11 Cara Menghilangkan Keloid Dengan Cepat Dan Aman

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   April 08, 2017
Cara menghilangkan keloid secara alami lebih disukai oleh banyak orang daripada operasi ataupun laser. Keloid ialah jaringan fibrosa yang tumbuh pada kulit secara berlebih, atau dengan kata lain bekas luka yang menebal di kulit. Keloid dapat melebar dan melebihi batas luka, jikalau asupan kolagen untuk bekas luka lebih dari yang diharapkan. Bagaimana pun, keloid merusak kecantikan kulit.

11 Cara Menghilangkan Keloid Dengan Cepat Dan Aman
Keloid terkadang mengakibatkan gatal tanpa disertai rasa sakit. Bentuknya berupa benjolan padat berwarna merah kecoklatan. Keloid memiliki permukaan yang licin dan menonjol.

Penyebab Munculnya Keloid

Jaringan parut keloid terjadi akhir peradangan pada kulit. Daging yang tumbuh tidak normal ini mampu disebabkan oleh beberapa faktor seakan-akan:

  • Efek vaksinasi
  • Usia
  • Genetik
  • Luka bekas bedah operasi
  • Bekas tindikan pada indera pendengaran
  • Luka tergores
  • Luka bakar
  • Luka bekas cacar
  • Bekas bengkak

11 Cara Menghilangkan Keloid Dengan Cepat Dan Aman


1. Bubuk Cendana

Bubuk cendana mempunyai sifat antiseptik, astringent, anti-bakteri, dan anti-inflamasi. Pasta cendana pengaruhtif untuk dipakai sebagai obat bagi banyak masalah kulit, termasuk keloid.

Kayu cendana adalah materi alami yang sangat ampuh untuk memacu regenerasi sel kulit, sedangkan air mawar berguna sebagai toner alami. Campuran kedua bahan ini akan membentuk ramuan alami, yang sanggup untuk menghilangkan keloid dengan cepat.

Campur bubuk cendana dengan air mawar hingga membentuk pasta. Bersihkan area keloid memakai air hangat, supaya peresapan lebih optimal. Oleskan adonan ini pada area kulit yang timbul keloid. Lakukan perawatan ini menjelang tidur malam. Bilas kulit dengan air hangat keesokan harinya.

2. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat abrasif yang mampu mengelupas, mengurangi kemerahan,  dan menghaluskan kulit. Baking soda dapat mengelupas lapisan kulit luar, sehingga memunculkan jaringan kulit baru yang berada di bawahnya. Baking soda dampaktif untuk mengurangi ukuran keloid.


Campur 1 sdt baking soda dengan 3 sdt hidrogen peroksida hingga menghasilkan pasta. Oles pasta ini pada area keloid, lakukan pijatan lembut. Supaya keloid sembuh dengan cepat, ulangi perawatan ini sebanyak 3 kali dalam sehari hingga sembuh.

3. Cuka Sari Apel

Sifat basa pada cuka sari apel mampu menyeimbangkan keasaman kulit. Cuka apel mampu menghilangkan kemerahan bekas luka keloid  dan mengurangi ukurannya. Caranya dengan menerapkan cuka apel yang dicampur dengan sedikit air, pada area timbulnya keloid.

4. Madu

Madu memiliki asam amino esensial yang diharapkan untuk regenerasi jaringan badan, sel mati atau rusak. Untuk menghilangkan keloid, oleskan madu alami pada kulit yang bermasalah. Biarkan selama setengah jam, kemudian basuh dengan air higienis. Lakukan perawatan kulit ini dengan rutin.

5. Minyak Lavender

Minyak lavender efektif dalam mencegah bekas luka yang permanen. Minyak ini mampu meregenasi sel kulit, dan mengatasi jaringan parut termasuk keloid. Oleskan minyak lavender pada area kulit yang terkena keloid, sertai dengan pijatan lembut. Perawatan juga mampu dilakukan dengan mencampur minyak lavender dengan minyak pohon teh atau zaitun.

6. Aspirin

Aspirin memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan dan ukuran bekas luka keloid. Haluskan 3 butir aspirin hingga menjadi bubuk. Aduk bersama air sehingga terbentuk pasta halus. Aplikasikan pasta ini pada kulit yang timbul keloid.

7. Mentimun

Di samping kaya akan vitamin C, mentimun juga mengandung silika yang sanggup memacu produksi kolagen bagi kulit. Untuk mengobati keloid, oleskan mentimun yang telah dihaluskan sebelum tidur malam. Lakukan dengan rutin setiap hari biar keloid cepat hilang.

8. Lemon

Lemon juga membantu untuk menghapus keloid. Gosokkan beberapa tetes jus lemon pada bekas luka setiap pagi dan petang hari. Cara ini memiliki kegunaan untuk menyamarkan keoid, dan menciptakan kulit lebih cerah.

9. Bawang Merah

Cara menyamarkan keloid menggunakan bawang merah juga tidak sulit. Pertama bawang merah diiris-iris berbentuk kotak, lalu taruh pada kain yang lembut. Peras bawang merah untuk mendapatkan ekstraknya. Oleskan perasan bawang merah pada keloid. Lakukan setiap pagi, siang, dan malam hari. Baca: 13 Manfaat Kesehatan Di Balik Pedasnya Bawang Merah.

10. Bawang putih

Bawang putih juga mampu mencegah proliferasi fibroblast yang berlebihan, pemicu keloid. Untuk menghilangkan keloid, oles tumbukan bawang putih pada area keloid selama 15 menit kemudian bilas. Jika muncul iritasi ataupun sensasi terbakar, segera hentikan pengobatan dengan mencuci kulit dengan air hangat..

11. Lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya baik untuk rambut, tetapi juga sanggup meredakan peradangan, melembabkan kulit, dan mengobati jaringan kulit yang rusak.

Pertama, higieniskan area keloid memakai air hangat. Terapkan gel lidah buaya pada area tersebut selama beberapa menit. Cuci setelah melaksanakan perawatan.

Untuk menghilangkan keloid yang baru tentu lebih simpel daripada bekas luka usang. Jadi, lakukan perawatan rumahan ini secara berulang-ulang hingga sembuh. Coba satu per satu cara di atas, sampai menemukan obat keloid yang paling dampaktif. Simak juga artikel wacana 8 Cara Mengobati Penyakit Kutil Secara Alami. Cara alami memang memerlukan waktu yang agak usang, tetapi lebih aman dan tidak menyebabkan dampak buruk bagi kulit. Silahkan menyebarkan dengan mengisi kolom komentar, jika Anda punya pengalaman terkait keloid.

foto via skin212.com

Tampilkan Komentar