12 Manfaat Biji Semangka Bagi Kesehatan Yang Jarang Diungkap

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 02, 2017
Kuaci yaitu biji semangka yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan otak, terkait segudang nutrisi yang ada di dalamnya. Sayangnya banyak orang menentukan semangka tanpa biji, atau membuang kuaci ketika menemukannya di dalam buah semangka. Bubuk kuaci yang diseduh dengan air panas memiliki khasiat yang luar biasa.


12 Manfaat Biji Semangka Bagi Kesehatan Yang Jarang Diungkap
Fakta Nutrisi dalam biji semangka

Kuaci sarat dengan nutrisi seakan-akan asam lemak, mineral, protein, dan kalori. Biji semangka dilengkapi dengan vitamin B termasuk niasin, riboflavin, thiamin, asam panthothenic, dan folat.

Mineral yang ada di dalamnya seperti magnesium, fosfor, mangan, seng, kalium, besi, dan tembaga. Sekitar 72 gram biji semangka telah menyediakan seluruh kebutuhan diet harian magnesium.

Serat yang hadir di dalamnya baik untuk pencernaan. Ekstrak biji semangka dikonsumsi oleh banyak orang di banyak sekali negara.

Asam Amino Esensial yang terdapat di dalamnya termasuk asam glutamat, lisin, arginin, dan lain-lain. Lysine membantu dalam pembentukan jaringan ikat dan kolagen, dan absorpsi kalsium dalam tubuh. Arginin berperan dalam metabolisme tubuh dan sistem kardiovaskular.


12 Manfaat Biji Semangka Bagi Kesehatan Yang Jarang Diungkap


1. Pengganti Susu sapi

Ekstrak biji semangka mampu dibuat sebagai minuman susu yang kaya protein. Bahkan protein di dalamnya hampir sama dengan kedelai. Jika anda sedang diet untuk melangsingkan tubuh, tetapi alergi terhadap susu sapi maka susu kuaci ialah pilihan tepat.

2. Meningkatkan kesehatan Pria


Biji semangka dilengkapi dengan lycopene dan aneka macam jenis vitamin yang berguna untuk meningkatkan kesehatan pada pria.

3. Menguatkan Daya Ingat

Magnesium dalam biji semangka diharapkan untuk untuk biokimia otak, fungsi otot dan jantung. Mengkonsumsi kuaci dengan rutin mampu meningkatkan daya ingat. Baca: 5 Cara Efektif Untuk Mengatasi Kepikunan Dini.

4. Melawan Sel Kanker

Likopen dalam biji semangka bersifat anti kanker, jadi dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

5. Mencegah Diabetes

Serat dan magnesium di dalam kuaci mampu mengontrol kadar gula darah. Seduh debu biji semangka bersama air panas, lalu minum selagi hangat untuk mendapatkan mengobati Kencing Manis secara alami.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Magnesium dalam biji semangka merupakan mineral penting yang juga berperan dalam menjaga tekanan darah tetap normal, sehingga mampu mencegah risiko hipertensi.

7. Baik untuk Kesehatan Jantung

Asam amino termasuk glutamat dan tryptophan yang ditemukan dalam kuaci baik untuk menjaga sistem metabolisme dan organ kardiovaskular. Artinya bahwa biji semangka efektif untuk mencegah penyakit jantung koroner.

8. Menyehatkan Sistem Cerna

Biji semangka banyak mengandung serat sehat bagi pencernaan dan kulit. Makanan ini baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet Anda, karena membantu untuk melangsingkan tubuh.

9. Membantu Pemulihan

Likopen yang terdapat di dalam kuaci juga sanggup memulihkan kesehatan lansia, sehabis sembuh dari sakit.

10. Meningkatkan Imunitas

Biji semangka diperkaya dengan vitamin B yang memegang kiprah kunci dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan keseimbangan saraf.


Ramuan Herbal Menggunakan Biji Semangka


11. Mengobati Batu Ginjal

Fungsi ginjal yaitu menyaring urea dan kotoran lainnya dari darah, untuk dikeluarkan sebagai urin. Salah satu gangguan fungsi ginjal adalah kerikil ginjal. Biji semangka diyakini sanggup menghancurkan kerikil ginjal. Biji semangka mengandung likopen yang mendukung kesehatan ginjal.


Untuk mengobati watu ginjal cukup dengan merebus debu kuaci bersama 2 liter air hingga mendidih selama 10 menit. Tambahkan gula aren dikala minum larutan ini. Minum airnya dikala pagi dan sore hari.

12. Mengobati Busung Lapar

Biji yang kaya nutrisi ini efektif sebagai obat busung lapar. Cara menggunakan: Seduh 1 sdm serbuk kuaci bersama secangkir air panas. Tambahkan sedkit madu murni. Anda dapat minum airnya di pagi dan malam hari.

Manfaat biji semangka lainnya termasuk untuk melicinkan usus, meredakan radang kandung kemih, dan peluruh kencing (diuretik). Simak juga: 11 Manfaat Kesehatan Di balik Gurihnya Kacang Mete.

Itulah manfaat biji semangka yang jarang diungkap. Setelah membaca artikel ini, apakah anda tetap membuangnya? Atau lebih memilih semangka tanpa biji?

foto via healthylifebase.com, naturalhealthyteam.com

Tampilkan Komentar