat yogurt untuk kecantikan selengkapnya:

10. Meremajakan Kulit

Yogurt dapat digunakan sebagai scrub untuk mengelupas sel kulit mati. Untuk eksfoliasi kulit, campur yogurt dan oat lalu gunakan untuk memijat wajah Anda dengan gerakan memutar.

11. Menghilangkan Ketombe

Yogurt mempunyai sifat antibakteri dan anti jamur yang ampuh untuk melenyapkan ketombe dan mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

12. Menghilangkan Jerawat

Yogurt mempunyai sifat asam yang mampu membunuh basil penyebab abses, kuman, dan jamur. Aplikasikan krim yogurt sebagai masker wajah selama 30 menit. Cara ini efektif untuk mengobati bengkak nakal.

13. Mencegah Rambut Rontok

Kekurangan nutrisi pada rambut dapat menyebabkan kerontokan. Untuk mengatasi kasus ini, campur yoghurt dengan jus pepaya. Terapkan pada rambut Anda selama sejam sebelum dicuci dengan shampo. Lakukan perawatan dengan teratur, minimal setiap seminggu.

Itulah 13 Manfaat Yogurt yang menakjubkan bagi kesehatan dan kecantikan. Pelajari juga: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Kekebalan Tubuh. Para hebat gizi menyarankan untuk menambahkan susu olahan ini ke dalam hidangan harian Anda. Apakah Anda termasuk penggemar makanan sehat ini?

foto via food4healthybones.com

Tampilkan Komentar